7 Kuliner Indonesia yang Mendunia dengan Cita Rasa Internasional

Indonesia adalah negara multikultural yang menjadi rumah bagi lebih dari 300 suku bangsa dengan tradisi dan adat kebiasaan yang berbeda-beda, tersebar dari Sabang hingga Merauke. Keragaman ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang paling kaya akan bahasa, kesenian, budaya, hingga kuliner.

Perihal kuliner, setiap suku bangsa memiliki ciri khasnya masing-masing yang menjadi representasi identitas bangsa. Penggunaan bahan-bahan pilihan dengan teknik pengolahan yang tepat membuat kuliner Indonesia memiliki cita rasa tinggi sehingga banyak digemari oleh masyarakat dunia.

Berikut ini disajikan beberapa kuliner Indonesia yang mendunia dan banyak digemari oleh wisatawan mancanegara.

1. Rendang

(Instagram/rendangmamatara)

Rendang adalah olahan makanan yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat. Kelezatan Rendang sudah tidak bisa diragukan lagi, bahkan CNN Internasional menempatkannya di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan terenak di dunia. Perpaduan rempah-rempah dan tekstur daging yang empuk menciptakan cita rasa berstandar tinggi.

2. Nasi Goreng

(Instagram/amyzayu)

Terdapat begitu banyak variasi Nasi Goreng di dunia, namun menu Nasi Goreng khas Indonesia disebut-sebut yang paling enak karena menggunakan perpaduan bumbu yang lengkap. Tidak mengherankan jika Nasi Goreng Indonesia sempat masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia. Barrack Obama yang pernah tinggal di Indonesia menyebutkan bahwa Nasi Goreng Indonesia adalah salah satu makanan favoritnya.

3. Sate

(Instagram/scrypton)

Sate menjadi salah satu olahan daging yang paling banyak digemari di seluruh dunia. Banyak wisatawan mancanegara yang secara khusus datang ke Indonesia hanya untuk merasakan kelezatan Sate. Saking populernya kuliner ini, banyak restoran kelas atas yang memasukkan Sate dalam daftar menunya. Terdapat sebuah restoran bernama Satay Junction di New York yang menjadikan Sate Ayam khas Indonesia sebagai hidangan andalannya.

4. Gado-Gado

(Instagram/dapurmamabali)

Gado-Gado adalah kuliner khas dari tanah Jawa yang hampir seluruhnya menggunakan bahan nabati, tak heran jika banyak yang menyebutnya Salad van Java. Gado-Gado banyak diminati oleh orang-orang vegetarian dan sedang menjalani diet. Pamor Gado-Gado begitu tinggi dikalangan masyarakat Napoli, Italia. Hal ini dikarenakan Gado-Gado pernah menjuarai sebagai makanan terenak dalam festival makanan di Napoli.

5. Tempe

(Instagram/vegan_trigirl_eats)

Tempe adalah makanan tradisional yang dibuat dari fermentasi kacang kedelai dengan kapang Rhizopus oligosporus. Tempe dapat diolah menjadi beragam kuliner lain seperti Tempe Goreng, Mendoan, Kering Tempe, dan masih banyak lagi. Masyarakat Eropa dan Jepang begitu menggemari Tempe, menurutnya rasanya unik dan berbeda dengan kuliner lokal.

6. Bakso

(Instagram/dutabaksonusantara)

Bakso adalah kuliner paling umum di Indonesia. Hampir setiap sudut kota di Indonesia banyak berdiri warung-warung bakso. Masyarakat Tiongkok begitu menggemari Bakso khas Indonesia karena dianggap lebih menggugah selera. Seiring berkembangnya zaman, banyak variasi Bakso yang bermunculan. Beberapa diantaranya Bakso Beranak, Bakso Tumpeng, Bakso Pertamina, dan banyak lagi.

7. Gudeg

(Instagram/seputar_kuliner_)

Gudeg merupakan kuliner khas dari Jawa Tengah dan Yogyakarta, dibuat dari sayur nangka yang disajikan bersama telur dan ayam. Gudeg sangat populer oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, banyak negara yang telah mengimpor Gude Indonesia dalam bentuk kaleng. Salah satu restoran di Clayton Road, Melbourne, Australia.

Dapatkan ulasan menarik tentang kuliner dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar







Loading Next Article ....