Sidebar

7 Aktivitas Seru di Rumah untuk Menemani Masa Social Distancing

Manfaatkan dengan kegiatan seru di rumah seperti maraton menonton serial TV atau Film favorit di layanan streamin seperti Netflix, VIU, atau Videomax.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Wabah Vrus Corona (Covid-19) yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemi menjadi momok menakutkan bagi masyarakat di seluruh dunia. Tidak mengherankan, Covid-19 yang mewabah pertama kali di Kota Wuhan, China sejak akhir tahun 2019 lalu telah menyebabkan 378.741 orang terinfeksi, dan 16.502 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Meskipun tingkat kematiannya tidak sebesar wabah Flu Burung atau Flu Babi beberapa tahun lalu, namun penyebaran Covid-19 yang begitu cepat memberi dampak besar hingga ke turunnya perekonomian global.

Beberapa negara di dunia seperti Italia, Prancis, dan Malaysia telah menetapkan status lockdown untuk menekan penyebaran Covid-19. Pemerintah Indonesia hingga saat ini belum memilih langkah lockdown karena berpotensi menyebabkan krisis ekonomi dan inflasi parah. Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Indonesia memberlakukan social distancing, yaitu mengurangi intensitas aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain. Langkah ini termasuk menghindari pusat-pusat keramaian, seperti supermarket, bioskop, dan tempat wisata. Selama wabah ini belum mereda, masyarakat dihimbau untuk sebisa mungkin tetap berada di dalam rumah.

Sangat membosankan, karena selama itu pula masyarakat tidak diperkenankan untuk pergi liburan. Tidak perlu khawatir, karena terdapat banyak kegiatan seru untuk membunuh rasa bosan yang dapat dilakukan selama social distancing di rumah. Berikut adalah diantaranya.

1. Menonton Serial TV/Film

Selama masa social distancing, terdapat banyak waktu luang yang kamu tidak pernah dapatkan sebelumnya. Manfaatkan dengan maraton menonton serial TV atau Film favorit di layanan streamin seperti Netflix, VIU, atau Videomax dengan duduk di atas sofa atau tempat tidur yang nyaman. Drama Korea atau Serial TV Barat dapat menjadi pilihan menarik. Namun perlu diingat, jangan terlalu memforsir diri dalam melakukan aktivitas ini. Jangan sampai waktu tidur dan jam makan terganggu karena terlalu asyik menonton.

(phillyvoice.com)

2. Olahraga Ringan

Di rumah, bukan berarti bermalas-malasan. Kamu juga tetap harus sehat dan bugar dengan berolahraga. Pilih aktivitas olahraga yang tidak perlu melibatkan orang lain dan tidak merusak perabotan rumah tentunya, misalnya yoga, senam, lompat tali, dan zumba. Saat ini pun telah banyak video instruktur gratis yang dapat diakses melalui Youtube sebagai panduan. Ajak anggota keluarga yang lain agar suasana semakin ramai.

3. Membaca Buku

Jika kamu masih punya buku-buku yang belum selesai dibaca, maka masa social distancing ini adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikannya. Ambil semua buku yang terlalu rapi di rak kemudian bacalah. Aktivitas membaca buku dapat menjadi pintu untuk melihat dunia luar, meskipun saat ini terisolir di dalam rumah. Banyak cerita petualangan seru yang dapat dinikmati dengan segidang nilai dan hikmah kehidupan. Jika memang tidak punya buku, kamu dapat membeli cetakan onlinenya di Play Store dengan harga yang lebih murah dibandingkan cetakan fisiknya.

4. Memasak

Setelah terlampau sering menonton acara Chef’s Table atau Masterchef, biasanya ada hasrat yang timbul untuk menjadi seorang yang jago memasak. Jika selama ini kegiatan memasak di rumah terkendala oleh fisik yang terlalu lelah setelah bekerja atau kuliah, maka di masa social distancing ini kamu bisa mencoba memulainya. Awali dengan masakan-masakan yang sederhana, seperti donat atau kue-kue kering. Selain dapat mengasah keterampilan, membuat makanan sendiri jauh lebih sehat karena dapat dipastikan kebersihannya.

(thriveglobal.com)

5. Merawat Diri

Saatnya memanjakan diri dengan merawat tubuh. Tidak perlu mahal dan jauh-jauh ke salon, mulai saja dengan creambtah rambut, scrubbing kulit, masker wajah, berendam di bath bomb, atau memotong kuku. Dengan merawat diri semacam ini tidak hanya penampilan saja yang terjaga, tapi juga pikiran akan menjadi leboh rileks dan santai. Lakukan secara rutin, dan setelah masa social distancig ini selesai kamu akan tampil lebih cantik dan penuh pesona.

6. Bercocok Tanam

Bagi kamu yang di rumah memiliki halaman yang luas, dapat memulai untuk bercocok tanam. Tanamlah tanaman-tanaman yang dapat mempercantik halaman, seperti bunga mawar atau tanaman buah pot. Setelah ditanam, mulailah belajar untuk merawatnya dengan tekun. Bersihakan dedaunan kering yang jatuh atau potong bagian tanaman yang layu. Beri pupuk, dan siramlah dengan air secukupnya. Aktivitas ini dapat memberimu kesibukan yang memiliki nilai manfaat.

7. Bermain Game

Jika biasanya terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan dan kuliah yang menumpuk, di masa social distancing kali ini mulailah bersantai dan istirahatkan bandamu. Sesekali kamu dapat mencoba berbagai game mobile di smartphone. Coba permainan yang sedang tren, seperti Mobile Legend: Bang-Bang. Dapat juga bermain di konsol game populer, seperti PS atau ninetendo. Game RPG seperti Pokemon akan membawamu ke dunia petualangan pokemon yang seru dan menegangkan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wuhan Bebas Virus Corona, Warga Rayakan dengan Pesta dan Dugem

2 Peraturan Baru Paspor Indonesia, Kini Berlaku untuk Sepuluh Tahun!

Hongkong Kota Termahal di Dunia dan Kisah Pilu di Balik Julukannya

Danau Natron di Tanzania, Air Neraka yang Cantik Tapi Mematikan

Republik Palau Jadi Negara Pertama yang Larang Turis Pakai Sunblock

The Nautilus Maldives Tawarkan Paket Liburan Sambil WFH, Berminat?

FALLBACK
The END