7 Masjid Bersejarah di Indonesia yang Menjadi Saksi Penyebaran Agama Islam di Nusantara

Masjid bersejarah yang ada di Indonesia (Instagram/@exploreserang).

Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-11 dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, India. Karakteristik Islam yang sangat toleran dan ramah membuatnya mudah diterima dan berkembang pesat bagaikan jamur di musim hujan. Salah satu bukti yang menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di nusantara adalah berdirinya masjid-masjid kuno.

Momen bulan suci Ramadhan seperti sekarang ini menarik kiranya jika membahas seputar masjid-masjid bersejarah di Indonesia. Beberapa masjid ini memiliki arsitektur unik, namun tetap tampak megah dan indah. Berikut adalah tujuh masjid bersejarah di Indonesia.

1. Masjid Mantingan

(Instagram/@javanology)

Masjid Mantingan dibangun sejak berdirinya Kesultanan Demak di tanah jawa. Berlokasi di desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, masjid Mantingan memiliki arsitektur yang unik karena menyerupai klenteng atau bangunan khas tiongkok lainnya. Masjid ini menjadi saksi penyebaran Islam di Kabupaten Jepara, tepatnya di Kecamatan Tahunan yang kala itu dihuni oleh etnis China.

2. Masjid Agung Banten

(Instagram/@exploreserang)

Masjid Agung Banten dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552. Arsitekturnya cukup unik karena memiliki atap bertumpuk lima yang hampir mirip dengan pagoda China. Terdapat satu menara besar yang menjulang tinggi untuk mengumandangkan adzan pada zaman dahulu. Masjid Agung Banten berada di kawasan masjid tertua di Desa Banten Lama, 10 kilometer sebelah utara Kota Serang.

3. Masjid Suriansyah

(Instagram/@nuriawanhosid)

masjid Suriansyah dibangun oleh Raja Banjar pertama pada tahun 1526 di Kalimantan Selatan. Dihiasi oleh warna hijau, Masjid Suriansyah memiliki arsitektur tradisional bergaya khas Banjar. Masjid Suriansyah berlokasi di sebelah utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin.

4. Masjid Agung Demak

(Instagram/@makbar_r)

Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid bersejarah dan menjadi yang paling populer di Indonesia. Berlokasi di Kabupaten Demak, berada tepat di depan alun-alun dan pusat keramaian Demak. masjid Agung demak dibangun atas inisiasi dari Sultan pertama Kerajaan Demak, Raden Patah. Konon Masjid Agung demak merupakan tempat berkumpulnya walisongo, ulama yang menyebarkan agama Islam di jawa.

5. Masjid Wapauwe

(Instagram/@rhabyen)

Masjid Wapauwe terletak di Maluku yang berdiri sejak tahun 1414 dan menjadi tonggak penyebaran Agama Islam. Masjid Wapauwe awalnya bernama Masjid Wawane karena dibangun di bawah Gunung Wawane oleh Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha.

6. Masjid Menara Kudus

(Instagram/@mbahoerip)

Masjid Menara Kudus terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Keunikan Masjid Menara Kudus terletak pada bangunan menaranya yang menyerupai candi khas Hindu. Konon menara ini dibangun agar umat muslim di Kudus yang mualaf dari agama Hindu tidak mengalami culture shock saat memasuki kawasan masjid.

7. Masjid Ampel

(DMI)

Masjid Ampel dibangun oleh Sunan Ampel tahun 1421 di bagian utara Surabaya, Jawa Timur. Masjid Ampel memiliki arsitektur unik karena menggabungkan gaya bangunan ala Arab dan Tiongkok. Bangunan Masjid Ampel disokong oleh 16 tiang kayu setinggi 17 meter dengan diamter 60 centimeter.

Dapatkan ulasan menarik tentang masjid dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar