Sidebar

13 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Foto Traveling Kamu Direpost Akun Terkenal

Yakin udah nerapin semua trik di atas tapi masih belum di repost?

SHARE :

Ditulis Oleh: Mia Kamila

Traveling tanpa foto itu ibarat nyeduh Kopi tanpa gula, pait!

Traveling pasti nggak luput dari foto-foto. Rasanya seperti ada yang kurang kan saat traveling  tanpa membawa kamera. Setelah selesai traveling pasti Kamu nggak bakal lupa untuk upload foto-foto traveling Kamu di media sosial kan? Ada beberapa keuntungan yang Kamu dapat saat mengunggah foto di instagram.

Kalau foto Kamu bagus, Kamu bisa jadi selebgram lho, dan dari situ Kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang. Di sisi lain Kamu juga bisa mendapatkan followers lho! Nah, biasanya foto yang bagus akan di-repost oleh beberapa akun ternama di Instagram. 

Dari situlah, mau nggak mau akun Kamu akan ikut tenar juga setenar foto Kamu. Lalu gimana caranya biar foto Kamu masuk dalam kategori itu? Nah biar Kamu nggak penasaran simak penjelasan di Bawah ini ya! 

1. Kamu bisa memotret dengan kamera apa saja, nggak harus dengan kamera mahal lho!

Pakai kamera yang biasa Kamu pakai | Photo by Mia Kamila

Untuk memotret keindahan alam, Kamu bisa menggunakan kamera  yang sudah Kamu kuasai. Nggak melulu harus menggunakan kamera mahal dan canggih kok, Kamu juga bisa menggunakan kamera posel untuk memotret pemandangan saat traveling. 

2. Menentukan angle yang pas dan komposisi gambar tidak acak-acakan

Komposisinya pas | Photo by Raiyani

Tentukan angel yang pas untuk foto yang akan Kamu hasilkan! Kamu bisa menggunakan low angel, atau high angle sesuaikan dengan pemandangan yang akan Kamu Foto! Perhatikan komposisinya juga! Usahakan dalam foto Kamu nggak ada obyek yang terpotong atau terlihat kurang pas. 

3. Foto yang menarik bukan foto yang berjenis potrait tapi foto landscape

Rawa Pening di pagi hari | Photo by Mia Kamila

Foto yang menarik untuk di-repost biasanya adalah foto berjenis landscape atau pemandangan. Bukan foto diri atau close up. Ambillah foto pemandangan yang menurutmu unik dan layak memberikan informasi kepada orang yang ingin traveling ke situ. 

4. Foto yang Kamu unggah adalah foto original bukan foto milik orang lain atau mengambil dari google

Sunrise di Rawa Pening | Photo by Mia Kamila

Hal ini penting banget Kamu catat. Jangan sekali-kali berharap foto Kamu di-repost oleh banyak orang kalau ternyata foto yang Kamu upload adalah foto hasil jepretan orang lain atau ambil dari google. Usahakan foto yang original dan foto milik Kamu sendiri.

5. Kamu boleh mengedit foto tersebut asal masih dalam taraf wajar

Panorama di Pantai Menganti Kebumen | Photo by Mia Kamila

Mempercantik foto boleh saja, asalkan Kamu tidak mengedit secara berlebihan. Kamu bisa mempertajam gambar dengan menaikkan saturasi atau menaik turunkan kontras pada foto Kamu. 

6. Jangan menambahkan yang nggak ada dalam foto tersebut

Misalnya nggak ada obyek berupa orang dalama foto landscape tersebut sebaiknya nggak perlu ditambahkan | Photo by Mia Kamila

Jika dalam foto tersebut nggak ada obyek berupa orang, maka sebaiknya jangan Kamu tambahkan. Sekarang orang tahu kalau foto Kamu hasil manipulasi, atau editan photoshop.

7. Biarkan foto Kamu natural apa adanya jangan sampai Kamu merubah alam

Air terjun Benowo di Purworejo | Photo by Mia Kamila

Jangan sekali-kali merubah bentuk alam seperti halnya membuat jalan jadi berlubang atau sebaliknya. Hal tersebut bisa merugikan banyak orang yang memang benar-benar ingin mencari informasi ke tempat tersebut. 

8. Kamu bisa mengambil spot yang jarang di posting orang lain saat traveling

Kelenteng Sampokong Semarang | Photo by Mia Kamila

Kamu bisa mencari ide foto yang tidak biasa digunakan oleh orang lain. Gambar yang mainstream biasanya lebih dihindari oleh para akun ternama. Mereka lebih mencari gambar yang unik dan belum banyak beredar di media sosial.

9. Menaikkan saturasi boleh saja, asal tidak merubah warna sesungguhnya dari warna asli

Nha Trang City Vietnam | Photo by Mia Kamila

Hanya menaikkan saturasi ya, jangan mengedit dengan menggunakan filter yang ada di aplikasi edit foto. Hal itu bisa merusak keaslian gambar sesungguhnya.

10. Kamu bisa menambahkan #hashtag akun terkenal atau #hashtag yang sering digunakan sama akun terkenal itu

Misalnya Kamu ingin foto Kamu dire-post oleh akun terkenal seperti @folkindonesia maka Kamu bisa cantumkan #folkindonesia. Bisa juga Kamu mencantumkan #wonderfulindonesia atau #pesonanindonesia agar foto kamu direpost oleh akun instagram kemenpar atau @indtravel.

Biasanya, setiap akun terkenal memiliki #hashtag sendiri dan berbeda-beda. Ini digunakan untuk mempermudah mereka mencari foto yang akan direpost. 

11. Mention akun terkenal biar mereka tahu tentang foto Kamu yang bagus

Kamu bisa mention kali aja direpostSumber

Selain itu Kamu juga bisa mention beberapa akun terkenal dalam postingan Kamu biar mereka tahu kalau foto yang Kamu post bagus dan layak untuk direpost. 

12. Masih kurang puas? Kamu bisa tag akun terkenal itu lho!

Coba di tag juga Sumber

Selain mention Kamu juga bisa tag akun terkenal itu lho. Biar mereka tahu aja sih kalau foto Kamu layak untuk direpost sama mereka.

***

13 tips dan trik di atas bisa Kamu terapkan dan Kamu pelajari lebih dalam lho gais. Kamu juga bisa mengembangkan tips ini agar foto Kamu tampak lebih kece dan di-repost oleh instagram ternama. Kalau belum direpost juga, maaf mungkin Kamu belum beruntung. Coba lagi ya!

Baca juga tips menarik lainnya dari phinemo.com!

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Aplikasi Edit Foto Kekinian dan Tercanggih untuk Smartphone

Perbedaan Becak Indonesia Vs Becak di Berbagai Negara Asia Tenggara

Kumpulan Foto Jadul Tempat-tempat Wisata Populer di Indonesia

9 Villa Paling Instagramable di Bali

7 Rekomendasi Tempat Menyaksikan Sunrise di Sekitar Candi Borobudur

Pelajari Ini Biar Skill Fotografimu Naik Level: Tips Motret Saat Malam Hari

FALLBACK
The END