9 Tempat Kumuh Indonesia yang Kini Jadi Indah Memesona

Inilah tempat kumuh Indonesia yang kini sudah berubah menjadi cantik. Berikut ini adalah tempat-tempat tersebut.

Ditulis Oleh Wike

Foto/PORTALSATU.com

Sekarang ini masalah lingkungan dan tempat kumuh Indonesia mendapatkan banyak perhatian. Banyak di antaranya yang kini disulap menjadi destinasi kekinian kampung warna agar masyarakatnya lebih memperhatikan lingkungan.

Uniknya, beberapa kampung warna yang awalnya masuk dalam kategori tempat kumuh Indonesia kini telah mendunia. Salah satunya adalah Kampung Pelangi Semarang yang pernah masuk dalam media Internasional dan memukau para pembacanya.

Baca juga: Kampung Warna Semarang gempatkan media Internasional

Tak hanya Kampung Pelangi Semarang, berikut ini adalah deretan kampung instagenik yang awalnya hanyalah tempat kumuh Indonesia:

1. Kampung Warna Warni Katulampa, Bogor

tempat kumuh indonesia

Foto dari Instagram @ekyyymasen

Kampung ini dulunya cukup kumuh. Hingga kemudian sekelompok warga dan golongan muda mempunyai inisiatif untuk mengubah kampung menjadi lebih cantik dan bersih. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat kampung warna-warni.

Kini kampung terlihat sangat mencolok dan sering menjadi lokasi berfoto wisatawan sekitar.

2. Kampung Pelangi Jodipan, Malang

Udah nggak ada kesan kumuh sekarang. Sumber Foto

Salah satu desa warna yang hits banget yaitu Desa Jodipan, Malang. Di desa wisata ini terdapat puluhan rumah yang dicat warna warni. Menariknya, dulunya perkampungan ini adalah perkampungan kumuh. Kondisinya sekarang beda 180 derajat, Anda bisa foto-foto cantik di sini.

Baca juga: Cerita di balik pembangunan Kampung Jodipan yang dulunya kumuh

3. Kampung Cibunut, Bandung

tempat kumuh indonesia

Foto/@achalycius_fatmawati

Ini merupakan kampung padat penduduk yang dulu kumuh. Mengurangi imej kumuh, di tempat sempit dan padat penduduk ini dihiasi dengan pagar dan tembok yang berwarna-warni.

Banyak mural cantik menghiasi kampung ini.

4. Kampung Warna Code, Yogyakarta

tempat kumuh indonesia

Foto @suryojdb

Terlihat Kampung Code ini memang kawasan ayng padat penduduk. Dulu selain padat penduduk, kampung ini juga sangat kumuh.

Kampung yang berada di Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta ini kini cantik meskipun beberapa cat warna di kampung ini sudah mulai menghilang.

5. Kampung Pelangi Sindulang, Manado

tempat kumuh indonesia

Foto/merdeka

Tren kampung warna tak hanya ada di pulau Jawa, di Manado pun ada. Lokasinya ada di Kelurahan Sindulan. Kampung ini awalnya adalah tempat kumuh, kini berubah drastis setelah tindakan serius pemerintah setempat.

6. Kampung Teluk Seribu, Balikpapan

tempat kumuh indonesia

Foto @kaltimpost_foto

Mampir di kempung ini maka Anda akan disambut dengan lukisan tiga dimensi di gang dan jalanan kampung. Bukan hanya itu saja, rumah-rumah pun dicat warna-warni. Kontras dengan kondisi masa lalunya yang kurang terawat dan banyak yang bilang kumuh.

7. Kalilo, Banyuwagi

Pemandangan buruk di sekitar sungai kini tak ada lagi. Kali Lo di Banyuwangi kini disulap menjadi kawasan yang enak dipandang dengan aneka warna yang lucu.

8. Kampung Pelangi Sabang, Aceh

tempat kumuh indonesia

Foto/PORTALSATU.com

Kampung ini terlihat lebih rapi, lebih cantik karena hutannya lebih rimbun dan jauh dari perairan. Dulunya Kampung ini kumuh. Lokasiya terletak berdekatan dengan pantai dan berbatasan dengan teluk Sabang.

Baca juga: Potret Kampung Biru Arema, Wisata Baru Kebanggaan Malang

9. Kampung Rawa Bambu, Bekasi

tempat kumuh indonesia

Foto/Megapolitan kompas

Dilansir dari Brilio, ini adalah tempat yang cukup kumuh. Berkat program pemerintah, tembok-tembok dan gang-gang yang dulu kumuh dicat menggunakan warna cerah dan tulisan-tulisan yang epik.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang KAMPUNG WARNA, tulisan lain Wike

Tag : ,



Berikan Komentar di Bawah

Airy Rooms
Next Post