facebook pixel

Penting, Ini 14 Cara Ampuh Atasi Rasa Takut Saat Naik Pesawat

Coba atasi takutmu dengan ritual khusus yang dilakukan Adam Levine saja!


takut naik pesawat

Semoga selamat sampai tujuan ya Tuhan. Foto berasal dari sini

Salah satu ‘dosa’ terberat saya sebagai seorang yang suka jalan-jalan adalah takut naik pesawat! Banyak peluang traveling ke tempat-tempat yang jauh akhirnya tidak kesampaian karena terkendala takut naik pesawat atau aerophobia.

Namun, suatu ketika saya beranikan diri terbang dengan pesawat. Awalnya sih biasa saja, eh pas masuk kabin, saya berubah menjadi seseorang yang sangat religius. Sepanjang perjalanan, saya tidak pernah berhenti berdoa.

Sampai sekarang pun saya masih merasa ‘ngeri’ kalau naik pesawat. Tapi, tetap saja saya berangkat dengan pesawat. Kok bisa? Bisa dong, karena saya melakukan hal-hal berikut ini buat ngatasi takut terbang,

1. Jangan nonton film atau baca-baca berita mengerikan tentang pesawat

Beberapa minggu sebelum naik pesawat, saya nggak pernah mau nonton film yang berhubungan dengan kecelakaan pesawat. Jika tersiar  berita kurang enak, saya lebih memilih tidak mendengar dan mengabaikannya.

2. Sebaliknya, edukasi dirimu tentang keamanan naik pesawat 

Lebih baik membaca hal-hal yang mendorong saya untuk tidak takut naik pesawat. Hasil baca-baca artikel di phinemo.com, saya jadi tahu bahwa menurut Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat, kemungkinan meninggal dalam kecelakaan pesawat memiliki rasio 1 berbanding 7178. Jauh lebih kecil dari kecelakaan mobil yang mencapai 1 banding 98.

Tuh kan! Sebenarnya naik pesawat itu aman, nggak usah takut berlebihan (ngomong sama diri sendiri).

3. Hindari berpikir negatif seperti kemungkinan kecelakaan pesawat

Buang jauh-jauh pikiran jelek kayak gitu. Mending pikirin gebetan aja deh kenapa sampai sekarang dia belum menyatakan cinta.

4. Pikirkan saja serunya traveling ke destinasi tujuanmu

Kalau enggak, pikirkan aja serunya traveling ke destinasi tujuan. Bayangkan hal apa yang ingin kamu lakukan selama traveling di destinasi tujuan.

5. Perhatikan, pahami, dan lakukan instruksi kemanan yang diberikan awak pesawat

Misalnya, mengenakan sabuk pengaman dan mematikan gadget. Lalu, ketahuilah lokasi penyimpanan life jacket dan cara pemakainnya.

6. Ajak ngobrol teman sebelahmu supaya kamu nggak nervous

Mulailah dengan obrolan ringan dari pertanyaan, ‘darimana? mau kemana? sendirian aja? boleh minta line ID nya?’. Yah, siapa tahu kamu bisa nyambung ngobrol dengannya. Lumayan bisa mengalihkan ketakutan naik pesawat kan?

7. Bawalah barang-barang yang bisa membuatmu nyaman

Seperti kitab kecil atau buku doa, buku bacaan, bantal leher, atau penutup mata. Jadi, ketika sewaktu-waktu kamu takut, alihkan dengan membaca. Atau cobalah untuk tidur dengan penutup mata, supaya kamu nggak perlu melihat keluar jendela.

8. Mendengarkan musik, pilih lagu-lagu yang menenangkan

Musik terbukti bisa membuat saya lebih santai saat di dalam kabin. Lagu-lagu milik coldplay atau musik bergenre folk cukup menenangkan.

9. Jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol dan hindari makan makanan yang pedas

Sakit perut di dalam pesawat itu merepotkan. Kamu nggak mau kan bolak-balik ke toilet selama perjalanan?

10. Bagi kamu yang suka nyemil, coba cara ini. Siapa tahu kamu bisa lebih santai di dalam pesawat

Nggak ada salahnya dicoba. Karena ada beberapa orang yang lebih rileks bila nyemil.

11. Goncangan dalam pesawat adalah hal yang wajar kok

Goncangan di dalam pesawat bukan selalu berarti pertanda bahaya. Jangan panik, yang paling utama kamu telah mengenakan sabuk pengaman dengan baik. Patrick Smith, pilot sekaligus penulis buku Cockpit Confidential pun menuturkan, bahwa goncangan tidak akan membuat pesawat jatuh.

12. Pasang aplikasi Sky Guru

Yap, baru-baru ini telah diluncurkan aplikasi ‘pereda rasa takut naik pesawat’. Skyguru adalah aplikasi penghilang rasa takut atau nervous saat berada di dalam pesawat. Karena dilengkapi dengan data-data penerbangan, perkiraan cuaca, dan prediksi turbulensi.

13. Kamu bisa mencoba ritual khusus seperti yang dilakukan vokalisnya Maroon 5, Adam Levine ini

takut naik pesawat

Namaste. Foto berasal dari akun instagram adam levine

Vokalis Maroon 5 ini pernah mengunggah foto ritual khusus saat naik pesawat. Dia terlihat mengambil sikap layaknya orang yang sedang bermeditasi di atas kursi dari pesawat. Dalam caption foto tersebut, Adam Levine menuliskan “Ritual saat turbulen. Sudah jalan 38 persen. Aku akan melanjutkannya”.

14. Berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa bahwa semua akan baik-baik saja

Dari sekian banyak cara, berdoa menjadi cara yang paling manjur. Berdoalah sesuai keyakinan agar kamu lebih tenang.

***

banner experience