Sidebar

Cara Menggunakan KAI Access, Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta Api

KAI Access melayani pembelian tiket KA antar kota, KA lokal, kereta bandara, refund, bahkan preorder makanan di KA. Cara menggunakan aplikasi ini pun mudah.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Pada era digital seperti sekarang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) hadir dengan aplikasi mobile KAI Access yang dapat diinstal pada semua sistem Android maupun IOS. KAI Access memudahkan pelayanan pembelian dan pemesanan tiket kereta api (KA). Calon penumpang tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk membeli tiket kereta, karena dengan KAI Access pembelian dapat dilakukan secara online di rumah melalui smartphone.

KAI Access melayani pembelian tiket KA antar kota, KA lokal, kereta bandara, refund, bahkan preorder makanan di KA. Penggunaan KAI Access terbilang mudah, namun bagi yang belum terbiasa tetap saja akan mengalami kesulitan tersendiri. Oleh karena itu, berikut dijelaskan beberapa yang harus dipahami tentang cara menggunakan KAI Access.

1. Pendaftaran KAI Access

Bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi KAI Access, langkah awal yang harus dilakukan adalah pendaftaran. Secara keseluruhan tampilan UI (User Interface) aplikasi ini sangat ramah di mata. Prosesnya pun terbilang sangat mudah. Persiapkan identitas diri seperti Nomor HP dan KTP atau SIM. Pastikan identitas yang terisi benar, karena nantinya akan tercetak dalam tiket yang dipesan melalui aplikasi KAI Access.

2. Kereta Api Antar Kota (Intercity Train)

Terdapat beberapa tab di aplikasi KAI Acces, yaitu tab KA antar kota (Intercity Train) dan KA lokal (Local Train). KA Antar Kota melayani transportasi antar wilayah lintas provinsi. Jalur KA Antar Kota di Pulau Jawa terbagi atas dua jalur lintas utama yaitu bagian utara dan selatan.

Bagian Utara: Merak – Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya.
Bagian Selatan: Bogor – Sukabumi – Bandung – Kroya – Kutoarjo – Yogyakarta – Solo – Madiun – Kartosono – Surabaya.

Pembelian KA antar kota melalui aplikasi KAI Access harus terlebih mengisi identitas calon penumpang secara lengkap, meliputi nama, nomor ponsel, email, alamat, dan nomor KTP. Selanjutnya mencari tiket dengan mengisi stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, kelas, dan jumlah penumpang. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM atau minimarket.

3. Kereta Api Lokal (Local Train)

KA lokal merupakan layanan transportasi kereta untuk daerah tertentu saja yang berhenti di semua stasiun yang dilewati. Jenis KA lokal termasuk kereta lambat dengan harga yang sangat terjangkau. Jarak tempuh paling jauh hanya 100 km saja. Terdapat 29 KA lokal yang dapat dipesan di KAI Access dengan waktu reservasi dari H-30 hingga di hari keberangkatan.

Sejak 1 September 2019 lalu, pembelian tiket KA lokal hanya dapat dilayani melalui KAI Access saja. Sama seperti pemebelian tiket KA antar kota, KA lokal juga harus melengkapi data diri terlebih dahulu. KA lokal tidak bisa memilih tempat duduk. Pembayaran hanya melalui e-wallet Link Aja.

4. Kereta Api Bandara (Airport Train)

KA bandara dioperasikan oleh Railink, perusahaan kerjasama antara PT KAI dan PT Angkasa Pura II. Kereta ini hanya melayani transportasi dari dan menuju bandara-bandara di Indonesia. KA bandara adalah kereta eksekutif yang sangat nyaman, dilengkapi dengan fasilitas berupa AC, USB Corner, dan seat luas yang nyaman. Pembelian KA bandara tidak melayani pembayaran cash. Selain dari KAI Access, tiket KA bandara dapat dibeli di vending machine dengan debit/credit card.

5. Makanan di Kereta Api (Food on Train)

Pemesanan makanan di kereta dijalankan oleh PT Reska Multi Usaha yang bekerjasama dengan PT KAI. Sebelum memesan makanan di KAI Access, sebelumnya harus memasukkan kode booking dan kode validasi tiket KA. Pembayaran dilakukan secara terpisah melalui rekening transfer paling lambat 90 menit setelah sms atau email notifikasi preorder di terima. Preorder hanya dilayani minimal H-2 sebelum waktu keberangkatan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Liz Palace Inn Hotel Bandung, Menginap di Istana Megah Bumi Priangan

The New Normal Segera Diberlakukan, Harus Berdamai dengan Corona?

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

VillaTel Salse Bandung, Karya Arsitektur Mekjubkan di Bumi Priangan

Sejarah Mudik Lebaran, Ternyata Pernah Dilarang Juga Pada Tahun 1946

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Quality Time dalam Keterbatasan

FALLBACK
The END