facebook pixel

Jalan Sendiri atau Menggunakan Biro Perjalanan?

Saat ingin wisata atau bepergian, kita kerap dihadapkan oleh 2 pilihan; menjadi pejalan mandiri atau ikut tur yang diadakan oleh biro perjalanan.


Saat ingin wisata atau bepergian, kita kerap dihadapkan oleh 2 pilihan; menjadi pejalan mandiri atau ikut tur yang diadakan oleh biro perjalanan.

Dua pilihan tersebut ada untung ruginya masing-masing. Di antara ke dua pilihan ini, supaya tidak bingung sebaiknya simak perbedaannya agar kalian setidaknya bisa membayangkan mana yang akan dipakai sebagai pilihan.

 

Harga

biro-perjalanan-3

Foto oleh Maynard Caryabudi

Biro perjalanan: Harga ikut tur pasti lebih mahal
Jalan sendiri: Harga kemungkinan besar lebih murah jika kita bisa berhemat.

 

Waktu

Biro perjalanan: Tanggal pergi sudah ditetapkan oleh tour sehingga kita harus memilih diantara beberapa pilihan tanggal yang ada. Tetapi biasanya tanggal yang tersedia hanya saat high season seperti libur sekolah, natal dan tahun baru atau hari-hari libur nasional lainnya.

Jalan sendiri: Tanggal fleksibel terserah kapan kita mau pergi, biasanya dengan pergi saat low season harga justru menjadi murah.

 

Tujuan Wisata

biro-perjalanan-2

Foto oleh Maynard Caryabudi

Biro Perjalanan: Tujuan wisata sudah ditentukan oleh tur yang bersangkutan, sehingga kita hanya bisa memilih ke negara mana, berapa lama dan obyek wisata apa yang ada.

Jalan Sendiri: Tujuan wisata terserah kita mau kemana sehingga kadang kala ada beberapa destinasi wisata yang tidak lasim dikunjungipun bisa kita datangi. Misal dengan menggunakan lokal bus,  menyewa motor atau mobil.

 

Perencanaan

Biro Perjalanan: Kita hanya perlu membaca apa yang tertulis di brosur tour yang ada. Seperti rute hari pertama kemana dan seterusnya, bila setuju tinggal bayar dan tunggu hari H-nya saja tanpa perlu mikir.

Jalan sendiri: Kita harus memikirkan rute terbaik, naik apa dan bagaimana bisa sampai ke sana. Cari tiket murah sendiri, cari hotel sendiri, apa-apa saja tempat yang akan dituju dan bagaimana mencapai tempat tersebut. Semua harus dilakukan sendiri dan memakan waktu untuk  googling.

 

Fasilitas

biro-perjalanan-1

Foto oleh Maynard Caryabudi

Biro Perjalanan: Biasanya fasilitas tur cukup mewah seperti hotel minimal bintang 3 dengan paket breakfast. Untuk pesawat terbang biasanya memakai full service dengan perjalanan daratnya bus pariwisata. Fasilitas makan di restaurant dengan menu berlimpah.

Jalan sendiri: Terserah kita mau naik apa, pesawat terbang low cost atau full service. Perjalanan daratnya suka-suka kita mau naik taxi atau MRT bila ada, bus, ojek, sewa mobil  dan lain-lain. Untuk makan pun terserah sesuai selera kita.

 

Kesimpulan

Kesimpulan positif dengan biro perjalanan: Bagi yang tidak punya waktu untuk mencari-cari segala sesuatuyang berhubungan dengan perjalanan tour ini sangat membantu karena kita tinggal pilih tujuan, tanggal cocok, bayar. Pada hari H kita tinggal duduk dan sampai. Bisa menikmati setiap destinasi tanpa perlu mikir lagi. Semua sudah diatur oleh tour tersebut.

Kesimpulan negatif dengan biro perjalanan: Biaya pasti cukup mahal, biasanya selain ke destinasi wisata kita juga cukup sering dimampirkan ke tempat oleh-oleh yang bisa jadi harganya juga cukup mahal. Kita tidak bisa memilih teman seperjalanan bila ternyata teman segrup ada yang kurang cocok.

Kesimpulan positif jalan sendiri: Biaya pasti lebih murah karena semua bujet kita yang tentukan mau naik apa mau makan apa mau pergi ke tempat apa saja. Ada teman perjalanan atau tidak tetap bisa berangkat.

Kesimpulan negatif jalan sendiri: Butuh waktu untuk mencari tiket pesawat murah, mencari berbagai info bagaimana menuju ke tempat wisata tersebut.  Tidak ada yang memimpin semua harus dicari sendiri dan dilakukan sendiri.

***

Saya sendiri pernah mengalami ke dua pilihan diatas, tapi setelah mempunyai pengalaman bepergian dengan jalan sendiri rasanya kok jauh lebih bisa menikmati jalan sendiri tanpa tour karena di setiap perjalanan pasti ada satu dua lokasi yang saya ingin datangi tetapi bisa dibilang tidak ada tour yang menuju ke sana.

Jadi mau jalan sendiri atau menggunakan biro perjalanan? Semua kembali pada Anda, lebih butuh yang mana.

 

Baca juga:

banner experience