Bunga Sakura di Jepang Masuki Musim Mekar! Ini Dia Waktu Terbaik Untuk Menyaksikannya

Foto diambil dari sini

bunga-sakura

CC Flickr 2.0 Sammie

Bunga Sakura selalu menarik untuk dilihat. Tradisi hanami (menyaksikan sakura mekar) selalu diminati tak hanya oleh penduduk jepang namun juga wisatawan mancanegara. Mulai Maret hingga Mei merupakan musim sakura. Jika anda berminat ke Jepang, berikut adalah jadwal mekarnya sakura di berbagai tempat di Jepang:

Kota-Kota Besar

Tokyo

Jika Anda adalah menginginkan suasana romantis saat melihat sakura di Tokyo, menyewa kapal dan mengarungi Chidorigafuchi Moat adalah rekomendasi terbaik. Ketika diakhir musim, daun-daun yang gugur akan memenuhi kanal dan menciptakan keindahan tak tertandingi. Kanal ini memang merupakan salah satu dari lokasi hanami favorit di Tokyo. Namun jika ingin menyewa kapal, harap bersabar dengan antriannya yang cukup panjang.

Apabila Anda ingin tempat yang nyaman dan tidak terlalu ramai, Imperial Palace East Gardens bisa jadi pilihan. Taman ini berada di samping Imperial Palace, ditumbuhi oleh pepohonan sakura yang cantik. Taman ini hanya buka saat siang hari sehingga tidak terlalu ramai.

 

Kyoto

Di Kyoto ini, jika Anda ingin berpesta sembari melihat sakura, Taman Maruyama adalah pilihan terbaik. Terutama jika dikunjungi pada malam hari. Taman Maruyama berada di Distrik Higashiyama, tepatnya di dekat Kuil Yasaka. Di tengah-tengan Taman Maruyama terdapat shidarezakura berbentuk raksasa. Pilihan lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah Haradani-en, letaknya di dekat pinggiran utara Kyoto, di atas Kuil Kinkajuji. Namun perlu diperhatikan bahwa letaknya agak jauh dari tempat transportasi umum sehingga kebanyakan pengunjung akan menggunakan taksi untuk mencapai tempat tersebut.

 

Osaka

Di Osaka, mengunjuki Taman Kema Sakuranomiya adalah kewajiban. Ada lebih dari 5000 pohon sakura yang berbaris manis sepanjang Sungai Okawa. Panjang barisannya berkilo-kilometer, seolah tanpa habisnya. Pemandangan seperti tentunya akan membuat Anda merasa seperti berada di surga sakura. Deretan pepohonan ini dapat dinikmati dari trotoar namun jika Anda ingin menggelar tikar dan mengadakan piknik kecil-kecilan, terdapat tanah lapang yang memang disediakan untuk piknik.

Apabila anda menginginkan suasana yang lebih elegan, bisa pula melihat sakura di Osakajo, istana Osaka. Di sana terdapat taman yang disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati sakura sembari mengagumi bangunan kerajaan yang dibangun sejak periode 1583 tersebut.

 

Nagoya

Tempat terbaik melihat sakura di Nagoya adalah di Istana Nagoya yang megah dan menawan. Pilihan lainnya adalah The Shikinomichi yang berada di Sungai Yamazaki. The Shikinomichi masuk dalam 100 tempat melihat sakura terbaik di Jepang. Sepanjang sungainya dikelilingi oleh ratusan pohon ceri.

 

Fukuoka

Jika ingin melihat sakura di daerah Fukuoka, bisa mengunjungi Taman Nishi. Sama dengan Shikinomichi, Taman Nishi juga termasuk dalam 100 tempat terbaik melihat sakura. Ada lebih dari seratus sakura yang tumbuh lereng atau dataran tinggi yang ada di taman. Taman ini juga menyediakan tempat untuk berpiknik bagi pengunjung yang ingin melihat sakura.

 

Kyushyu, Shikoku, dan Chugoku

Kagoshima

Taman Yoshino bisa jadi pilihan untuk melihat sakura di daerah Kagoshima. Ada lebih dari 800 pohon sakura yang ditanam di sekitar taman. Tempat ini juga sangat cocok untuk berpesta. Jika ingin merasakan sensasi unik saat meihat sakura, bisa pula bertandang ke Taman Sakurajima Dinosaur, letaknya di dekat pelabuhan. Selain melihat sakura, Anda juga bisa melihat replika dinosaurus yang terpajang diantara rerimbunan merah mudanya sakura.

Kumamoto

Istana Kumamoto adalah tempat favorit untuk melihat sakura bagi warga Kumamoto. Namun Anda juga bisa menikmati suasana musim sakura di Taman Suizenji Koen yang berkarpet rumput hijau. Ada pula miniatur replika Gunung Fuji di tempat ini.

Hiroshima

Taman Hijiyama cocok didatangi untuk melihat sakura. Namun Kebun Shukkeien juga bisa jadi pilihan Anda.

Matsuyama

Tempat terbaik melihat sakura adalah Istana Matsuyama dan Taman Dogo. Di Taman Dogo sering ada pesta barbekyu saat hanami tiba, mungkin bisa jadi pertimbangan Anda pula.

Takamatsu

Tempat yang bisa anda datangi untuk melihat sakura saat berada di Takamatsu adalah Ritsurin Koen,cukup dengan 15 menit berjalan kaki dari Stasiun Kotoden Ritsurinkoen. Tempat ini tidak pernah tutup alias buka setiap hari. Tempat selanjutnya yang bisa didatangi adalah Pulau Megijima. Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu 20 menit dengan feri dari Pelabuhan Takamatsu.

 

Kansai

Nara

Taman Nara yang ditanami lebih dari 1700 sakura bisa dijadikan pilihan untuk melihat sakura di Nara. Atau bisa pula menyaksikan mekarnya bunga cantik ini di Istana Heijo yang lokasinya tak jauh dari Taman Nara.

Yoshino

Gunung Yoshino adalah tempat terbaik melihat sakura, tak hanya di daerah Nara, bahkan tempat terbaik di Jepang. Di sini Anda akan disguhkan 30.000 tumbuhan sakura. Sepanjang perjalanan menuju gunung juga disuguhi oleh pemandangan yang indah dari kota yang tertata apik ini.

Kanto dan Chubu

Yokohama

Taman Mitsuike dapat menjadi pilihan, selain karena transportasi ke sana cukup mudah (Anda hanya perlu naik bus nomor 104 dari Shin-Yokohama atau Stasiun Tsurumi). Tiket masuk ke taman ini pun gratis. Selain itu taman ini juga masuk dalam 100 tempat terbaik melihat sakura, yang hanya ada di pusat Yokohama. Di sini juga terdapat tiga buah kolam yang dikeliling oleh pepohan sakura.

Kanazawa

Istana Kanazawa sering menjadi pilihan ornag-orang untuk menikmati sakura. Tiket masuknya gratis nemaun untuk masuk ke Gojukken Nagaya Storehouse harus mengeluarkan biaya. Di tempat ini terdapat lapangan yang luas sebagai tempat piknik sembari menikmati sakura.

 

Takayama

Jembatan Nakabashi adalah tempat yang paling terkenal di Takayama sebab sering diselenggarakan festival di tempat ini. Namun ketika musim semi tiba, tempat ini menjadi menjadi pilihan favorit untuk memotret sakura. Letaknya cukup strategis, yakni hanya 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Takayama. Tak jauh dari sana juga terdapat Sungai Enokagawa yang banyak ditanami sakura.

bunga-sakura-2

Foto diambil dari sini

Matsumoto

Anda bisa pergi ke Taman Koboyama jika berada di Matsumoto. Taman ini sebenarnya terbentuk dari bukit yang unik, yang merupakan makam kuno. Ditutupi oleh lebih dari 2000 pohon sakura membuatnya layak masuk dalam daftar destinasi menyaksikan sakura. Jaraknya 15 menit dari Stasiun Matsumoto menggunakan bus.

 

Tohoku dan Hokkaido

Fukushima

Tempat melihat sakura terbaik di Fukushima adalah di Taman Hanamiyama dan Taman Shinobuyama

Sendai

Tempat terbaik melihat sakura di Sendai adalah di Taman Mikamine dan Taman Tsutsujigaoka.

Kitakami

Jika anda berada di Kitamai, maka tempat terbaik melihat sakura di Kitakami adalah di Tenshochi Park.

Kakunodate

Menyaksikan sakura di Kakunodate berarti anda harus berkunjung ke sepanjang Sungai Hinokinai. Selain bisa menikamti sakura, sungai yang jernih akan membuat hati tentram.

Hirosaki

Berada di Hirosaki saat musim sakura maka Anda harus ke Isatana Hirosaki. Anda bisa berfoto di jembatan merah depan istana yang dikelilingi oleh sakura.

Hakodate

Di Hakodate, Fort Goryokaku yang berbentuk bintang dengan gaya barat adalah tempat yang bagus untuk melihat sakura. Di bangun pada Jaman Edo. Dulunya dibangun untuk kepentingan militer sebelum akhirnya diubah menjadi taman umum.

Sapporo

Taman Maruyama dan Kuil Hokkaido adalah taman yang berdekatan. Letaknya dekat dengan Stasiun Maruyama Koen dan hanya memerlukan waktu 5 menit berjalan kaki untuk sampai di sana. Sepanjang menuju kuil banyak ditanami sakura sementara di area taman disediakan tempat untuk berpiknik di bawah sakura.

Jika anda ingin ke Jepang untuk hanami, segera siapkan tiket keberangkatan sekarang juga. Jangan sampai ketinggalan menyaksikan sakura mekar di saat-saat terbaiknya .

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Sophie Maya

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran