Sidebar

Daftar Gunung yang Buka Awal April 2018, Sudah Siap Mendaki Lagi?

Sempat ditutup beberapa waktu lalu, berikut adalah daftar gunung yang buka per awal April 2018. Sudah rindu mendaki? Segera siapkan fisik, karena sebentar lagi pendaki bisa kembali ke alam!

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Berikut daftar gunung yang buka awal April 2018. Foto daru @m_rhiiana

Para pendaki gunung yang sudah rindu menggunung sepertinya harus berbahagia. Sebab tak lama lagi beberapa daftar gunung ternama di Indonesia akan dibuka kembali untuk kegiatan pendakian. Seperti biasa beberapa gunung memang rutin ditutup tiap tahunnya, alasannya untuk memperbaiki ekosistem dan juga memberikan ruang bagi gunung untuk beristirahat sejenak.

Baca juga: 9 Gunung dengan Jalur Pendakian Sabana Terindah di Indonesia

Penting untuk diketahui pendaki bahwa penutupan jalur pendakian memang diperlukan. Jadi sebaiknya pendaki tidak nekat menerobos masuk saat jalur pendakian yang ditutup. Selain untuk keamanan diri sendiri, bersabar menunggu alam beristirahat sejenak juga jadi menunjukkan bahwa kita adalah pendaki yang bijak.

Berikut adalah daftar gunung yang buka di awal bulan April 2018 ini:

1. Gunung Rinjani

Rinjani adalah salah satu daftar gunung yang buka awal April. Foto dari @carolienmorsman

Gunung Rinjani tak hanya menjadi favorit bagi pendaki Indonesia, tapi juga pendaki mancanegara. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang buka per tanggal 1 April 2018. Informasi ini sesuai dengan yang tertera di laman resmi BTNGR.

Selain akan membukajalur pendakian, berdasar informasi mulai tanggal 1 April 2018 Gunung Rinjani juga akan mulai mengaktifkan sistem booking online pendakian. Untuk melakukan booking online ini pendaki bisa mengunduh aplikasi erinjani di Google Playstore bagi pengguna ponsel Android. Pendaftaran juga bisa dilakukan dengan mengakses situs resmi BTNGR, erinjani.net.

2. Gunung Gede – Pangrango

Gede Pangrango adalah salah satu daftar gunung yang buka awal April. Foto dari @gununggedepangrango

Gunung Gede – Pangrango adalah salah satu gunung yang paling rutin melakukan penutupan jalur dan perbaikan ekosistem. Gunung ini rencananya akan kembali dibuka untuk pendaki mulai tanggal 1 April 2018 mendatang. Kabarnya Gunung Gede – Pangrango akan hadir kembali untuk pendaki dengan mengusung sistem yang baru.

Salah satunya adalah kewajiban bagi pendaki untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Beda dari sebelumnya, pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan di klinik yang telah ditunjuk TNGGP dengan dokter yangtelah memenuhi kualifikasi untuk pemeriksaan pendakian.

3. Gunung Prau

Gunung Prau akan buka tanggal 5 April 2018. Foto dari @dewa_arya

Saat gunung lain memilih membuka jalur per 1 April 2018, Gunung Prau memilih untuk membuka jalur pendakiannya per 5 April 2018. Sepertinya belum ada skema atau sistem baru dalam pendakian Gunung Prau, jadi pendaki bisa langsung mendaki mulai tanggal tersebut.

Baca juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Prau yang Wajib Diketahui Pendaki [INFOGRAFIK]

***

Beberapa gunung seperti Gunung Semeru belum mengeluarkan informasi terbaru mengenai jadwal pembukaan jalur pendakian. Namun jika melihat kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, gunung ini akan buka disekitaran awal bulan April juga. Kita tunggu saja kabar resmi selanjutnya.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Gunung Rinjani Ditutup Setelah Turis Pesta Dugem di Bukit Propok

5 Film Petualangan Terbaik yang Akan Menginspirasi Menjelajah Indonesia

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

7 Tas Backpack Murah Namun Berkualitas yang Cocok untuk Traveling

Air Terjun Penimbungan, Keindahan Tak Terjangkau di Gunung Rinjani

5 Gunung Paling Angker di Indonesia, Jangan Mendaki Sendiri!

FALLBACK
The END