Sidebar

Dengan Gaji 2 Juta/Bulan, Kamu Bisa ke Derawan dengan Trik Ini

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

Ada yang pernah berkunjung ke tempat itu? Foto di atas adalah potret sepotong keindahan surga Pulau Derawan di Kalimantan Timur.

Air laut Pulau Derawan yang berwarna biru tosca, pasir pantai putih bersih, dan nyiur pohon kelapa melambai-melambai seolah berkata “ayok maen ke sini”. Duh, cuma melihat fotonya saja rasanya pengin segera nyemplung ke sana.

Foto oleh Aldion Silalahi, diambil dari sini

Pesona Derawan memang luar biasa cantiknya. Amazing, awesome, wonderful, marvelous, keren, cetar membahana, apa lagi? Saya sampai kehabisan kata-kata lagi buat menggambarkan keeksotisan pulau ini.

Bagaimana cara menuju ke sana? Begini caranya:

Jalan-jalan ke Pulau Derawan

Kamu yang berasal dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Padang, pokoknya dimanapun kamu berasal terbang dulu ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Mau pake pesawat apa saja boleh. Tapi, kalau ada penerbangan murah, kenapa enggak? Kamu bisa menggunakan bujet seperti maskapai penerbangan Lion Air atau Citilink. Biaya pesawat Jakarta – Balikpapan sebesar kurang lebih Rp 600.000 (keberangkatan 26 Juni 2016). Lihat harga tiket pesawat normal berikut,

Sesampainya di Balikpapan, kamu harus menempuh beberapa rute yang cukup panjang dan melelahkan. Tenang, rutenya nggak semelelahkan berhubungan jarak jauh kok. Kamu pasti kuat.

Begini caranya ke Derawan via Berau

Selanjutnya, ambil penerbangan berikutnya menuju Berau atau Tarakan. Kamu hanya boleh memilih salah satu. Jika kamu memilih jalur berau, biaya tiket penerbangan kurang lebih 400-500 ribuan (maskapai penerbangan low budget Sriwijaya Air).

 

Jika kamu traveling sendirian atau dalam kelompok kecil, lebih baik memilih jalur penerbangan Balikpapan – Berau. Karena akses transportasi di Berau lebih mudah daripada di Tarakan.

Setibanya di Berau, kamu harus melanjutkan perjalan menuju Tanjung Batu. Carilah mobil travel umum buat mengantar kamu ke Tanjung Batu. Lama perjalanan sekitar 2,5 hingga 3 jam. Biaya yang harus kamu keluarkan sekali jalan sebesar Rp. 75.000.

Perjalanan masih belum berakhir. Sesampainya di Tanjung Batu, barulah kamu menyeberang menuju pulau impian, Pulau Derawan. Kamu bisa menyewa speedboat. Biaya yang dikeluarkan perorang sekitar 100.000 rupiah.

Bagaimana jika lewat jalur Tarakan?

Jalur Tarakan memang lebih murah daripada jalur Berau. Hal itu karena banyaknya penerbangan langsung menuju Tarakan. Namun, jika kamu memilih jalur Tarakan, kamu harus mau sedikit bersabar. Karena waktu tempuh yang relatif lebih lama daripada via Berau.

 

Kamu harus menyediakan uang kurang lebih 700 ribuan untuk satu kali penerbangan langsung menuju Tarakan dari Jakarta. Dengan catatan menggunakan maskapai penerbangan yang suka delay (baca: Lion Air) yak.

Setibanya di Bandara Internasional Juwata (Tarakan), kamu bisa menuju Pelabuhan Tengkayu menggunakan taksi. Jangan bayangkan taksi dengan argo meter yang ada di kota kamu. Taksi yang dimaksud di Tarakan ini adalah angkutan umum. Mereka menyebut angkutan umum dengan taksi. Tarif dari bandara ke pelabuhan sekitar 20 ribu rupiah.

Perjalanan belum berakhir. Karena kamu masih harus menyeberang menggunakan speedboat menuju Pulau Derawan. Banyak speedboat yang menawarkan ke Pulau Derawan.

Sayangya, tidak ada speedboat umum yang mengantarkanmu ke Derawan. Kamu harus menyewa speedboat. Speedboat disewakan dengan harga sekitar 4 juta untuk 3 hari dengan kapasitas maksimal 5 orang. Jadi, kalau kamu berangkat bareng temen-temen, ongkos speedboat lebih murah. Paling nggak masing-masing orang harus menyiapkan uang ongkos speedboat sebesar 800 ribu rupiah untuk 3 hari.

Kita tidur di mana dong kakak?

Tenang, nggak usah khawatir terlantar. Karena di Pulau Derawan banyak sekali penginapan. Tinggal memilih mau tidur di penginapan, homestay, resort, atau di cottage. Sesuaikan dengan bujet kamu.

Penginapan di Derawan di patok dengan harga mulai 100.000 per malam. Jika ingin menjajal rasanya menginap di rumah penduduk, kamu harus mengeluarkan uang sekitar 250.000. Kamu juga bisa merasakan tidur di cottage di atas laut dengan membayar sekitar Rp. 300.000 per malam.

 

Berapa harga makanan per porsi di sana?

Harga makanan tergantung dengan menu apa yang kamu makan. Kalau menu biasa aja sih sekali makan sekitar 20.000. Jika kamu makannya banyak seperti teman saya April Pagi, sediakan budget makan yang lebih.

Ngapain aja di Pulau Derawan?

Yang pasti, kamu bakal selalu berhubungan dengan air. Snorkeling, diving, dan menjelajahi pulau-pulau di sekitar Pulau Derawan. Ada beberapa pulau yang bisa di kunjungi di Kepulaun Derawan, yaitu Pulau Maratua, Kakaban, Sangalaki, Nabucco, Bakungan dan Pulau Derawan itu sendiri.

Untuk mengunjungi pulau-pulau itu, kamu harus sewa speedboat. Sebuah speedboat berkapasitas 4 orang dikenakan tarif sekitar Rp 3.000.000 seharian. Kamu bisa berkeliling-keliling melihat pulau-pulau cantik. Kalau mau snorkeling, kamu bisa menyewa snorkel seharga 50.000.

Jadi, berapa total biaya yang harus dikeluarkan?

Jakarta – Balikpapan – Berau – Derawan

Tiket pesawat Jakarta – Balikpapan = Rp. 600.000

Tiket pesawat Balikpapan – Berau    = Rp. 500.000

Berau – Tanjung Batu                          = Rp. 75.000

Speedbaot Tanjung Batu – Derawan = Rp. 100.000

Biaya Transportasi PP                          = Rp 1.275.000 x 2 = 2.550.000

Transportasi via Tarakan

Tiket Jakarta – Tarakan                       = Rp. 700.000

Bandara – Pelabuhan                           = Rp. 20.000

Speedboat 3 hari (5 orang)                 = Rp. 800.000 / orang

Total biaya transportasi                      = Rp. 1.520.000

Akomodasi

Penginapan  3 malam                           = Rp 300.000

Makan 4 hari                                           = Rp. 400.000

Sewa speedboat + snorkel                    = Rp 800.000 / hari

Total biaya via Berau ——————> Rp. 4.050.0000 (kurang lebih)

Total biaya via Tarakan —————-> Rp. 2.270.000 (tidak termasuk biaya speedboat, karena sudah menyewa dari Pelabuhan Tengkayu, namun jika ternyata masih menyewa speeboat ketika sampai di Derawan total menjadi Rp. 3.100.000

 

Bisakah dengan gaji 2 juta per bulan pergi ke Derawan?

Bisa banget! Tapi kamu harus nabung. Ada dua tipe cara menabung. Yang pertama menabung per harian yang kedua perbulan.

Nabung harian 20 ribuan

Jadi, jika kamu memutuskan memilih cara ini, kamu harus konsisten. Setiap kamu punya uang selembar 20 ribuan, kamu harus masukan uang itu ke dalam celengan. Nggak boleh diambil ya.

Misal satu hari kamu bisa menyimpan 20 ribu rupiah, maka dalam sebulan kamu sudah punya uang simpanan sebesar 600.000. Paling tidak kamu harus menabung selama 6 – 7 bulan untuk mengumpulkan uang sebesar 4 juta rupiah. Tapi, kalau kamu nggak konsisten menabung 20 ribu per hari, bisa jadi lebih lama ngumpulin uangnya.

Nabung bulanan

Besarnya nominal yang kamu tabung perbulan tergantung berapa besar biaya hidup kamu. Minimal sisihkan uang 200.000 ribu per bulan. Jadi, kamu butuh waktu 8 bulan menabung buat ke Derawan.

Cari penghasilan tambahan

Cara mendapatkan uang tambahan di luar pekerjaan utama kita yaitu dengan menjadi reseller. Kamu bisa menjadi reseller baju, sambal oedel, atau jualan apa aja deh yang kamu suka. Dengan asumsi penghasilan bersih per bulan 500 ribuan.

Bawa bekal makan siang ke kantor

Kalau kamu sudah fix memutuskan buat nabung ketat demi ke Derawan, kamu juga harus cerdas menyiasati kebutuhan sehari-hari. Misalnya dengan membawa bekal makan siang ke kantor.

Lebih hemat lagi jika bekal makan siangmu, kamu masak sendiri dari rumah. Memasak nasi sebelum berangkat kerja. Bawa menu-menu yang hemat dan praktis. Misal, telor dadar plus tumis kangkung. Bulatkan tekad dan kamu harus siap hidup prihatin.

***

Biaya tiket pesawat, penginapan, makan, dan lain-lain swaktu-waktu bisa berubah, menyesuaikan harga kebutuhan masing-masing. Jika kamu traveling seorang diri lebih baik via Berau, tapi siapkan bujet yang lebih besar. Sedangkan jika kamu berkelompok, via Tarakan bisa lebih murah.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Suku Bajo di Sulawesi, Sang Manusia Ikan dari Indonesia

Sunblock SPF 50 Aman untuk Kulit Sensitif? Simak Penjelasannya dari Ahli

7 Sunblock Pria Paling Bagus untuk Lindungi Kulit Saat Hiking

Maratua Paradise Resort, Akomodasi Ekslusif di Pulau Terluar Indonesia

Tips Memilih Kursi Pesawat Agar Tidak Tertular Penyakit di Perjalanan

7 Persiapan Menyambut Ramadhan 2020 Saat Pandemi Virus Corona

FALLBACK
The END