5 Event Wisata Olahraga Indonesia yang Digelar Akhir Tahun Ini

Tour de Singkarak, balap sepeda jelajahi Sumatera. Sumber foto

Sport tourism atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut wisata olahraga, merupakan istilah yang memadukan dua hal berbeda yakni wisata dan olahraga. Sehingga istilah ini memiliki pengertian berwisata sambil olahraga atau sebaliknya.

Di Indonesia sendiri, istilah ini mulai dikenal luas saat gelaran event Tour de Singkarak tahun 2012. Saat Mari Elka Pangestu, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia menyebut tema dari TdS tahun itu adalah Sport tourism.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki puluhan event olahraga. Bahkan beberapa di antaranya merupakan ajang bertaraf internasional yang menjadi salah satu cara promosi wisata khususnya bagi daerah-daerah yang mengadakan kegiatan.

Berikut event sport tourism yang akan dilangsungkan pada akhir tahun 2017 ini,

Jogja International Heritage Walk

JIHW merupakan event jalan kaki internasional yang digelar di Jogja. Sumber foto

JIHW merupakan event jalan kaki satu-satunya diantara negara ASEAN yang masuk dalam daftar event di Liga Jalan Kaki International.

Diadakan setiap tahun selama dua hari, JIHW tahun ini diselenggarakan pada sabtu dan minggu, 18-19 November 2017 bertempat di Kawasan Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul.

Baca informasi selengkapanya tentang Jogja International Heritage Walk dengan klik di sini

Borobudur Marathon

Borobudur Marathon 2016. Sumber foto

Bekerja sama dengan Bank Jateng, pada tahun ini event wisata lari bertaraf internasional ini bertajuk Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017. Akan digelar pada Minggu, 19 November 2017 bertempat di Kompleks Taman Lumbini, Candi Borobudur.

Tahun ini, Borobudur Marathon mengambil tema “Reborn Harmony” yang akan menyeleraskan konsep olahraga, alam dan masyarakat. Diharapkan para nantinya para peserta akan menikmati tidak hanya keindahan alam tetapi spirit kebersamaan antar peserta dan masyarakat.

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak, balap sepeda jelajahi Sumatera. Sumber foto

Gelaran balap sepeda bertaraf internasional lainnya juga akan digelar akhir tahun ini. Tour de Singkarak (TdS), yang merupakan salah satu event olahraga terbesar di Indonesia akan kembali dilaksanakan pada 18-26 November.

Mengangkat tema “The Biggest Sport Tourism”, acara TdS tahun ini akan dimulai dari Kota Batu Sangkar dan finish di Kota Bukittinggi dibagi dalam 9 etape dengan total jarak tempuh sepanjang 1.101,7 kilometer.

Tour de Singkarak sendiri menjadi salah satu ajang balap sepeda bergengsi dunia yang selalu menarik minat pesepeda dari berbagai negara.

Tour de Linggarjati

Tour de Linggarjati Kuningan, Jawa Barat. Sumber foto

Tour de Linggarjati merupakan salah satu sport tourism dengan tema sepeda terkemuka yang ada di Indonesia. Pada kesempatan tahun ini, TdL disiapkan khusus untuk masuk dalam kalender Union Cycliste International (UCI).

Bakal digelar pada 1-3 Desember mendatang, sebanyak 200 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri siap mengikuti balap sepeda dengan jarak tempuh hingga 100km. Selain itu, event ini juga menjadi ajang promosi beberapa obyek wisata yang ada di Kuningan, Jawa Barat.

Sail Sabang 2017

Sail Sabang 2017 akan menjadi event wisata terbesar selama tahun 2017.

Sail Sabang merupakan event wisata atraksi bahari. Sail Sabang tahun ini digadang-gadang akan menjadi event wisata terbesar di Indonesia padah 2017, yang akan dilaksanakan mulai 28 November hingga 5 Desember mendatang.

Mengangkat tema “Trail of Sea Civilization” dalam acara ini akan ada 24 jenis kegiatan yang memadukan berbagai bidang seperti olahraga, seni musik, tari hingga kompetisi. Puncaknya akan ada lebih dari 100 kapal yatch yang akan mengikuti Toll Ship Parade pada 2 Desember.

Sebagai event tahunan, Sail Sabang merupakan bentuk komitmen Indonesia dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari dengan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia.

Dapatkan ulasan menarik tentang event wisata dan tulisan Lain dari Syaiful Millah

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar