Sidebar

Festival Kota Lama 2017, Kuno, Kini, dan Nanti

Festival Kota Lama 2017, Kuno, Kini, dan Nanti

Rencanakan akhir pekan di Semarang untuk nikmati romantisme Kota Lama Semarang dan berbagai kegiatan seru yang lainnya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Akhir pekan nanti, sudah ada rencana liburan? Kalau belum ada, Kamu bisa rencanakan buat jalan-jalan ke Semarang. Weekend nanti, 23 – 24 September 2017, Semarang menggelar Festival Kota Lama 2017. 

Sekilas tentang Festival Kota Lama 2017 

Festival Kota Lama merupakan festival tahunan yang diselenggarakan oleh OSF (Oen’s Semarang Foundation) bekerja sama dengan stakeholder Kota Lama dan Komunitas di Belanda. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 dengan total 7000 pengunjung hadir dalam Festival Kota Lama 2012. 

Sejak pertama kali diselenggarakan, Festival Kota Lama sudah dapat response positif dari masyarakat. Puncaknya pada tahun 2015, Festival Kota Lama berhasil menarik perhatian sebanyak 50.000 pengunjung dalam dua hari. Tahun 2015 pun menjadi batu loncatan bagi Semarang untuk lebih mengembangkan Kota Lama, karena pada tahun 2015 Kota Lama Semarang telah dimasukan ke dalam tentative list UNESCO sebagai warisan dunia dan menjadi destinasi internasional. 

Event ini merupakan kebutuhan kita bersama. Terlebih sejak 2015 lalu Kota Lama telah masuk dalam daftar tentative list UNESCO untuk jadi warisan dunia serta destinasi internasional, kata Yerus di Semarang, Sabtu, 16 September 2017.

Lokasi dan tema Festival Kota Lama 2017

Tahun ini, Festival Kota Lama Semarang mengusung tema “Sepanjang Jalan Kenangan” yang merepresentasikan kesan Kota Lama “Kuno, Kini, dan Nanti”. Tema ini diambil sebagai harapan agar bisa menyambung hubungan antara masa lalu dengan masa depan. Jadi, harapannya event ini menjadi media persahabatan anatara Indonesia dengan Belanda dan negara lainnya. 

Festival Kota Lama 2017 ada dipusatkan di Jalan Merak. Tepatnya di seberang Stasiun Tawang, bersebelahan dengan Hotel Pelangi. Lokasi ini berada tak jauh dari Polder Tawang (Kolam Retensi Tawang), saat malam datang lokasi festival ini akan berubah jadi romantis. 

Sesuai dengan tema yang diusung, Festival Kota Lama 2017 akan mengajak Kamu menciptakan kenangan di sepanjang Jalan Merak ke Kota Lama Tempoe Doeloe dengan serangkaian acara kuno dan kekinian. 

Rangkaian acara yang bisa Kamu ikuti selama festival ini berlangsung

Fashion show di Kota Lama. Foto dari semarangkota.go.id

Pada hari pertama, pengunjung akan diajak untuk menikmati Gala Dinner dan Dancing on the street. Tiket Gala Dinner sendiri dijual seharga 200 ribu rupiah. Kamu akan menikmati sajian masakan dari Chef Donny asal Eatalia dan Toko Oen. Menikmati makan malam di tengah suasana tua Kota Lama Semarang tentu akan menjadi kenangan romantis. Ditambah lagi, Festival Kota Lama 2017 ini akan menampilkan penyanyi berdarah Jawa – Belanda, Henny Purwonegoro. 

Selain Gala Dinner, Kamu pun bisa ikut serta dalam acara Dancing on the Street yang menampilkan penari Neneng Dancer. Tarian yang diangkat dalam Festival Kota Lama 2017 ini mengambil tema tarian tradisional dari zaman Belanda hingga modern. Semua tamu akan diajak berdansa bersama.

Uniknya, nanti juga akan ada fashion show dari Batik Jayakarta dan desainer asal Belanda, Ellen van Osh. Menurut Ellen van Osh, akan ada 10 baju rancangannya. Baju tersebut didesain dengan menggambungkan sentuhan budaya Jawa, Belanda, dan Eropa. 

Tak ketinggalan, ada pasar Sentiling yang menampilkan jajanan kuliner, UMKM Semarang, dan lainnya. Serangkaian acara tersebut dimulai dari jam 6 hingga 10 malam. 

***

Untuk info lebih lanjut, Kamu bisa hubungi:

Instagram : @festivalkotalama (#FestivalKotaLama2017)
Twitter      : @festkotalama

SHARE :


Rekomendasi

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia

FALLBACK
The END