5 Tempat Ngabuburit di Jogja yang Seru, Murah, dan Menyenangkan

Tempat-tempat di Kota Jogja yang cocok untuk ngabuburit seru, murah, dan menyenangkan (Instagram/@jogjakitaaa).

Jogja sebuah ibukota dari Provinsi Yogyakarta seolah tak pernah kehilangan kharismanya. Kota yang tertata apik membuat Jogja cocok untuk suasana apapun, termasuk Ramadhan. Saat Ramadhan seperti sekarang ini, Jogja sering menjadi tempat favorit untuk ngabuburit sembari menunggu adzan Maghrib untuk berbuka puasa.

Hampir semua sudut di Kota Jogja bisa menjadi lokasi ngabuburit, namun tidak semua murah dan menyenangkan. Berikut dirangkum lima tempat di Jogja yang cocok untuk ngabuburit yang seru, murah, dan menyenangkan.

1. Jalan Malioboro

(Instagram/@ridhosubarkahh)

Jalan Malioboro merupakan salah satu jalan di Kota Jogja yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke Kantor Pos Yogyakarta. Sepanjang jalan ini banyak berjejer Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjual aneka aksesoris khas Jogja seperti kaos, batik, gantungan kunci, atau souvenir lainnya. Berbagai rumah makan, warung, dan angkringan yang menjual aneka makanan murah juga banyak berjejer di sepanjang jalan ini.

2. Lembah UGM

(Instagram/@cocolime.id)

Lembah UGm menjadi lokasi yang selalu ramai dipadati oleh PKL yang menjajakan kuliner untuk berbuka puasa. Lokasinya yang strategis, berada diantara dua kampus besar yaitu UGM dan UNY membuatnya selalu ramai dipadati mahasiswa atau anak kos yang mencari hidangan untuk berbuka puasa. Berbagai jenis makanan dan minuman tersedia disini dengan harga murah, mulai dari kudapan ringan hingga makanan berat.

3. Kampoeng Ramadhan Jogokariyan

(Instagram/@jogjakitaaa)

Masyarakat Desa Jokariyan di Kota Jogja setiap menjelang bulan Ramadhan rutin menghias kampungnya dengan gapura, lampion, lampu hias, dan sebagainya. Dengan branding sebagai Kampoeng Ramadhan Jogokariyan, nyatanya desa ini berhasil menggaet perhatian masyarakat Kota Jogja. Menjelang waktu berbuka, Kampoeng Ramadhan Jogokariyan selalu ramai dipadati oleh pengunjung yang berburu berbagai jenis takjil dan hidangan khas Jogja yang dijajakan disini. Selain itu setidaknya 2000 takjil dibagikan secara gratis disini. Berbagai kegiatan seperti tabligh akbar, kajian, dan lomba islami diadakan untuk semakin menyemarakkan Ramadhan di desa ini.

4. Masjid Gedhe Kauman

(Instagram/@layungsekar)

Masjid Gedhe Kauman merupakan masjid raya Kesultanan Yogyakarta atau Masjid Besar Yogyakarta yang terletak di sisi barat alun-alun Yogyakarta. Suasana masjid yang adem dan tenang sangat cocok menjadi tempat ngabuburit sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan. Setiap hari menjelang Sore pihak pengelola Masjid Gedhe Kauman rutin menggelar kajian islam, dan setiap kamis selalu dibagikan takjil untuk setiap jamaah yang hadir.

5. Pasar Sore Kauman

(Instagram/@eny_tok)

Pasar Sore Kauman merupakan sebuah pasar Ramadhan yang berlokasi di gang sempit di kawasan Kauman Jogja yang legendaris. Setiap harinya tempat ini selalu ramai dipadati oleh masyarakat Jogja yang berburu hidangan berbuka puasa. Puluhan stand makanan berjejer rapi di depan rumah warga menjual lauk pauk dan hidangan manis seperti kolak, kue lapis, dan masih banyak lagi.

Dapatkan ulasan menarik tentang jogja dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar