Bukit Sitalmak-Talmak, Tempat Wisata Baru untuk Nikmati Keindahan Danau Toba

Ingin melihat Danau Toba yang legendaris dari sisi yang berbeda? Bukit Sitalmak-Talmak bisa menjadi pilihan Anda untuk mewujudkannya.

Ditulis Oleh Astrid S

Keindahan Danau Toba yang bisa Anda nikmati dari atas Bukit Sitalmak-Talmak. (Foto: journalnews.co.id)

Danau Toba tak lagi asing bagi para pelancong yang berkunjung ke Sumatera Utara. Selain karena pembentukannya yang berasal dari erupsi gunung berapi, pemandangan alam yang disajikan membuatnya jadi primadona wisata Sumatera Utara.

Saat ini, terdapat satu spot baru yang bisa menjadi pilihan Anda untuk melihat Danau Toba dari ketinggian, yaitu Bukit Sitalmak-Talmak.

Baca Juga: Pantai Batu Hoda Samosir, Wisata Baru Danau Toba yang Harus Anda Tuju

Bukit indah Sitalmak-Talmak Sitohang atau biasa dikenal dengan sebutan Bukit Sitalmak-Talmak terletak di Desa Sitohang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Dari sini, Anda melihat keindahan Danau Toba dan menikmati keindahan bunga yang terbentang di sisi-sisi bukit.

Awalnya bukit ini merupakan lahan yang tandus dan ditumbuhi oleh tanaman yang tidak produktif. Walaupun tempat ini baru direvitalisasi pada Desember 2017, sudah banyak wisatawan yang tertarik untuk menghabiskan akhir pekan di sini.

Bukit Sitalmak-Talmak Samosir

Jalan yang landai merupakan tantangan untuk bisa mencicipi indahnya Bukit Sitalmak-Talmak. (Foto: ilovesamosirisland.blogspot.com)

Untuk bisa sampai ke puncak bukit, Anda perlu menghadapi medan yang cukup sulit. Jalan yang menanjak dan menikung akan Anda temui di sepanjang perjalanan. Namun tak perlu khawatir, keindahan alam yang dilewati bisa menjadi bayaran yang cukup pantas dari lelahnya mendaki.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat tradisionalitas masyarakat Desa Sitohang yang unik sebelum mendaki bukit setinggi 150 meter di atas permukaan Danau Toba.

Sesampainya di puncak bukit, rasa lelah Anda akan terbayar. Keelokan Danau Toba dari sisi yang berbeda dan pemandangan hutan di sekitarnya akan memanjakan mata Anda. Bahkan, Anda juga bisa melihat 7 (tujuh) kabupaten di sekitar Danau Toba dari atas bukit ini.

Baca Juga:¬†Aplikasi “Touch Samosir” Siap Membawamu Menyambangi Negeri Indah Kepingan Surga

Bukit Sitalmak-Talmak Samosir

Bukit Sitalmak-Talmak juga menyediakan spot berfoto untuk para pengunjung. (Foto: medan.tribunnews.com)

Dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000,00, Anda bisa mendapatkan fasilitas untuk menikmati keindahan bukit ini, mulai dari rumah pohon, gazebo, tempat parkir, kamar mandi, hingga berbagai spot berfoto. Anda pun juga bisa berkemah di area bukit untuk melihat taburan bintang di malam hari.

Destinasi wisata baru di Sumatera Utara ini begitu disakralkan penduduk sekitar. Sebab, bukit Sitalmak-Talmak ini biasa digunakan untuk melakukan ritual nyepi atau menyediri. Maka, pengunjung lawan jenis dilarang untuk tidur dalam satu tenda guna menghindari perzinahan.

Selain itu, Anda juga diharapkan menjaga kebersihan dan keteriban di atas bukit sebagai bentuk rasa hormat kepada leluhur. Tertarik untuk mendaki Bukit Sitalmak-Talmak akhir pekan ini? Anda hanya perlu menempuh waktu empat hingga lima jam untuk datang ke sini dari kota Medan.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang MEDAN, tulisan lain Astrid S

Kontes foto, video pendek, dan desain logo BTNGMb berhadiah total puluhan juta rupiah. Ikuti sekarang

Tag : , ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post