7 Bukti Kamu Belum Pernah Berkunjung ke Lombok

Keindahan alamnya selalu menggoda untuk dijelajahi, " Heaven of East indonesia " , Lombok.

SHARE :

Ditulis Oleh: Shabara Wicaksono

1. Kamu tak tahu rasa abon daging rusa

photo from radarmerauke.com

Olahan daging rusa populer di daerah Indonesia timur. Serat dagingnya dan rasanya begitu khas, benar-benar berbeda dengan daging ayam, kambing ataupun sapi. Biasa diolah menjadi sate, dendeng atau yang cukup populer adalah abon rusa. Teksturnya lembut, rasanya gurih. Cocok sebagai oleh-oleh khas Indonesia Timur.

2.  Kamu tak tahu sensasi berkeliling menggunakan Cidomo

photo from travelblog.org

Berkeliling menggunakan Cidomo membuat kita dapat menikmati pemandangan dengan santai. Jika beruntung mendapat kusir cidomo yang baik, dengan senang hati dia akan menjelaskan tempat-tempat yang dilalui.

Cidomo, singkatan dari cikar dokar motor. Bentuknya mirip andong atau dokar di daerah Jawa. Hanya saja yang khas, roda yang digunakan bukan roda kayu seperti andong di Jawa, melainkan roda mobil dengan diameter yang lebih kecil. Cidomo inilah yang membuat perbedaan antara Lombok dengan Bali. Di Bali jalanannya tak banyak kotoran kuda berceceran, sementara di Lombok, karena Cidomo tak dilengkapi dengan penampung kotoran kuda sehingga membuat kotorannya berceceran di jalan.

3. Kamu mengira orang Lombok suka marah-marah

Pertama kali berkunjung ke Lombok mungkin kita akan kaget dengan nada bicara orang Lombok. Nada berbicara warga lokal Lombok memang cenderung meninggi seperti sedang marah-marah.

Awal datang ke Lombok, saya sempat tersinggung ketika berbicara dengan salah satu ibu penjual makanan di Lombok.

Saat bertanya harga makanan, si Ibu menjawab dengan nada membentak. Suasana rumah makan yang sangat ramai, sempit serta panas membuat saya tersulut emosi. Saya bertanya secara sopan namun mendapat jawaban yang tak mengenakan.

Saya pun protes kenapa saya malah dibentak-bentak. Semua mata pengunjung lain menatap ke arahku. Si ibu sempat bingung mendengar protesan saya, sebelum beberapa saat kemudian dia tertawa keras setelah menyadari bahwa saya wisatawan. Dia menjelaskan cara bicara orang-orang disitu memang seperti itu. Mukaku memerah, seperti spanduk warung makan didepan sana. Setelah membayar saya buru-buru keluar menghindari tatapan aneh orang-orang di warung makan. Sebuah pengalaman berharga yang tak terlupa.

4. Kamu tak tahu rasanya cacing laut warna-warni

Ada sebuah festival unik di Lombok yaitu Bau Nyale. Bau berarti menangkap, sementara Nyale adalah sebutan untuk cacing laut. Menangkap nyale dilakukan di pesisir pantai.

Cacing ini berwarna-warni, sekilas lihat seperti mi ayam dengan aneka rasa. Konon, jika memakan cacing ini kita akan enteng jodoh. Warga lokal mengolahnya menjadi pepes, emping ataupun dikeringkan menjadi penyedap. Bahkan adapula yang menyantapnya mentah-mentah agar khasiatnya tak hilang. Rasanya? gurih, pedas agak asin.

 

5. Kamu protes saat rasa pesanan makanan yang kamu pesan sangat pedas

Di Lombok, saat memesan makanan kita pasti akan mendapatkan makanan dengan rasa yang pedas. Orang Lombok memang hobi menyantap makanan-makanan  yang membakar lidah. Oleh karena itu, jika tak suka pedas kita harus menyampaikannya pada si penjual karena jika diam saja kita pasti akan mendapat makanan dengan rasa super pedas.

6. Kamu tak tahu nikmatnya nasi balap puyung

Nasi hangat dengan suwiran ayam dengna kuah pedas menetes diatasnya, serta kedelai goreng yang renyah menjadi santapan nikmat khas Lombok. Di Desa Puyung ada sebuah nasi balap -hingga sekarang tak diketahui asal mula nama”balap”- yang telah melegenda, yaitu nasi balap Inaq Esun. Kedainya memang pengap dan panas, namun kedai ini selalu ramai tiap harinya.

Rasa nasi balap disini tak diragukan lagi. Ada kelembutan suwiran ayam dan kerenyahan kedelai goreng yang berpadu didalamnya. Harum rempahnya menyeruak.

Rugi melewatkan tempat ini saat berkunjung ke Lombok.

 

7. Kamu tak tahu keindahan “Gili – gili” di Lombok

photo from griyatravel.com

Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Kondo, Gili Air tersohor dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Pasir putih bersih, laut biru bening, keindahan bawah laut yang menggoda untuk dijelajahi, bagi yang ingin berjemur di pantai, sinar matahari melimpah ruah disini. Semua lengkap di Lombok.

Tak salah Lombok disebut sebagai “Heaven of East Indonesia.”

 

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


REKOMENDASI

ARTIKEL KEREN PALING BARU