Situ Gunung Suspension Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

jembatan terpanjang di indonesia (Instagram/ranigustiwijaya)

Jembatan gantung terpanjang di Indonesia rupanya terletak di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Objek wisata ini biasa disebut oleh orang-orang setempat dengan nama Situ Gunung Suspension Bridge.

banner promo phinemo merchant

Jembatan gantung terpanjang di Indonesia

jembatan gantung terpanjang di indonesia

jembatan gantung terpanjang di indonesia (Foto/Gunung)

Baca Juga: Serupa Ditopang Dua Tangan Dewa, Inilah Potret Jembatan Golden Bridge yang Menakjubkan

Situ Gunung Suspension Bridge ini memiliki panjang 243 meter dan lebar 18 meter yang melintang di atas ketinggian jurang mencapai 161 meter di atas permukaan tanah.

Oleh sebab ukuran tersebut itulah, Situ Gunung Suspension Bridge menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan digadang-gadang sebagai salah satu jembatan gantung yang terpanjang pula di Asia.

Dengan ukuran tersebut, jembatan gantung ini dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Namun peraturan Situ Gunung Suspension Bridge telah menyebutkan bahwa jembatan hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang.

Pembangunan jembatan gantung ini menggunakan bahan dasar kayu ulin. Ulin atau juga yang disebut kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan. Namun dalam pengerjaan jembatan ini, bahan dasar dikirim dari Papua.

Diketahui bahwa kayu ulin memiliki beragam keistimewaan. Spesifikasi kayu besi ini tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras.

Kayunya mampu melebar dengan diameter yang besar, tapi juga cukup tinggi, serta memiliki sifat yang sangat keras dan juga tidak mudah dimakan rayap.

Atas dasar inilah, kemudian kayu ulin dipilih sebagai pondasi dan bahan pokok dari pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia, yakni Situ Gunung Suspension Bridge yang ada di Sukabumi.

Menghabiskan dana lebih dari 4 miliar

jembatan gantung terpanjang di indonesia

Jembatan ini hanya bisa dinaiki oleh 40 orang saja (Instagram/situgunungsuspensionbridge)

Baca Juga: Punya Nyali? Rasakan Sensasi Menaiki Jembatan Gantung Setinggi 2000 Meter Ini

Oleh karena bahan dasar yang istimewa inilah, pembangunan Situ Gunung Suspension Bridge menghabiskan biaya yang bisa dibilang besar.

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 miliar.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan tersebut yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.

Sudah bersiap memacu adrenalin dengan berwisata di jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang satu ini?

Dapatkan ulasan menarik tentang jembatan dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar