Ditemukan Situs Purbakala Kerajaan Singosari di Kawasan Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang

Penemuan situs purbakala era kerajaan Singosari saat pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang (Kompas.com/Andi hartik).

PT. Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) sampai saat ini belum melanjutkan pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang. Sebelumnya pembangunan jalan tol ini terhambat karena adanya penemuan situs purbakala yang tertimbun tanah di ruas KM-37 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Situs purbakala yang ditemukan berupa struktur bata. Berdasarkan hasil ekskavasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur sejak 10 hari terakhir, situs yang ditemukan diduga merupakan bangunan pradukarsa di era Kerajaan Singosari.

Pradukarsa adalah sebuah bangunan suci berupa gapura yang struktur atapnya berupa susunan bata, dan dibangun menghadap Gunung Semeru. Dahulu puncak Mahameru dipercaya sebagai tempat tinggal para Dewa.

Periodesasi situs ini didasarkan atas beberapa bukti, salah satunya adalah ukuran bata situs yang lebih besar daripada ukuran bata peninggalan Kerajaan Majapahit. Adanya koin gobog dan pecahan porselen yang ditemukan menunjukkan bahwa situs ini berada pada abad ke-10 sampai abad ke-13 Masehi yaitu pada masa Dinasti Song Memerintah di Tiongkok.

Penemuan situs ini disambut baik oleh Pemerintah Jawa Timur dan warga Desa Sekarpuro. Dengan penemuan situs purbakala era Kerajaan Singosari di Malang menunjukkan bahwa Jawa Timur kaya akan situs bersejarah. Harapan kedepannya situs ini bisa dijadikan lokasi wisata yang mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar