Januari Merupakan Bulan Paling Murah Beli Tiket Pesawat, Benarkah?

Bulan Januari disebut sebagai waktu paling murah beli tiket pesawat. Hal tersebut berdasar situs penyedia jasa akomodasi wisata, Skyscanner.

Ditulis Oleh Shabara Wicaksono

Bulan Januari disebut sebagai saat paling murah beli tiket pesawat. Hal tersebut diungkapkan oleh Skyscanner, penyedia jasa akomodasi wisata.

Berdasarkan aktivitas pencarian dan pemesanan yang dilakukan oleh 60 juta pengguna Skyscanner di seluruh dunia, disimpulkan bahwa dua minggu pertama di bulan Januari merupakan saat yang paling murah beli tiket pesawat.

Harga tiket penerbangan domestik akan naik sebanyak 13 persen mulai bulan Maret, begitu juga dengan harga tiket penerbangan internasional yang akan naik sebanyak 56 persen.

Baca juga: Benarkah pesan hotel lewat OTA lebih murah?

Tak hanya Skyscanner yang “meramalkan” hal ini. Situs Hipmunk juga mengeluarkan hasil survei yang sama, seperti yang dilansir dari Travel and Leisure, situs pariwisata terkemuka dunia.

Bagi yang tak sempat melakukan perjalanan wisata di Bulan Januari, masih bisa mengecek harga tiket pesawat sepanjang tahun ini melalui situs serupa, seperti Kayak, Airfarewatchdog, atau Google Flights. Jika bingung dengan penentuan harganya, bisa berpatokan dari harga tiket di dua minggu pertama di bulan Januari yang disebut paling murah sepanjang tahun.

Rekomendasi tempat liburan murah di luar negeri 

Sebelumnya, Skyscanner juga merilis tempat-tempat liburan paling murah di luar negeri untuk para wisatawan Indonesia.

Dilansir dari Skyscanner, berikut negara dengan bujet traveling murah untuk traveler Indonesia.

1. Vietnam

Akhir-akhir ini, Vietnam menjadi salah satu destinasi favorit para backpacker dunia yang sedang melakukan perjalanan SEA (South East Asia). Negara yang ramai dikunjungi backpacker ini menawarkan wisata budaya dan alam yang indah. Wisatawan yang ingin menjajal backpacking ke luar negeri sebaiknya mengunjungi Vietnam. Selain dekat dengan Indonesia, nilai tukar rupiah terhadap dong Vietnam pun murah. Wisatawan bisa menukar 1 Dong Vietnam dengan 0,6 Rupiah.

Selain itu, wisatawan juga memperoleh visa bebas kunjungan selama 30 hari. Keuntungan lainnya, sekarang sudah ada maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Indonesia menuju Ho Chi Min City. Akomodasi penginapan di sana pun murah, dengan uang 100.000 rupiah, cukup untuk menginap selama satu malam di sana. 

2. Laos

Bagi para backpacker, Laos menjadi satu paket destinasi setelah perjalanan dari Vietnam. Bila hendak mengunjungi Laos dari Vietnam, wisatawan bisa menggunakan jalur darat untuk menghemat biaya. Sleeper bus dari Hanoi, Vietnam menuju Vientiane, Laos, mematok harga sekitar 30 USD atau kisaran 490.000 Rupiah per orang. Biaya makan dan akomodasi penginapan selama di sana pun murah. Sewa kamar hostel per malam di Vientiane mulai dari 80.000 rupiah per orang. 

Hal itu disebabkan karena nilai tukar mata uang Laos ke rupiah cukup rendah. 1 Kip bisa ditukar dengan 1,64 rupiah.

3. Kamboja

Siapa yang tak tertarik dengan keeksotisan Angkor Wat? Negeri ini bisa dikunjungi dengan bujet rendah. Nilai tukar mata uang Kamboja yang cukup rendah membuat negara ini menjadi salah satu tempat liburan favorit turis Indonesia. Uang 1 Riel Kamboja dapat ditukarkan dengan 3,27 rupiah. Meskipun mata uang Kamboja adalah Riel, namun banyak warung makan di Kamboja yang menggunakan dollar. Harga satu porsi makanan berkisar 1-2 dollar. Penginapan di sana juga murah. Biaya menginap semalam di Kamboja hampir sama seperti di Vietnam. Berkisar 100.000 Rupiah per malam.

4. Kolombia

Kolombia menjadi salah satu tempat liburan murah untuk kantong wisatawan Indonesia karena nilai tukar mata uangnya yang realtif murah. Uang 1 peso Kolombia bisa ditukarkan dengan 4,47 rupiah. Biaya akomodasi menginap di sana pun murah. Sebagai contoh,wisatawan cukup mengeluarkan uang 170.000 rupiah untuk menginap di Republica Bogota Hostel dengan fasilitas yang lengkap.

Pemberlakuan bebas visa selama 90 hari kepada warga Indonesia juga bisa menghemat biaya perjalanan. Bisa digunakan untuk mengunjungi Cocora Valley, Tayrona National Park, dan Hutan Amazon.

5. Belarus

Sebagian besar wisatawan Indonesia sangat ingin merasakan liburan di Eropa. Namun, karena biaya perjalanan ke Eropa sangat mahal, banyak dari kita yang urung melanjutkan niatnya. Namun, Belarus bisa menjadi alternatif liburan Eropa terjangkau.

Wisatawan cukup menukarkan uang 0,68 Rupiah dengan 1 Rubel Belarus (BYR). Dengan uang sekitar 120.000 rupiah, bisa bermalam di Kota Minsk dalam hostel yang nyaman. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang TIPS LIBURAN, tulisan lain Shabara Wicaksono

Tag : , ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post