Jangan Takut Saat Turbulensi Pesawat, Ini 4 Hal yang Akan Buat Anda Lebih Tenang

Turbulensi pesawat terjadi karena beberapa faktor, yaitu; perbedaan temperatur, densitas udara yang berbeda, dan stabilitas udara itu sendiri.

Ditulis Oleh Echi

Turbulensi menjadi salah satu penyebab mengapa ada orang yang takut naik pesawat. Padahal, Turbulensi pesawat sebenarnya bukan sesuatu yang mengerikan. Tak percaya? Berikut alasan mengapa Anda tidak perlu khawatir dengan turbulensi.

Baca juga: Drone bisa sebabkan kecelakaan pesawat? Ini penjelasannya

1. Luka akibat turbulensi pesawat bisa saja terjadi, namun sangat jarang terjadi

Turbulensi pesawat terjadi karena beberapa faktor, yaitu; perbedaan temperatur, densitas udara yang berbeda, dan stabilitas udara itu sendiri. Akibat yang ditimbulkan oleh turbulensi biasanya adalah guncangan pesawat, bisa saja guncangan menjadi besar ketika ke 3 faktor penyebab turbulensi juga besar.

Namun, saat ini rata-rata pesawat sudah memiliki pengaman untuk meminimalisir turbulensi, seperti sirip tambahan yaitu fin atau winglet yang ada di wing tip serta sabuk pengaman yang menjadi pelengkap wajib yang selalu ada di semua maskapai penerbangan.

Kecelakaan akibat turbulensi di Boeing 777 ini terjadi karena satu penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman, pun para awak.

Jadi, jika Anda selalu mengenakan sabuk pengaman, Anda akan aman saat terjadi turbulensi.

turbulensi-pesawat

Turbulensi pesawat bisa saja terjadi tapi hal tersebut tak akan membuat pesawat jatuh. Foto diambil dari news.com

2. Turbulensi bisa diketahui oleh pilot

Pesawat dilengkapi dengan radar, radar ini akan membantu pilot mengetahui berbagai masalah yang akan terjadi di pesawat, seperti cuaca dan tanda-tanda akan adanya turbulensi pesawat.

Tentu saja pilot sudah mengetahui akan adanya turbulensi dan akan memberikan pelayanan terbaiknya untuk keselamatan Anda. Jangankan untuk membuat Anda terluka saat turbulensi, menumpahkan minuman Anda saja mereka tidak ingin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

3. Turbulensi tidak akan membuat pesawat jatuh

Kondisi turbulensi pesawat memang akan membuat penumpang tidak nyaman dengan guncangan yang dirasakan. Namun, asal Anda tahu, pesawat tidak akan jatuh hanya karena turbulensi.

Dilansir dari kompas.com pada Rabu (13/6), pesawat yang mengalami turbulensi tidak akan bisa terbalik, terlempar, atau jatuh dari langit bahkan oleh hembusan angin terkuat. Desain dan pengaman pesawat saat ini dapat mengatasi hal tersebut dengan baik.

Baca juga: Tips naik pesawat untuk pertama kali

4. Tenang, sebuah teknologi baru akan hadir untuk mengatasi turbulensi

Saat ini, para perancang di bidang penerbangan sedang mengembangkan sebuah teknologi baru yang dapat membantu pesawat terhindar dari turbulensi. Jadi, nantinya pesawat tidak perlu mengalami guncangan yang tidak nyaman.

Teknologi baru yang sedang dikembangkan berupa laser ultraviolet yang fungsinya menembakkan gelombang ke jalur pesawat yang akan dilewati sehingga udara di jalur yang akan dilewati pesawat menjadi stabil. Dengan begitu rute pesawat menjadi lebih aman dari gangguan turbulensi.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang PESAWAT, tulisan lain Echi

Kontes menulis berhadiah voucher hotel dari Phinemo. Ikuti sekarang

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post