Fakta Tol Probowangi, Jalan Tol Trans-Jawa yang Akan Jadi Paling Panjang di Indonesia

Ruas tol Probolinggo - Banyuwangi rencananya akan menjadi titik akhir pembangunan jalan tol Trans-Jawa ini. Ruas jalan tol Probolinggo - Banyuwangi akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. 

Ditulis Oleh Rizqi Y

Salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa. Foto: arah.com

Pembangunan infrastruktur jaringan jalan tol Trans-Jawa dari Merak hingga Banyuwangi selesai pada akhir tahun 2019. Ruas tol Probolinggo – Banyuwangi rencananya akan menjadi titik akhir pembangunan jalan tol Trans-Jawa ini. Jika sesuai rencana, maka ruas jalan tol Probolinggo – Banyuwangi akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Sayangnya, hingga kini proses pembebasan lahan untuk ruas jalan tol Probolinggo – Banyuwangi belum dilakukan. Namun ada beberapa fakta unik mengenai jalan tol Trans-Jawa khususnya ruas Probolinggo – Banyuwangi.

Baca juga: Mudik? Pemandangan Jalan Tol Paling Indah di Indonesia Ini Akan Temani Perjalanan Anda

Ruas tol Probolinggo – Banyuwangi nantinya akan dikenal juga dengan sebutan Tol Probowangi. Ruas tol inilah yang akan menjadi titik akhir jaringan jalan tol Trans-Jawa. Konsesi atau izin pembangunan jalannya dimiliki oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB), anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Masa konsesi untuk pembangunan tol Probowangi adalah 35 tahun dengan dana investasi Rp 23,3 triliun. Jalan tol ini dirancang sepanjang 172,90 kilometer dan akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

jalan tol trans-jawa

Salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa. Foto: arah.com

Jalan tol Probowangi akan terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Seksi I Probolinggo-Besuki (46,5 kilometer), Seksi II Besuki-Asembagus (59,6 kilometer), dan Seksi III Asembagus-Ketapang (66,8 kilometer).

Baca juga: Kumpulan Foto Jalan Tol Trans Sumatera yang Begitu Megah dan Indah

Sampai saat ini status pembebasan lahan dan konstruksinya masih nol persen. Sejauh ini, Provinsi Jawa Timur masih dalam proses penetapan tempat atau lokasi. Sebagian trase atau proyeksi jalan melewati lahan milik Perhutani dan sudah dilakukan pembicaraan awal dengan Perhutani.

Rencananya titik awal tol Probowangi adalah di Desa Gading, dan di sini masih terdapat lahan persawahan dan kebun yang belum dibebaskan.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang JALAN TOL , tulisan lain Rizqi Y

Di fitur baru Phinemo, Anda bisa pesan paket liburan dengan mudah. Ingin tahu lebih banyak? Masukkan email Anda pada kolom di bawah.

* indicates required

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post