Curug Genting Batang, Pesona Destinasi Jawa Tengah yang Belum Terjamah

pesona curug genting di kabupaten batang (Foto/boladiens adventure)

Curug Genting Batang dalah salah satu potensi wisata alam berupa Air Terjun (Curug) yang di miliki oleh Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Orchid Forest Bandung, Destinasi yang Wajib Dikunjungi Milenial Minimal Sekali Seumur Hidup

Nama curug ini diambil dari bahasa setempat, ‘genting’ yang berarti gua. Seperti namanya, di lokasi ini terdapat gua alam dengan kedalaman lebih kurang 17 meter yang di dalamnya mengalir air bersih di sela-sela batu-batu yang berserakan.

curug genting batang

pintu masuk curug genting yang mentyerupai betara kala (Foto/kabupatenbatang)

Bertandang ke Curug Genting Batang, mata Anda akan dimanjakan oleh hamparan hutan pinus yang asri nan sejuk. Hutan pinus ini juga memiliki gardu pandang dan beberapa spot menarik berlatar perbukitan Batang dapat Anda manfaatkan untuk latar swafoto.

Lokasi Curug Genting Batang

Curug Genting Batang ini tepatnya berlokasi di Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Propinsi Jawa Tengah. Berjarak ± 38 km ke arah selatan dari Kota Batang.

Akses menuju Curug Genting sendiri terbilang cukup jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Batang. Anda harus menempuh sekitar kurang lebih 30 kilometer melewati jalur utama Batang-Bandar-Blado. Sampai di Desa Bawang, perjalanan pun masih menyisakkan sekitar beberapa kilometer untuk menuju lokasi parkir.

curug genting batang

pesona curug genting di kabupaten batang (Foto/radar)

Curug Genting Batang ini memiliki ketinggian ±40 meter dan dikelilingi hutan Pinus. Wana wisata ini berada di petak 49° Hutan Lindung Tertutup (HLT) RPH KembangLangit, BKPH Bandar, memiliki luas sekitar 7 hektare dan dikelola lewat kerja sama antara Perum Perhutani KPH Pekalongan Timur dan Pemkab Batang.

Baca Juga: Destinasi Wisata Paralayang yang Indah dan Memesona di Timur Indonesia

Untuk masuk ke wisata Curug Genting, pengunjung dikenakan biaya Rp 5 ribu per orang. Sedangkan untuk parkir, pengelola wisata, yakni Pokdarwis Agung Lestari mematok tarif Rp 2 ribu untuk motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Dapatkan ulasan menarik tentang jawa tengah dan tulisan Lain dari Himas Nur

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar