facebook pixel

Fakta Unik Perayaan Hari Pusaka Dunia di Belahan Dunia

18 April ditetapkan sebagai hari pusaka dunia, lho? Kamu mau tau tentang fakta perayaan tentang pusaka dunia? Kamu bisa cek di sini!


Tahu nggak sih Kamu, kalau tangal 18 April ditetapkan sebagai hari Pusaka Dunia? Alasan kenapa perlu ditetapkan hari pusaka dunia, ya buat melestarikan aset peninggalan sejarah.

Mungkin Kamu pun tahu, bahwa benda-benda pusaka di Indonesia ini sudah banyak yang hilang dicuri orang bahkan dirusak oleh tangan-tangan jahil. Jadi, dengan diperingatinya Hari Pusaka Dunia, Kamu dan setiap warga negara dunia bisa menghargai situs warisan budaya.

hari pusaka dunia

Borobudur salah satu Word Heritage Sumber foto

Sudah saatnya Kamu sadar bahwa peninggalan sejarah itu wajib dijaga dan dilestarikan! Bukan dirusak atau dibiarkan.

Biar Kamu nggak gagal paham, berikut fakta unik tentang perayaan hari Pusaka Dunia 18 April yang mungkin belum Kamu tahu. 

1. Awalnya, Hari Pusaka Dunia ini disebut Hari Monumen dan Situs Dunia

Penyebutan “Monumen dan Situs Dunia” diambil dari organisasi penggagas ide dirayakannya hari situs dan kekayaan warisan dunia ini, ICOMOS (International Council on Monuments and Site). Tapi, setelah UNESCO menyetujui usulannya, UNESCO mengganti nama menjadi Hari Pusaka Dunia (World Heritage Day).

2. Kemunculan Hari Pusaka Dunia ini sudah ada sejak tahun 1982, lho!

Awal mulanya, pada 18 April 1982, sebuah organisasi pencinta monumen dan situs budaya ICOMOS (International Council on Monuments and Site) lagi ngadain pertemuan di Tunisia. Nah, dalam pertemuan itu, munculah ide buat ngerayain hari monumen dan situs dunia. 

3. Namun, ide perayaan Hari Pusaka Dunia baru disetujui UNESCO pada November 1983

ICOMOS mengusulkan kepada UNESCO, agar tanggal 18 April diperingati sebagai hari Pusaka Dunia. Gagasan ini akhirnya disetujui UNESCO pada November 1983. Pada saat yang bersamaan, UNESCO meminta kepada setiap negara anggota UNESCO di dunia untuk mendeklarasikan tanggal 18 April sebagai Hari Pusaka Dunia.

4. Setelah ditetapkan sebagai Hari Pusaka Dunia, UNESCO meminta setiap negara anggotanya untuk merayakannya juga

Jadi, peringatan Hari Pusaka Dunia ini nggak cuma dirayakan di Indonesia ya. Tapi di seluruh negara anggota UNSECO pun merayakannya di hari yang sama, setiap 18 April!

 

5. Tahun ini, peringatan Hari Pusaka Dunia di Indonesia 2017 dipusatkan di Candi Budha terbesar dunia, Candi Borobudur

Tanggal 18 April 2017 ini, ada sebuah acara peringatan hari pusaka dunia di Borobudur. Kamu bisa melihat beragam acara kebudayaan seperti kirab budaya dan pentas seni. Lumayan banget kan, Kamu bisa mengasah pengetahuanmu tentang budaya di acara ini.

6. Parade budaya dan kesenian adat juga mejadi rangkaian perayaan Hari Pusaka Dunia

Banyak sekali yang bisa Kamu nikmati saat mengikuti perayaan Hari Pusaka Dunia di Borobudur, salah satunya adalah parade budaya di Indonesia. Nggak cuma di Borobudur juga, tapi di negara lain seperti di Kolkata, West Bengal Timur India meraayakan hari Pusaka Dunia dengan memamerkan hasil kerajinan mereka. 

7. Kalau nggak sempat kunjungi Borobudur, Kamu bisa merayakan Hari Pusaka Dunia dengan berkunjung ke museum atau situs sejarah lainnya lho

kalau lokasi Borobudur terlalu jauh dari tempat tinggalmu, Kamu tetap bisa rayakan Hari Pusaka Dunia lho. Gimana caranya? Datang aja ke museum. 

Dengan melihat-lihat koleksi museum, Kamu sudah ikut serta peringati Hari Pusaka Dunia. Simpel kan? Tapi, jangan dirusak ya. 

8. Yang perlu Kamu tahu, hingga saat ini, total koleksi pusaka dunia sudah mencapai 962 tempat! Wih, banyak! 

UNESCO menyatakan bahwa total koleksi pusaka dunia yang sudah terkumpul sebanyak 962 tempat. Total 962 tempat tersebut merupakan kombinasi antara kekayaan alam dan budaya yang ada di 157 negara di dunia. Wah, banyak ya kekayaan budaya di dunia ini!

9. Oiya ya, UNESCO dan Word Heritage Center itu nggak  mengelola situs warisan dunia, cuma memonitor saja 

UNESCO dan World Heritage Center ini dipilih sebagai penasehat komite, tapi dia tidak bertugas mengelola situs yang sudah masuk daftar pusaka dunia tapi hanya memonitor saja. 

***

Nah, fakta-fakta tentang hari Pusaka Dunia itu pastinya belum Kamu tahu, kan? Setelah Kamu tahu hal yang perlu Kamu lakukan adalah menjaga situs-situs yang ada di Indonesia dan Dunia. Janganlah sekali-sekali merusak warisan budaya itu.

Kamu boleh traveling kemanapun Kamu suka, tapi Kamu pun harus menunjukkan etika baik sebagai warga Indonesia untuk melestarikan dan menjaga situs-situs yang Kamu datangi. Datang ke museum dan tempat sejarah nggak cuma di tanggal 18 April saja lho gais! Kamu bisa datang kapan saja sebagai bentuk kepedulianmu kepada situs penginggalan sejarah.

Oke, Kamu bisa baca artikel menarik lainnya di Phinemo!

banner experience