Sidebar

5 Festival Unik Bulan Oktober di Beberapa Negara

Bulan Oktober identik dengan perayaan halloween di beberapa negara, tapi ada loh festival unik bulan Oktober lainnya yang ngga kalah menarik. Simak yuk!

SHARE :

Ditulis Oleh: Syaiful Millah

Oktober merupakan salah satu waktu yang tepat untuk berpergian. Di beberapa negara seperti Jepang, Inggris dan negara Eropa lainnya bulan Oktober adalah waktu untuk musim gugur.

Selain itu, di berbagai negara juga bulan Oktober identik dengan perayaan Halloween yang diselenggarakan pada akhir bulan. Tapi tahukah kalian selain perayaan yang katanya “menyeramkan” itu, ada banyak festival atau event unik di bulan Oktober yang tidak kalah menarik.

1. Amerika Serikat – Albuquerque International Balloon Fiesta

Festival balon udara terbesar di dunia diadakan di Amerika Serikat. Sumber foto

Albuquerque International Balloon Fiesta merupakan festival balon udara terbesar di dunia. Dimulai pada tahun 1972, festival ini awalnya hanya sebuah event kecil yang diikuti hanya oleh belasan peserta, tetapi saat ini festival balon yang diadakan di Albuquerque, New Mexico ini menjadi event terbesar di dunia. 

Festival ini diadakan di Albuqeurque karena merupakan tempat yang paling cocok untuk balon udara secara geografis. Selama penyelenggaraan festival yang berlangsung selama 9 hari, ratusan balon udara raksasa akan menghiasi langit Albuquerque. Festival ini juga merupakan acara yang paling berwarna-warni dan paling banyak di di foto di dunia. 

2. Jerman – Tuebingen Duck Race

Ribuan bebek karet dilombakan di Jerman. Sumber foto

Festival unik di bulan Oktober juga ada di Jerman, namanya  Teubingen Duck Race merupakan perlombaan bebek karet berwarna kuning yang dimulai dari Sungai Necker, dekat kota bersejarah Stuttgart, Jerman. 

Lazimnya, bebek-bebek itu menjadi teman bermain kita saat kecil. Tapi di Jerman, sejak tahun 1999 bebek karet ini diperlombakan secara khusus dan tidak main-main hadiah yang disediakan sebesar 10.000 Euro loh. Jumlah yang cukup fantastis kan?

Setiap bulan oktober, seluruh masyarakat Jerman yang memiliki bebek karet ini boleh mengikut perlombaan ini. Bahkan untuk yang tidak punya disediakan persewaan bebek karet! Tidak kurang dari 5000 bebek karet dengan nama dan nomor peserta dilepaskan ke sungai untuk perlombaan. 

3. Jepang – Paantu Festival 

Sekelompok orang mengenakan topeng dan pakaian dari lumpur dan dedaunan. Sumber foto

Paantu Festival atau Paantu matsuri merupakan festival kuno yang sudah dilangsungkan selama berabad-abad. Perayaan ini berlangsung selama bulan kesembilan dari kalender China, berlokasi di Miyako-Jima salah satu pulau terkecil dari gugus kepulauan Okinawa. 

Festival ini menampilkan orang-orang dengan pakaian tertutup dari kepala hingga kaki, uniknya pakaian ini berasal dari lumpur dan dedaunan. Kostum ini dipercaya mirip seperti Paantu yang merupakan monster dengan tubuh terbuat dari lumpur dan daun-daun. 

Dalam festival ini, sejumlah orang berpakaian Paantu turun ke jalan mengejar para warga untuk dikotori dengan lumpur. Dengan adanya acara ini dipercaya akan dapat mengusir setan dan nasib buruk dari pulau tersebut.

4. India – Pushkar Camel Fair

Festival unta terbesar di dunia diadakan di Pushkar, India. Sumber foto

Puskhar Camel Fair merupakan festival unta terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun pada bulan Oktober bertempat di Pushkar, sebuah negara bagian Rajashtan, India. 

Acara ini meliputi perlombaan unta dari berbagai kategori seperti “maktha phod”, unta kumis panjang hingga “bridal competition”. Selain itu, dalam gelaran ini juga dihadirkan unta-unta dari berbagai tempat untuk diperjual-belikan. 

Selama beberapa tahun belakangan, acara Pushkar Camel Fair sendiri menjadi daya tarik wisata dimata dunia. Sehingga tak jarang unta yang ikut berpartisipasi tidak hanya berasal dari daerah sekitar Phuskar, tetapi juga dari turis luar India.

5. Peru – Procession of The Lord of Miracles

Mayoritas orang menggunakan pakaian berwarna Ungu di festival Procession of The Lord of Miracles, Peru. Sumber foto

Setiap bulan Oktober, ratusan ribu orang akan membanjiri jalanan ibu kota Peru, Kota Lima untuk melihat dan mengikuti acara Procession of The Lord of Miracles. Acara ini sendiri merupakan salah satu acara religi terbesar di dunia, dan sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ada di Peru. 

Yang uniknya, dalam acara yang berlangsung selama satu hari penuh di bulan Oktober, ratusan ribu orang serempak menggunakan pakaian dengan dominasi warna ungu baik para penonton ataupun peserta pawai lukisan Senor de Los Milagros. Semua orang yang hadir ikut menari dan bernyanyi. Acara ini dilaksanakan untuk menyambut acara adu benteng terbesar yang diadakan di Peru.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ganti Rugi Penjajahan, Indonesia Ganti Rugi pada Belanda, Kok Bisa?

Belanda Pernah Dijajah Oleh Jerman, Bangsa Penjajah Kok Dijajah?

Kiamat Sudah Dekat? Populasi Penduduk Bumi Diprediksi Menurun Tajam

Kenapa Korea Selatan dan Korea Utara Terpisah? Miris, Ini Alasannya

Sejarah Korea Selatan, Negara Termiskin yang Menjadi Macan Asia

Pengobatan Tradisional China, Membongkar Rahasia Seni Medis Timur

FALLBACK
The END