facebook pixel

Macet [n] : Saat Kamu harus bersabar menunggu antrean kendaraan yang tak kunjung jalan. Sama seperti saat Kamu bersabar menunggu perasaanmu ke gebetan yang tak kunjung ada jawaban

Mudik nggak akan pernah bisa jauh-jauh dari kata “macet”. Membludaknya volume kendaraan salah satu penyebabnya. Kadang ada juga yang harus bersabar menunggu sampai berjam-jam hingga berhari-hari. Duh, nggak ngebayangin deh gimana rasanya kejebak macet sampai berhari-hari.

Kalau Kamu ketemu situasi kayak gini, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan saat terjebak macet, misanya nih:

#1 Keluar dari mobil atau bus lalu senam ringan untuk merelaksasikan tubuhmu yang udah capek duduk

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Biar badan nggak kaku, senam kayak gini juga bisa. Sumber foto

Mungkin penting buat Kamu belajar gerakan yoga sederhana yang bisa dipraktekkan saat Kamu terkena macet. Yang jelas Kamu tetep butuh gerak dan olahraga saat terjebak kemacetan yang cukup lama. duduk kelamaan di bus nggak baik buat kesehatanmu gais. 

Keluar dari mobil atau bus juga bisa bikin Kamu dapetin udara yang lebih fresh.

#2 Kalau bisa manfaatin waktu macet buat tidur, biar stamina Kamu terjaga selama di perjalanan

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Manfaatkan waktu buat tidur. Sumber foto

Tahu kok kalau kondisi macet itu pasti susah banget buat tidur. Tapi biar gimana pun Kamu harus tetep tidur dan istirahat biar staminamu nggak drop. 

Nggak asyik kan kalau habis macet-macetan, begitu sampai rumah malah kondisi badan Kamu nggak fit. Momen lebaran yang harusnya bisa buat seneng-seneng bareng keluarga bakal keganggu.

#3 Keep update infromasi apapun, terutama manfaatin gadget Kamu buat cari informasi seputar jalur mudik

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Tetap update informasi Kamu. Sumber foto

Kali aja ada jalan alternatif yang disarankan dan ternyata nggak semacet di jalan utama. Kamu jadi bisa pilih jalan lain biar lebih cepet sampe rumah. Atau kalau Kamu naik bus, Kamu bisa bilang sama pak supirnya. Ya siapa tahu pak supirnya bisa lewat jalan alternatif tadi. 

#4 Bikin video di sekitar area kemacetan, Kamu bisa dapet uang dari video ini lho!

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Bikin video berita seputar kemacetan, Kamu bsia dapat uang. Sumber foto

Emang bisa dari video menghasilkan uang? Kalau tahu caranya, ya pasti bisa. Kamu cuma perlu bikin video seputar kemacetan yang terjadi di tempat Kamu berada, lalu mengunggahnya di salah satu website TV swasta Indonesia. Kamu bisa upload di sini ya gais.  

Kalau video berita yang Kamu unggah ternyata menarik, videomu bakal ditayangkan di televisi dan menghasilkan uang. Lumayan kan? Ya itung-itung latihan jadi wartawan. Hehe…

#5 Dari pada stress lama-lama di dalem mobil, mending piknik santai dulu deh

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Asyikan duduk di mobil apa di sini hayo? Sumber foto

Yang pasti cuma bisa di sekitaran area kemacetan ya, nggak bisa pergi jauh-jauh. Ya gimana mau pergi orang mobil Kamu aja nggak bisa kemana-mana. 

Maksudnya piknik di sini, Kamu bisa keluar dari mobil lalu gelar tiker di tempat yang lumayan teduh misalnya. Kamu bisa tiduran antai sambil membiarkan tubuhmu beristirahat biar nggak kelamaan duduk di mobil. Tubuh Kamu juga bisa stress lho kalau kelamaan duduk.

#6 Dengerin musik atau nonton film favorit Kamu biar nggak bete 

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Dengerin musik atau nonton film boleh juga tuh. Sumber foto

Makanya selalu sediain stok musik, video atau film di hp sebelum berangkat mudik. Kondisi macet yang lama emang sering bikin Kamu bosen, bete dan ngedrop. Dengan dengerin musik atau nonton film favoritmu, setidaknya sih bisa ngurangin kebosanan Kamu. 

Oh ya, jangan lupa juga bawa cadangan powerbank ya gais. Buat jaga-jaga kalau baterai Kamu lowbatt. Meski kadang di mobil atau bus Kamu juga bisa ngecharge juga. 

#7 Saking kepaksanya nggak ada hp atau hiburan lain? Coba aja ngobrol sama penumpang atau pemudik lain, siapa tahu bisa bikin Kamu semangat lagi

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Ngobrol aja sama pemudik lain biar nggak bete. Sumber foto

Kamu kan nggak sendiri tuh di area kemacetan. Ajak aja pemudik lain yang juga kejebak kemacetan buat ngobrol. Siapa tahu nih Kamu bida saling bertukar informasi yang mungkin bermanfaat. Ya selain itu kan Kamu juga bisa jadi nambah temen dan saudara. 

Jadi walaupun terjebak macet, Kamu tetep bisa produktif gitu. 

#8 Jangan cuma duduk manis di dalam mobil, coba deh jalan sebentar buat cari makanan biar Kamu tetap punya asupan gizi dan tenaga

hal yang bisa kamu lakukan saat macet

Dari pada bosen mending cari makan atau cemilan. Sumber foto

Sekalian olahraga dan relaksasi otot biar nggak kaku, Kamu bisa jalan-jalan sambil cari makanan atau minuman. Meski lagi mudik dan kena macet berjam-jama bahkan berhari-hari, kamu harus tetep makan supaya tubuhmu dapet asupan gizi yang cukup. 

Kamu harus tetep punya tenaga dan badan harus selalu fit ya selama mudik!

#9 Ajakin orang satu bus buat joget bareng!

via GIPHY

Hayo, kalau lagi kena macet berani nggak ngelakuin hal ini? Hihi…

***

Macet emang hal yang paling ngezelin saat Kamu lagi pergi ke mana-mana. Tapi kalau bisa mneyiasati nggak akan terlalku jadi masalah kok. Toh macet juga bagian dari perjalanan mudik yang emang harus Kamu lewati dan harus Kamu nikmati kan? So, stay happy aja! 

Baca juga:

banner experience