Hari Ibu, Saatnya Ajak Ibu Liburan Bersama! Ini Tipsnya

Hari ibu, saatnya quality time bersama ibu.

liburan hari ibu

Hari ibu, saatnya quality time bersama ibu.

Hari Ibu di Indonesia diperingati tiap tanggal 22 Desember, di mana pada tahun ini jatuh besok, Jumat (22/12). Sebagian orang memikirkan kado terbaik untuk ibu masing-masing.

Jika belum menemukan ide akan memberi kado apa, mengapa tidak mengajak liburan berdua bersama ibu? Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat liburan berdua bersama ibu, ini beberapa di antaranya:

Pilih destinasi yang ‘ringan’

Hindari kawasan perbukitan apalagi gunung yang harus melewati medan terjal. Jangan juga pilih tempat yang masih jarang terjamah wisatawan karena biasanya tempat semacam itu belum memiliki fasilitas pariwisata yang lengkap. Hal itu bisa membuat ibu tidak nyaman.

Beberapa destinasi yang kami rekomendasikan adalah wisata belanja di Surabaya, atau bisa juga menyegarkan diri di Ranca Upas, Bandung Selatan. Atau mungkin staycation di resort-resort yang berada di tengah alam Bali.

Yang paling penting perhatikan akses transportasi, juga ketersediaan fasilitas-fasilitas publik di sekitar destinasi yang dipilih. 

Baca juga: Trik Jitu Wisata Murah ke Bali dari Jakarta, Hanya 1 Jutaan!

Jangan berangkat tanpa perencanaan matang

Gaya liburan spontan sepertinya kurang cocok untuk ibu yang telah cukup berumur. Jika biasanya Kamu pergi tanpa itinerary detail, jangan lakukan itu saat liburan berdua bersama ibu.

Jika sebelumnya telah menentukan destinasi mana yang akan didatangi, kini ajak ibu ikut menentukan spot-spotdi destinasi tersebut yang akan dikunjungi. Hindari membuat jadwal yang terlalu padat. Tak perlu terburu nafsu harus mengunjungi semu spot favorit di situ. Daripada mengejar kuantitas, lebih baik utamakan kualitas. 

Jika memungkinkan, selain tempat yang akan dikunjungi, tulis juga aktivitas-aktivitas apa yang akan dilakukan di sana, bahkan mungkin daftar kuliner yang akan dicicip.

Ajak ibu packing bersama

Mengapa perlu packing bersama? Selain tentunya agar hubungan kalian semakin dekat, saat packing bersama kalian bisa saling mengoreksi barang yang dikemas sehingga nantinya akan lebih efektif dan efisien.

Karena sebelumnya telah menyusun itinerary bersama, kalian pasti akan saling mengetahui barang-barang apa yang akan dibawa. Jika memungkinkan, tak perlu dobel membawa barang dengan fungsi yang sama, semacam pasta gigi, sabun mandi cair, dan barang lainnya. Ini akan cukup menghemat ruang di koper sehingga tak perlu membayar lebih untuk biaya bagasi.

Sementara, lupakan ego

Mungkin sekarang Kamu sudah berusia lebih dari seperempat abad, tentu sudah sangat cukup dewasa untuk bisa membuat keputusan sendiri. Namun, seberapa tua pun usia, seorang ibu akan tetap khawatir pada anaknya.

Sementara, buang dulu ego pribadi. Tak perlu merasa terkekang atau risih saat ibu cerewet di perjalanan. Dengarkan dan patuhi saja, tak perlu hal semacam itu justru jadi masalah saat liburan berdua bersama ibu.

Jangan pernah samakan stamina ibu dengan fisikmu. Jika ibu merasa lelah saat jalan-jalan, duduklah dan belikan makanan ringan atau minum. Jika ternyata ibu ingin menginap di hotel atau resort lebih lama, mengalahlah, cukup tambah saja waktu bermalam.

Toh, kesempatan liburan berdua bersama ibu mungkin tak selalu datang kembali, kan?

Cari momen untuk ngobrol berdua

Dengan padatnya pekerjaan di kantor selama ini, coba-coba ingat-ingat, kapan terakhir berbincang berdua hanya dengan ibu? Liburan berdua jadi momen terbaik untuk melakukannya.

Hal seperti ini tak perlu dimasukkan dalam itinerary, cukup niatkan saja secara pribadi. 

Dapatkan ulasan menarik tentang tips liburan dan tulisan Lain dari Shabara Wicaksono

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar