Sidebar

6 Tempat Wisata di Indonesia yang Menjadi Lokasi Syuting Film Hollywood

Film Anaconda (2004) mengambil latar di tempat wisata di Indonesia. Dijelaskan bahwa hutan yang menjadi habitat Blood Orchid dan Anaconda di Kalimantan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Indonesia dikenal sebagai negeri tropis yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Alamnya yang subur dan indah menjadi tempat tinggal bagi beragam spesies flora dan fauna. Pesona alam Indonesia bahkan menarik perhatian para sineas Hollywood. Mungkin banyak yang tidak mengira beberapa film box office Hollywood ternyata mengambil latar di beberapa tempat wisata alam Indonesia.

Berikut ini disajikan beberapa tempat wisata di Indonesia yang pernah menjadi lokasi syuting film garapan rumah produksi Hollywood.

1. Pulau Mursala – Kingkong (2005)

(kurio.id)

Film Kingkong (2005) garapan Peter Jackson berkisah tentang kehidupan seekor primata purba raksasa yang berteman dengan seorang manusia. Tak ada yang menyangka beberapa latar dalam film tersebut menggunakan Pulau Mursala di Tapanuli Selatan. Dalam ceritanya, Pulau Mursala disebut dengan Skull Island dan menjadi lokasi awal pertemuan Kong.

2. Hutan Kalimantan – Anaconda: Blood Orchid (2004)

(blog.airpaz.com)

Film Anaconda: Blood Orchid (2004) yang disutradai oleh Dwight H. Little menjadi film box office dengan pendapatan hingga 71 juta USD. Dalam beberapa dialog, dijelaskan bahwa hutan yang menjadi tempat perburuan spesies anggrek langka Blood Orchid dan habitat Anaconda raksasa berada di Borneo atau Kalimantan. Bukan sekadar dialog, ternyata hampir seluruh adegan di dalam film ini diambil di kawasan hutan Kalimantan.

3. Candi Prambanan – Beyond Skyline (2017)

(liputan6.com)

Candi Prambanan merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yang dibangun oleh Wangsa Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno. Dalam Film Beyond Skyline (2017), Candi Prambanan menjadi tempat pertarungan antara bangsa manusia dan alien. Film garapan Liam O’Donnell ini berkisah tentang seorang detektif yang berusaha menyelamatkan anaknya dari sekapan alien jahat yang menginvasi bumi.

4. Ubud – Eat, Pray, Love (2010)

(beautifulwildthungs.com)

Eat, Pray, Love (2010) merupakan film drama garapan Ryan Murphy yang bercerita tentang seorang wanita bernama Elizabeth (Julia Roberts) yang memutuskan traveling keliling dunia untuk mengobati rasa patah hati atas kehilangan suami, rumah, dan karirnya. Ubud di Bali pun menjadi salah satu destinasi tujuan dari Elizabeth. Film ini menjadi box office dengan jumlah pendapatan hingga 204.6 juta USD.

5. Pulau Moyo – Savages (2012)

(thelangkahtravel.com)

Savagaes (2012) merupakan film thriler-kejahatan yang digarap oleh Oliver Stones. Berhasil menjadi Box Office dengan pendapatan hingga 83 juta USD. Beberapa adegan dalam film ini mengambil latar di Pulau Moyo NTB. Pulau Moyo adalah pulau tropis dengan pasir putih yang masuk dalam kawasan Konservasi Taman Buru. Terdapat berbagai fauna endemik, mulai dari burung gosong hingga koakkao berkeliaran.

6. Candi Borobudur – Java Heat (2013)

(rentalmobilyogyakarta.net)

Java Heat (2013) merupakan film garapan Connor Allyn yang bercerita tentang sekelompok polisi internasional yang mengejar pencuri permata berbahaya, dimana ia menyandera seorang putri untuk menjarah semua harta kekayaan kerajaan. Banyak pertarungan yang mengambil latar di Candi Borobudur. Selain itu, berbagai intrik terjadi di istana kuno, masjid, kuil, labirin bawah tanah, dan batu piramida di jantung Pulau Jawa. Film ini meraih Box office dengan pendapatan 189.739 USD.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Kenapa Jalan Malioboro Sangat Terkenal? Berikut Sejarahnya

Kotagede di Yogyakarta Dinobatkan Sebagai Kota Terindah di Dunia

Taman Sari di Jogja, Istana Air Para Raja Mataram yang Penuh Rahasia

Suwatu by Milandbay di Jogja, Gallery Resto Hits di Kaki Gunung Merapi

Fakta Unik Keraton Yogyakarta, Sumber Kekayaan dan Gaji Raja

5 Tempat Wisata Tak Biasa di Jogja, Rumah Pocong Hingga Makam Raja

FALLBACK
The END