7 Wisata Gratis Jogja yang Cocok Dikunjungi Saat Tanggal Tua

Destinasi wisata gratis di Jogja yang paling cocok dikunjungi saat tanggal tua (Instagram/aankhosihan).

Yogyakarta atau lebih akrab dikenal Jogja merupakan ibukota dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi sebagian besar wisatawan, Jogja menjadi destinasi impian karena memiliki begitu banyak potensi pariwisata yang sayang untuk dilewatkan. Mengunjungi destinasi wisata di Jogja tidak selalu harus merogoh kocek dalam-dalam, terdapat beberapa destinasi wisata yang bahkan gratis untuk semua pengunjung. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Jalan Malioboro

(Phinemo/Sekar Suwardani)

Jalan Malioboro merupakan satu dari tiga jalan utama di Kota Jogja yang membentang dari Tugu Jogja hingga Kantor Pos Yogyakarta. Banyak berjejer pedagang kaki lima di Jalan Malioboro yang menjajakan berbagai buah tangan khas Jogja seperti kaos, batik, jajanan tradisional, dan souvenir unik lainnya.

2. Tugu Jogja

(Instagram/deyr1n)

Tugu Jogja atau juga dikenal Tugu Pal Putih berlokasi tidak jauh dari kawasan Jalan Malioboro dan Stasiun Tugu Yogyakarta, tepatnya di Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta. Dahulu Tugu Jogja digunakan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai patokan arah menghadap puncak Gunung Merapi.

3. Titik Nol Jogja

(Instagram/yogyaofficial)

Titik Nol Jogja berlokasi di Jalan Pangurakan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sore atau malam yang artsy di Kota Pelajar, Jogja. Berbagai fasilitas telah ditingkatkan untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti diantaranya tempat duduk, halte bus, dan marka jalan. Pertunjukan seni jalanan terkadang juga turut meramaikan malam di Titik Nol Jogja.

4. Alun-Alun Kidul Jogja

(Instagram/yosuarilando)

Alun-Alun Kidul dapat menjadi alternatif hiburan malam yang murah meriah di Yogyakarta. Berbagai aktivitas seru dapat dilakukan di tempat ini, seperti diantaranya wisata kuliner, bermain mobil kayuh, hingga mencoba rtitual mistis masangin dengan melewati dua pohon beringin kembar yang angker.

5. Studio Gamplong

(Instagram/aankhosihan)

Studio Gamplong dibangun oleh Hanung Bramantyo untuk keperluan syuting yang berlokasi di Studio Alam Desa Wisata Gamplong, Jalan Gamplong Nomor 1. Studio Gamplong pernah menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia dan Sultan Agung: The Untold Story. Menempati luas lahan 2 Ha, Studio Gamplong terdiri atas bangunan semi permanen seperti gerbang, keraton, dan benteng.

6. Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta

(Instagram/syaifullah9597)

Museum Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung merupakan salan satu kediaman resmi bagi Presiden RI di Yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Gondomanan. Beragam koleksi seperti foto lukisan, guci, hingga cinderamata bersejarah dapat dinikmati di Museum Istanan Kepresidenan Yogyakarta.

7. Museum Wayang Beber Yogyakarta

(Instagram/museumwayangbebersekartaji)

Museum Wayang Beber Yogyakarta berlokasi di Gang Pancasila, Kanutan, Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Bantul. Museum ini menjadi museum pertama yang menampilan berbagai koleksi wayang beber di Jogja. Wayang Beber dibuat dengan cara dilukis di atas media kertas daluang atau kanvas yang selanjutnya dipentaskan.

Ingin mengadakan perjalanan wisata tapi malas repot ngurus ini itu? Tak perlu khawatir, Phinemo Marketplace hadir menyelasaikan permasalahan anda. Ratusan paket wisata dalam dan luar negeri dari tour opertaor terpercaya di Indonesia telah terdaftar di halaman Phinemo Marketplace. Tunggu apalagi, cek selengkapnya di >> Paket Wisata Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang Yogyakarta dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar