Bacem Kepala Kambing H.Sukirman, Kuliner Nyeleneh Jogja Wajib Dicoba

Anda bisa memesan bagian otak, bagian kepala yang ingin Anda inginkan. (Instagram/dhaneeeeee)

Selama ini banyak orang hanya mengenal olahan daging kambing berupa sate, gulai, tongseng dan tengkleng. Tetapi di Sleman, Yogyakarta Anda bisa menemui olahan kambing yang tak biasa. Di sini daging kambingnya diolah dengan cara di-bacem.

Kedai yang dinami Bacem Kepala Kambing H Sukirman ini merupakan satu-satunya kedai yang menyajikan olahan kambing dengan cara dibacem. Seperti namanya, menu kepala kambing bacem adalah yang paling laris di sini.

 Bacem Kepala Kambing h sukirman

Ini bagian bacem kepala kambing saat sudah dipotong-potong. (Instagram/fxkristantoutomo)

Baca juga: Ais Kepal, Kuliner Kekinian yang Harus Dicoba di Tengah Panasnya Jogja

Bacem sendiri merupakan jenis masakan khas Yogyakarta yang memiliki cita rasa manis. Umumnya bahan yang diolah menjadi bacem adalah tahu ataupu tempe. Tetapi sejak tahun 1967 warung makan Bacem Kepala Kambing H Sukirman ini telah menyajikan olahan bacem kambing. Sang pemilik kedai mengaku mendapatkan resep dari kakeknya.

“Sejak awal memang Simbah berjualan di daerah Babadan Baru yang dikenal sebagai sentra masakan daging kambing. Kemudian usaha ini diteruskan bapak yang bernama H. Sukirman, dan saat ini saya meneruskan,” ujar Siti Wahyuni, sang pemilik kedai.

 Bacem Kepala Kambing h sukirman

Anda bisa memesan bagian otak, bagian kepala yang ingin Anda inginkan. (Instagram/dhaneeeeee)

Kepala kambing dibumbui dengan bumbu bacem, cita rasanya manis gurih

Bumbu yang digunakan pada hidangan kepala kambing bacem ini sama dengan hidangan bacem biasanya. Bawang merah, ketumbar, salam laos, garam, gula jawa, dan asam dihaluskan dan dimasak dengan kepala kambing.

Sebelum dimasak, kepala kambing biasanya dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan bulu halusnya yang masih menempel di kulit kepala. Baru setelah dibersihkan, kepala kambung baru dibacem dengan bumbu halus tersebut.

 Bacem Kepala Kambing h sukirman

Rasanya jangan ditanya, gurih, manis seperti bacem biasanya. (Instagram/dhaneeeeee)

Untuk menghasilkan kepala kambing yang empuk diperlukan waktu memasak hingga 3 jam. Kepala kambing baru dipotong-potong, hanya jika ada pengunjung yang memesannya. Kepala kambing akan dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan sepiring nasi dan sambal yang sekilas berwarna cokelat.

Baca juga: Istimewanya Penyetan Mas Kobis, Surga Tersembunyi Kuliner Jogja

Meskipun bacem termasuk kuliner manis, namun Anda bisa merasakan cita rasa pedas saat mencicipi kuliner ini. Ada tambahan ulekan cabai rawit pedas dalam hidangan bacem kambing.

Pengunjung di warung makan ini bisa memesan beberapa bagian kepala kambing seperti otak, cingur, lidah, maupun mata kambing.

Satu porsi bacem kepala kambing ini dibanderol seharga Rp25.000,-. Anda bisa langsung ke Jalan Kaliurang km. 7, gang Kenanga nomor 7, Desa Babadan Baru atau belakang Pasar Kolombo.

Dapatkan ulasan menarik tentang Kuliner Jogja dan tulisan Lain dari Wike Sulistiarmi

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar