Sidebar

Air Terjun Cunca Wulang, Destinasi Wisata Antimainstream di Labuan Bajo

Pulau Flores juga punya destinasi bagus selain Labuan Bajo, yaitu Air Terjun Cunca Wulang dengan bebatuan yang menjulang tinggi dan air biru yang segar.

SHARE :

Ditulis Oleh: Astrid S

Pulau Flores tidak hanya memiliki Labuan Bajo yang terkenal untuk melihat keindahan pantai yang berwarna biru. Di suatu tempat di Desa Wersawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Anda bisa menemukan sebuah air terjun indah. Destinasi ini dikenal dengan nama Air Terjun Cunca Wulang. Derasnya air yang berwarna biru tosca akan memanjakan mata Anda ketika sampai ke tempat ini.

Baca Juga: Pulau Komodo Masuk 10 Destinasi Terbaik Asia 2018 Versi Lonely Planet

Dalam bahasa Indonesia, “cunca wulang” memiliki arti “air terjun dan bulan”, Cunca Wulang berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut sehingga jangan heran jika udara di tempat ini sangat sejuk. Sekilas, Anda akan merasa di Grand Canyon saat berada di tempat ini karena adanya ngarai, atau aliran sungai yang berada di antara tebing berbatuan besar. Selain itu, air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan.

Air Terjun Cunca Wulang tak hanya menyegarkan, tapi juga unik. (Foto: tjuputography)

Lokasi Air Terjun Cunca Wulang

Tempat wisata ini terletak kurang lebih 30 kilometer dari Labuan Bajo. Untuk mencapai air terjun ini, Anda perlu menghabiskan kurang lebih 1 jam melintasi keindahan Pulau Flores yang tak terkira. Namun, pengunjung juga harus berhati-hati karena jalan yang ditempuh cukup berliku dan dilalui oleh kendaraan besar.

Perjalanan Anda belum selesai sampai situ. Setelah mencapai perkampungan, Anda perlu berjalan kurang lebih 4 kilometer lagi untuk bisa mencapai permata biru tersembunyi Pulau Flores tersebut. Walau begitu, Anda wajib menyewa seorang pemandu perjalanan lokal untuk menembus hutan yang cukup lebat. Pemandu tersebut nantinya juga akan menceritakan tentang kebudayaan masyarakat sekitar yang masih menanam cokelat dan vanilla sembari berjalan.

Siapa yang mau meloncat dari atas batu? (Foto: kompas)

Setelah melewati perjalanan yang cukup melelahkan, perjuangan Anda akan terbayarkan dengan merasakan air segar di sekujur tubuh. Berenang maupun meloncati batu-batu yang dialiri air berwarna biru tosca yang menyejukkan hati. Jangan lupa untuk mencoba meloncat di atas batu setinggi 4 meter dan rasakan kesegaran di wajah Anda.

Baca Juga: Cumi-Cumi Cottage, Penginapan di Labuan Bajo untuk Lengkapi Petualangan Seru Anda

Bila Anda ingin melihat debit air terjun yang deras, datanglah ke Cunca Wulang pada saat musim hujan. Namun warna air tidak akan terlalu tosca karena air hujan cenderung keruh. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan bekal yang cukup sebelum berangkat karena tidak terlalu banyak tempat yang menjual makanan di sini. Jadi, siap untuk menyelami indahnya oase Pulau Flores ini?

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wisata ke Pulau Komodo Kembali Dibuka, Begini Cara Pendaftarannya

Pantai Oetune Kupang, Eksotisme Gurun Pasir Satu-satunya di Nusantara

Pulau Komodo NTT Ekslusif, Sekarang Hanya untuk Orang Kaya Saja!

5 Film Petualangan Terbaik yang Akan Menginspirasi Menjelajah Indonesia

7 Desa Adat di Indonesia yang Telah Mendunia, Bukti Keragaman Bangsa!

5 Tempat Wisata di Indonesia yang Rusak Setelah Viral di Media Sosial

FALLBACK
The END