facebook pixel

Alasan Mengapa Harga Tiket Pesawat Tujuan Dalam Negeri Sangat Mahal

Pernah nggak kamu merasa sedikit aneh dengan harga tiket domestik yang harganya melebihi harga tiket pesawat ke luar negeri?


Bagi para traveler yang menggunakan moda transportasi pesawat terbang ketika traveling pasti nggak asing dengan harga-harga tiket pesawat. Dari sekian harga yang ditawarkan oleh berbagai maskapai, kamu tentu akan melihat banyak perbedaan harga tiket di tujuan yang sama.

Tapi, pernah nggak kamu merasa sedikit aneh dengan harga tiket domestik yang harganya melebihi harga tiket pesawat ke luar negeri? Misalnya tiket pesawat dari Jakarta-Jayapura yang lebih mahal daripada tiket pesawat Jakarta-Seoul.

Perhatikan harga tiket di Traveloka.com tujuan Jakarta-Jayapura yang membanderol harga hingga Rp 4 juta,

harga tiket pesawat

Foto dari screenshoot Traveloka.com

Bandingkan harga tiket Jakarta-Seoul, Korea Selatan ini yang hanya membanderol harga Rp 2 Juta,

harga tiket pesawat

Foto dari screenshoot Traveloka.com

Mengapa harga tiket pesawat tujuan luar negeri lebih murah?

Pernah nggak kamu mendengar istilah open sky? Saat ini Indonesia telah menandatangani perjanjian open sky ASEAN. Perjanjian ini berdampak pada penerbangan di Indonesia, di mana negara-negara ASEAN bisa menerbangkan maskapainya di langit Indonesia.

Hal ini berakibat pada persaingan harga yang ketat antar maskapai, sehingga harga tiket ke luar negeri sangatlah murah.

Tapi, mengapa terbang ke tempat-tempat terpencil di Indonesia masih mahal?

Perjanjian open sky ASEAN ini hanya mengikat di 5 bandara di Indonesia, yaitu  Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kuala Namu Medan, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan Bandara Hasanuddin Sulawesi Selatan. Jadi, selain di 5 bandara ini, maskapai negara-negara ASEAN tidak bisa seenaknya transit.

Persaingan maskapai yang tidak terlalu banyak, mengakibatkan harga tiket pesawat ke Jayapura dan tujuan selain 5 bandara tersebut sangat mahal. Selain itu, kapasitas pesawat untuk menampung penumpang juga berpengaruh terhadap biaya penerbangan.

***

Jadi, jangan heran kalau traveling ke Raja Ampat harga tiket pesawatnya lebih mahal daripada ke Jepang atau ke Korea.

banner experience