Deretan Festival Gunung di Indonesia yang Padukan Uniknya Budaya dan Indahnya Alam

Gunung tidak hanya soal pendakian saja. Ada banyak hal yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung, salah satunya festival semacam ini.

Ditulis Oleh Vania Malinda

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai deretan gunung didalamnya. Gunung tidak hanya untuk dilakukan aktivitas pendakian saja, namun banyak juga event-event yang diadakan di gunung dalam rangka menarik perhatian wisatawan.

Berikut beberapa festival gunung yang diselenggarakan di Indonesia.

Festival lima gunung

“Kuda Lumping” Sanggar Andong Jinawi, Dusun Mantran Wetan pada fstival lima gunung VIII. sumber

Festival Lima gunung (FLG) merupakan event kesenian yang diusung oleh Komunitas Lima Gunung. Komunitas ini sendiri merupakan paguyuban warga beberapa dusun di sekitaran daerah yang dikelilingi 5 gunung di Jawa Tengah, yakni Merbabu, Merapi, Sumbing, Andong, dan Menoreh.

Tahun ini, FLG diselenggarakan di kawasan Gunung Merbabu Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jenis-jenis acara yang ditampilkan pada festival ini diantaranya pementasan kesenian tradisional dan kontemporer, pameran lukis, dan pameran batik.

Tujuan utama diadakannya festival ini tidak lain sebagai bentuk usaha pelestarian budaya Jawa, dan wadah silaturahmi bagi para seniman khususnya di Magelang.

Lampung Krakatau festival

Salah satu penampilan pada pawai budaya Lampung Krakatau Festival 2015. sumber

Lampung Krakatau Festival merupakan sebuah event untuk mengenalkan budaya dan wisata-wisata di Lampung. Event ini juga bertujuan untuk memperkuat potensi Lampung sebagai destinasi unggulan di Sumatera.

Beberapa aktivitas yang bisa dijajal di festival ini seperti jelajah Krakatau, snorkeling, jelajah rasa atau bazar kuliner, pasar seni, jelajah layang-layang, jelajah semarak budaya, investor summit, fun swimming, hingga perlombaan yang bisa diikuti oleh para peserta.

Lampung Krakatau Festival tak hanya menjadi wadah untuk mempromosikan Gunung Krakatau sebagai destinasi wisata. Namun juga bertujuan untuk mengenalkan tujuan wisata lain di Lampung seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Gunung Krakatau, Air Terjun Putri Malu, dan Taman Nasional Way Kambas.

Festival Pesona Tambora

Pagelaran seni dan budaya pada Festival Tambora sebagai bentuk memperingati meletusnya gunung Tambora. sumber

Festival Pesona Tambora merupakan salah satu festival gunung yang sudah ditetapkan menjadi event tahunan dalam kalender event Indonesia. Tahun 2017 ini Festival Pesona Tambora diselenggarakan di Kabupaten Dompu.

Rangakaian acara yang bisa dinikmati oleh pengunjung di antaranya atraksi paralayang, penampilan kesenian budaya rakyat, Barapan Kebo, lomba lari maraton, barapan ayam, workshop koreografi dan tentunya bazar kuliner.

Festival Pesona Tambora digelar dengan tujuan meningkatkan perkembangan pariwisata di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Dompu, baik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Festival Gunung Slamet

Gunungan hasil bumi yang dinantikan pengunjung Festival Gunung Slamet. sumber

Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini memiliki event bertajuk Festival Gunung Slamet. event yang diselenggarakan oleh Desa Wisata Serang, Purbalingga ini sudah diadakan ketiga kalinya. Tujuannya untuk melestarikan kesenian dan budaya yang ada di Purbalingga.

Ada beberapa rangkaian acara yang diselenggarakan pada festival ini. salah satunya ialah ritual Air Sikopyah yaitu pengambilan air suci dari mata air Sikopyah menggunakan bambu yang sudah dibentuk sedemikian rupa untk kemudian disemayamkan di Balai Desa selama dua hari. Air tersebut nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

Ritual air suci ini merupakan hal yang wajib saat festival Gunung Slamet, namun tetap ada acara-acara pendukung yang lain seperti pertunjukan musik, pawai budaya, pagelaran wayang, dan masih banyak lagi.

Festival Kelud

Penari yang mementaskan Tari Bedoyo pada prosesi ritual sesaji gunung Kelud. sumber

Jawa Timur juga punya festival gunung yang tak kalah apik, bertajuk Festival Kelud. Sesuai namanya, festival ini diadakan di Gunung Kelud, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Festival ini digelar sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan pasca erupsi.

Gunung berapi yang sempat meletus pada 2014 ini kondisinya sudah lebih baik daripada sesaat setelah meletus kemarin. Kini pepohonan di sekitar area gunung Kelud sudah hijau kembali setelah dahulu meranggas terkena abu vulkanik.

Beberapa aktivitas dalam rangkaian acara Festival Kelud ini diantaranya pagelaran seni “Tobong Art”, ritual sesaji Gunung Kelud, lomba tari dan campursari, lomba balap sepeda, lomba lari sepanjang kaki Gunung Kelud, dan juga bursa buah dan agrobisnis.

Jazz Gunung Bromo dan Ijen Summer Jazz

Alunan merdu musik Jazz justru menghangatkan suasana pada Jazz Gunung Bromo. sumber

Pagelaran musik Jazz yang namanya sudah familiar di masyarakat Indonesia ialah Jazz Gunung Bromo dan Ijen Summer Jazz. Sama-sama mengusung tema konser musik kolaborasi alam pegunungan membuat kedua event ini selalu dinanti-nanti pecinta musik Jazz.

Udara dingin, lantunan musik jazz yang merdu, pemandangan yang menyejukan hati membuat banyak orang rela mengocek kantong cukup dalam untuk menikmati pengalaman yang luar biasa ini.

Kedua event ini selalu dimeriahkan oleh musisi-musisi ternama Indonesia. Menurut situs resmi Jazz Gunung, tujuan diselenggarakan acara ini ialah sebagai gerbang hati bagi kebebasan jiwa, dengan kearifan alam pegunungan yang menjadi simbol budaya Nusantara.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang WISATA GUNUNG, tulisan lain Vania Malinda

Tag : , , ,



Next Post