Mencicipi Nasi Boran Lamongan, Kuliner Unik dalam Sebakul ¨Boran¨

Sedang liburan di Lamongan? Jangan cuma mencicipi sotonya saja, tapi cicipi juga kuliner unik bernama Nasi Boran Lamongan. Dipincuk dengan daun jati, cita rasa pedas gurih nasi ini pasti akan membuat ketagihan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Indonesia memang punya segudang kuliner khas nan unik dengan beragam rasa dan bentuknya. Kalau di Jogja dikenal dengan nasi gudegnya, Sunda dengan nasi liwetnya, kini ada juga nasi boran dari Lamongan. Nasi boran Lamongan ini bisa jadi rekomendasi kudapan yang wajib dicicipi jika sedang berlibur di Kota Soto tersebut.

Sepincuk nasi boran Lamongan. Sumber

Nasi boran Lamongan dikenal juga dengan nama sego boranan atau sego boran. Tak sulit menemukannya, karena saat sore menjalang malam pedagang nasi boran ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan pantura Lamongan – Surabaya. Meski hanya berupa pedagang kaki lima, namun cita rasa sego boranan ini sangat lezat dan juga ramah di kantong.

Baca juga: 7 Kuliner Kikil di Surabaya Paling Terkenal

Mengapa diberi nama nasi boran? Sebetulnya nama ini berasal dari istilah boran yang mengacu pada sejenis wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Alat dari anyaman bambu inilah yang digunakan oleh penjual (ibu-ibu) untuk membawa dagangannya. Akhirnya sampai sekarang kudapan ini dinamakan nasi atau sego boranan.

Dalam satu porsi nasi boran Lamongan terdapat berbagai macam menu. Di antaranya nasi hangat, urap, kuah kare kental, gimbal lentho dan rempeyek. Cara penyajiannya unik karena tidak menggunakan piring, namun menggunakan pincuk dari daun jati. Untuk menu tambahannya, bisa juga memilih aneka lauk seperti perkedel, sate puyuh, sate usus, dadar, ayam goreng, bandeng dan yang paling khas adalah ikan Sili.

Penjual nasi boran Lamongan. Sumber

Baca juga: 7 Kuliner Purwakarta yang Rasanya Gurih, Manis, dan Nagih

Meski dijuluki nasi boran, namun sebetulnya yang menjadi menu utama bukanlah nasinya, melainkan tiga unsur lain yaitu urap, kuah kare dan gimbal lentho. Yang paling wajib ada dalam satu porsi nasi boran Lamongan adalah urap. Urap ini biasanya terdiri atas berbagai jenis sayuran, tapi yang paling sering digunakan adalah taoge dan daun singkong. Sedangkan kuah karenya hampir mirip dengan bumbu Bali, kental dan rasanya pedas.

Jika kebetulan sedang berada di Lamongan dan penasaran ingin mencicipi nasi boran ini, wisatawan bisa datang ke sekitar alun-alun Lamongan, Kawasan Jalan Basuki Rahmat, wilayah Made Lamongan Kota, atau bisa juga ke area dekat Plaza Lamongan.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU