Sidebar

5 Tempat Wisata Bersejarah yang Dibangun Karena Cinta

5 Tempat Wisata Bersejarah yang Dibangun Karena Cinta

Candi Plaosan menjadi salah satu tempat yang dibangun karena cinta merupakan. Dibangun oleh Rakai Pikatan untuk istrinya yang tercinta, Pramodyawardhani.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Tak ada satupun kekuatan di bumi yang dapat menandingi dahsayatnya kekuatan cinta kasih. Atas nama cinta, apapun bisa terjadi, bahkan hal-hal yang terlihat sangat mustahil sekalipun. Meskipun terkadang cinta sering membuat orang menjadi hilang akal, namun tanpa cinta hidup hanya akan terasa hampa, tanpa warna, tanpa rasa.

Menyambut perayaan hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari esok, berikut disajikan beberapa tempat wisata bersejarah yang dibangun karena cinta, sebuah persembahan tertinggi untuk pasangan yang terkasih.

1. Candi Prambanan, Indonesia

(traveloka.com)

Siapa tak tahu kisah tentang Roro Jonggrang yang mashur? Konon dahulu Bandung Bondowoso rela membangunkan seribu candi dalam waktu satu malam sebagai persyaratan untuk meminang Roro Jonggrang. Sayangnya, saat membangun candi terakhir, Bandung Bondowoso kehabisan waktu karena siasat cerdik dari Roro Jonggrang. Marah karena perasaan cintanya dipermainkan, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca batu untuk melengkapi candi ke seribu.

2. Candi Plaosan, Indonesia

(brilio.net)

Berada tidak jauh dari Candi Prambanan, Candi Plaosan merupakan candi bercorak Buddha yang dibangun oleh Rakai Pikatan untuk istri tercinta, Pramodyawardhani. Candi Plaosan menjadi bukti bahwa perbedaan keyakinan bukanlah halangan untuk tetap bersama. Rakai Pikatan yang menganut Hindu dengan sukarela membangunkan sebuah kompleks percandian Buddha yang megah sebagai bukti cinta kasih kepada istrinya yang menganut ajaran Buddha.

3. Taj Mahal, India

(Instagram/exquisite_hotels)

Sebenarnya Taj Mahal bukanlah masjid, melainkan sebuah makam yang didedikasikan secara khusus oleh Mughal Shah Jahan, raja kelima Dinasti Mogul untuk istrinya tercinta. Sang istri yang bernama Mumtaz Mahal meninggal setelah melahirkan putrinya yang ke-14. Taj Mahal tercatat sebagai bangunan termegah dalam sejarah karena dipenuhi oleh berbagai batu mulia, seperti berlia, kristal, topaz, jed, hingga nilam.

4. Kuil Kodai-Ji, Jepang

(Instagram/rabbitsblood)

Kuil Kodai-Ji dibangun oleh Kita-no-Mandokoro yang merasa sedih setelah ditinggal oleh suaminya pada 1598, Toyotomi Hideyoshi yang dikenal sebagai sosok yang menyatukan Jepang. Merasa teramat kehilangan, Kita-no-Mandokoro kemudian membangun sebuah kuil Buddha ini dan menjadi biarawati hingga ia meninggal pada 1624.

5. Boldt Castle, USA

(Instagram/dbfoto_)

Boldt Castle merupakan kompleks istana yang dibangun oleh George C. Boldt untuk istri terkasihnya, Louise. Rencananya akan ada 11 istana diatas pulau pribadi milik keluarga Boldt. Namun sayang, belum selesai dibangun, Louise meninggal dan membuat Boldt sangat terpukul. Boldt kemudian memutuskan menghentikan pembangunan 11 istana dan pergi dari pulau tersebut. Kini Bold Castle sering digunakan sebagai tempat pernikahan.

SHARE :


Rekomendasi

Tempat Snorkeling di Bintan Tercemar Minyak, Potret Buruk Pengelolaan Limbah

The Great Blue Hole, Titik Terdalam Bumi yang Masih Misterius

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

FALLBACK
The END