Sidebar

6 Tips Traveling Aman Ditengah Wabah Virus Corona

Tips traveling aman di tengah liburang adalah mengenakan masker selama liburan atau berada di luar ruangan, terutama di fasilitas umum seperti bandara.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Virus Corona (Covid-19) yang mewabah di seluruh dunia sejak akhir tahun 2019 lalu belum juga mereda. Akibat adanya wabah Covid-19, tidak sedikit rencana liburan dari para wisatawan menjadi berantakan karena banyak maskapai penerbangan yang menghentikan sementara operasionalnya ke beberapa negara. Sejumlah destinasi wisata juga ditutup sementara untuk menekan penyebaran Covid-19.

Menurut Dr. dr. Erlina Burhan, MSc. Sp.P (K) dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia serta Rumah Sakit Persahabatan mengungkapkan, sejatinya Covid-19 bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti secara berlebihan hingga harus membatalkan rencana liburan yang telah disusun lama.

Dalam kesempatan yang sama, dr. Erlina membagikan beberapa tips terkait traveling aman dan nyaman di tengah wabah Covid-19 yang menjangkiti hampir seluruh negara di penjuru dunia.

1. Selalu Gunakan Masker

Selama liburan atau berada di luar ruangan, selalu gunakan masker. Covid-19 merupakan kelompok virus yang menyerang saluran pernapasan, dan menular melalui droplet (tetesan) ludah yang keluar saat sedang berbicara, bersin, atau batuk. Masker dapat menyerap air, sehingga bisa menyerap droplet yang keluar dari mulut maupun hidung.

Pilih masker bedah dan masker N95 yang telah dilengkapi filter. Masker jenis ini dinilai efektif melindungi dari Covid-19. Bagian luar berwarna pada masker bedah bersifat tahan air, berfungsi untuk membuat droplet yang berisi bibit penyakit tidak akan terhirup oleh manusia. Hindari pusat keramaian untuk mengurangi resiko terinfeksi Covid-19.

2. Rajin Cuci Tangan

Selain melalui droplet yang keluar dari mulut dan hidung, Covid-19 juga dapat dengan mudah menular melalui kontak personal seperti salaman. Menyentuh bagian wajah juga beresiko menularkan Covid-19. Oleh karena itu, tips traveling aman yang dapat mencegahnya dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan secara rutin. Jangan lupa juga untuk menggunakan cairan hand sanitizer kemanapun. Gunakan sebelum makan, menyentuh wajah, atau setelah memegang benda asing.

3. Rutin Cek Kesehatan dan Suhu Tubuh

Sebelum bepergian, saat tiba di destinasi tujuan, atau pulang kembali ke rumah terlebih dahulu memeriksa kesehatan diri. Bila diperlukan, bawa termometer untuk memantau kondisi tubuh sepanjang perjalanan. Jaga selalu kesehatan dengan minum vitamin, istirahat cukup, dan bawa obat-obatan pribadi. Jika mulai merasakan kurang sehat segera periksa ke dokter agar mendapatkan pertolongan secepatnya.

4. Perhatikan Kebersihan dan Kematangan Makanan

Sementara waktu, hindari mengonsumsi makanan mentah atau kurang matang untuk mengurangi resiko penularan Covid-19. Covid-19 adalah virus yang dapat mati dalam suhu 56 derajat celcius selama 30 menit. Proses pemasakan yang tepat dapat meminimalisir resiko penularan Covid-19 dari makanan ke manusia. Hal ini perlu diperhatikan, terutama saat berkunjung ke negara yang sering menyajikan makanan mentah, seperti Jepang, Vietnam, dan Thailand.

5. Hindari Hoaks

Seiring dengan mewabahnya Covid-19, banyak pula bermunculan berita-berita hoaks atau bohong yang menyesatkan. Oleh karena itu, perlu selektif dalam memilih dan membaca berita. Pastikan situs berita atau sumber berita berasal dari situs yang kredibel dan terpercaya. Terlebih dahulu, lakukan riset mendalam tentang negara atau destinasi tujuan untuk memastikan apakah benar-benar aman untuk dikunjungi.

6. Perhatikan Himbauan Pihak Berwajib

Perhatikan himbauan dari pihak berwajib selama liburan. Pihak berwajib dalam hal ini bisa berarti Pemerintah Indonesia atau pemerintah negara yang sedang dikunjungi. Pemerintah terkait biasanya akan memberikan informasi terkini dari negara tersebut terkait keamanan untuk para wisatawan yang sedang berkunjung. Beberapa negara seperti Korea Selatan, China, dan Jepang sepertinya sudah benar-benar tidak aman untuk dikunjungi wisatawan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Ledakan Nuklir Chernobyl, Tempat Berbahaya yang Jadi Destinasi Wisata

7 Destinasi Wisata Alam Aneh dan Ajaib yang Ada di Dunia Nyata

Liz Palace Inn Hotel Bandung, Menginap di Istana Megah Bumi Priangan

The New Normal Segera Diberlakukan, Harus Berdamai dengan Corona?

Perbedaan Lebaran Dulu dan Sekarang, Semua Berubah Sejak Covid-19!

Tidak Bisa Daftar Akun di KAI Access? Begini Solusinya

FALLBACK
The END