20 Destinasi Wisata Ini Harus Kamu Kunjungi Setidaknya Sekali Sebelum Menikah

Sebelum melepas masa lajangmu, Kamu harus mengunjungi 20 destinasi wisata ini setidaknya sekali dalam hidupmu agar Kamu tak menyesal.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Kalau Kamu punya rencana melepas masa lajangmu tahun ini atau 2 tahun ke depan, nggak ada salahnya Kamu menyempatkan waktu untuk traveling ke destinasi yang nggak biasa. Selain jadi waktu terbaik untuk me time, Kamu juga bisa kok ngajak sahabat-sahabatmu. Ya, semacam pesta bujang untuk menikmati masa-masa emas sama sahabat. Memang sih, setelah menikah Kamu juga masih bisa traveling, tapi mungkin sulit ya kalau bareng sahabat atau bahkan sendiri.

Destinasi wisata ini patut Kamu masukkan dalam list yang harus Kamu kunjungi sebelum menikah. Mau tahu apa saja?

1. Pulau Morotai, Maluku Utara

Bertengger di deretan pulau paling utara di Indonesia, destinasi wisata di pulau ini ternyata baru diresmikan tahun 2008 lalu. Tahun 2016 lalu, Morotai berhasil menyabet juara Anugerah Pesona Indoneisa lho. Kamu akan nyesel kalau sebelum nikah Kamu belum kesini.

destinasi wisata

Destinasi wisata Morotai, pulau indah terutara Indonesia. Sumber foto

2. Air Terjun Dua Warna

Air terjun ini wajib Kamu masukkan dalam list destinasi wisatamu, kenapa? Selain air terjunnya yang memang sangat indah, air terjun ini jika diperhatikan mirip dengan air terjun Tinago yang ada di Iligan, Filipina. Aliran air di sini deras, airnya jernih dan berwarna biru kehijauan. Air terjun ini berada di provinsi Sumatera Utara.

destinasi wisata

Air terjun dua warna, Sumatra Utara. Sumber foto

3. Pulau Berhala

Pulau terluar ini berada di Sumatra Utara. Pulau ini tak berpenghuni, namun dijaga ketat oleh anggota TNI.Kamu harus coba sensasi traveling ke destinasi wisata yang satu ini. Sebab Kamu harus mengurus ijin ke pos Marinir terlebih dahulu sebelum masuk ke pulau Berhala ini.

destinasi wisata

Pulau terluar Indonesia, destinasi yang tak boleh Kamu lupakan. Sumber foto

4. Savana Baluran

Ingin menikmati padang savana ala Afrika, Kamu nggak perlu jauh-jauh, cukup ke Baluran Jawa Timur aja. Jadi nanti kalau sudah menikah, Kamu bisa pamer ke pasanganmu, kalau Kamu pernah ke Afrika ala Indonesia.

destinasi wisata

Lanscape Savana Baluran Jawa Timur. Sumber foto

5. Pulau Satonda Sumbawa

Pulau yang terletak di Sumbawa Nusa Tenggara Barat ini menyajikan dua pemandangan yang unik. Kamu bisa menikmati hamparan laut luas yang terlihat dari sisi depan dan danau air asin di sisi sebaliknya.

destinasi wisata

Pulau Satonda, Sumbawa. Harus banget Kamu kunjungi sebelum menikah. Sumber foto

6. Green Canyon, Jawa Barat

Kalau Jawa Timur punya savana Afrika ala Indonesia, Jawa Barat punya Grand Canyon ala Indonesia juga. Letaknya nggak jauh dari Pangandaran. Yok, segera atur travelingmu supaya nanti Kamu juga bisa mengajak pasanganmu suatu saat.

destinasi wisata

Grand Canyon ala Indonesia di Jawa Barat. Sumber foto

7. Dataran Tinggi Dieng

Jika ingin menikmati salah satu desa tertinggi di Indonesia, Kamu wajib datang ke Dieng minimal sekali sebelum Kamu menikah. Nah, nanti Kamu bisa ajak honeymoon pasangan halalmu kesini. Dieng berada di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah.

destinasi wisata

Golden sunrise Sikunir Dieng. Sumber foto

8. Kepulauan Karimun Jawa

Destinasi wisata ini berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Wajib banget Kamu kunjungi sebelum melepas masa lajang.

Destinasi wisata

Salah satu pulau di gugusan Karimunjawa. Sumber foto

9. Pulau Liwutongkidi

Pernah mendengar pulau ini? Pulau dengan luas 1.ooo km ini terletak di Buton. Sepanjang bibir pulau dihiasi dengan pasir putih. Meski belum banyak yang tahu, pulau ini punya pemandangan bawah laut yang masih terjaga, lho. Masih mau melewatkannya dari destinasi wisatamu?

destinasi wisata

Pemandangan bawah laut di pulau Lituwongkidi. Sumber foto

10. Pantai Ora, Maluku

Kalau destinasi wisata ini Kamu pasti sudah nggak asing lagi kan? Yap, pantai yang masuk dalam area Maluku Utara ini memang sudah banyak dikenal wisatawan nasional,bahkan internasional. Tempat yang pas untuk me time Kamu.

destinasi wisata

Deretan resort di Pantai Ora Maluku. Sumber foto

11. Tanah Toraja

Ingin punya pengalaman yang berbeda dalam melihat budaya kehidupan masyarakat Indonesia? Kamu menentukan destinasi wisata yang tepat jika memilih Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Penasaran seperti apa pengalaman yang akan Kamu dapatkan? Jadwalkan kunjunganmu ke sini ya.

destinasi wisata

Rumah adat Tanah Toraja. Sumber foto

12. Danau Sentarum

Menyusuri hutan yang tumbuh di danau sepertinya akan menjadi pengalam tak terlupakan. Danau Sentarum di Kapuas Hulu menjadi salah satu situs Ramsar, yaitu perjanjian internasional untuk perlindungan alam.

destinasi wisata

Menyusuri hutan yang tumbuh di danau Sentarum. Sumber foto

13. Bukit Kelam

Jangan membayangkan suasana yang kelam kalau Kamu traveling ke destinasi ini. Bukit Kelam indah dan penuh dengan hewan-hewan langka yang hanya bisa ditemui di sini, diantaranya beruang madu. Bukit Kelam berada di Kabupaten Sintang.

destinasi wisata

Lanscape Bukit kelam dari jauh. Sumber foto

14. Selat Pantar, NTT

Untuk Kamu yang punya hobi diving, Selat Pantar layak Kamu jadikan destinasi wisata sebelum Kamu benar-benar tak bisa mengunjunginya. Selat Pantar memiliki keunikan tersendiri, perpaduan antara aliran dingin Australia, dan aliran hangat Indonesia.

destinasi wisata

Terumbu karang di Selat Pantar. Sumber foto

15. Danau Kelimutu, NTT

Kalau Kamu masih ingat danau tiga warna yang ada di uang rupiahmu, berarti Kamu masih ingat kalau itu adalah danau Kelimutu. Dulu saya bermimpi bisa sampai kesana, Kamu mungkin punya mimpi yang sama?

destinasi wisata

Danau Kelimutu tmpak dari atas. Sumber foto

16. Pantai Gunung Kidul

Hidupmu bakal kurang berkesan sebelum mengunjungi surga pantai selatan Jawa di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jadi tunggu apalagi, Gunung Kidul sudah menantimu.

destinasi wisata

Pantai Siung, salah satu pantai di Gunung Kidul. Sumber foto

17. Gili Nanggu, Lombok

Lombok nggak melulu soal Gili Terawangan. Sesekali Kamu juga bisa traveling ke Gili Nanggu, dijamin nggak kalah indah dibanding Gili Trawangan.

destinasi wisata

Gili Nanggu. Lombok. Sumber foto

18. Nusa Penida, Bali

Bosan dengan destinasi wisata Bali yang itu-itu saja, Kamu bisa menjadikan Nusa Penida sebagai tujuan travelingmu. Meskipun masih berada di Bali juga, Nusa Penida menyajikan pemandangan sisi lain Bali. Nggak percaya? Coba saja.

destinasi wisata

Birunya langit dan laut Nusa Penida siap memanjakan matamu. Sumber foto

19. Gunung Rinjani

Ingin menikmati gunung terindah di Indonesia, cobalah mendaki Rinjani. Gunung ini akan memberikanmu dua pemandangan alam yang harmonis, gunung dan laut. Gunung Rinjani terletak tak jauh dari Gili Nanggu. Setelah menikah, rasanya saya nggak yakin bisa naik gunung lagi bersama teman apalagi sendirian.

destinasi wisata

Gunung dan laut yang bercengkerama harmonis di Rinjani. Sumber foto

20. Gunung Semeru, Jawa Timur

Pernah mendengar puncak tertinggi Jawa sebagai tempat para dewa? Itulah legenda yang menyelimuti gunung Semeru hingga kini. Kamu akan setuju dengan legenda ini jika Kamu berhasil mencpaai puncak gunung Semeru.

destinasi wisata

Lanscape gunung Semeru, Jawa Timur. Sumber foto

Sebenarnya masih ada banyak destinasi wisata yang harusnya bisa Kamu kunjungi sebelum menikah. Paling tidak Kamu sempat menikmati alam Indonesia di masa Kamu masih melajang. Eksplore lansekap nusantara dan kenali diri Kamu dengan traveling. Karena saat menikah nanti, Kamu sudah harus menuntaskan kebahagiaanmu pada diri sendiri.

Ingin tahu destinasi seru lainnya, jangan lewatkan artikel ini:

Next Post