10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Packing

kesalahan dalam packing

Apa yang salah dari cara packing koper ini?

Melihat sejenak cara packing di atas mungkin Kamu tak akan menyadari bahwa ada setidaknya sepuluh kesalahan di dalamnya. Banyak orang memang tidak sadar kalau mereka melakukan kesalahan dalam packing. Padahal sebetulnya terkesan seperti hal sepele, tapi ternyata itu merepotkan. Terutama kalau Kamu pergi liburan ke luar negeri yang otomatis akan menggunakan pesawat. 

Melansir dari smartertraveler, berikut ini adalah 10 kesalahan dari cara packing yang baiknya tak Kamu lakukan (lagi).

#1 Membawa terlalu banyak celana berbahan jeans

kesalahan dalam packing

Membawa terlalu banyak celana jeans.

Celana berbahan jeans adalah salah satu fashion item yang tak terpisahkan dari traveler. Selain simpel, celana berbahan jeans memang cocok untuk digunakan dalam suasana apapun. Sayangnya, memang agak repot ketika harus mengemasnya di dalam tas. 

Membawa terlalu banyak celana berbahan jeans otomatis akan memakan banyak tempat di tas atau koper. Jadi, lain kali hindari untuk membawa banyak celana jeans. Cukup satu yang Kamu pakai, dan satu lainnya untuk celana ganti.

#2 Membawa botol isi ulang dan mengisinya dengan air sebelum melewati petugas keamanan

kesalahan dalam packing

Membawa botol yang berisi air.

Kamu pasti pernah melakukan hal ini, membawa botol air minum isi ulang dan mengisinya dengan penuh. Tujuannya supaya lebih hemat, karena jika membeli di bandara pastinya akan sangat mahal. Tapi biasanya Kamu tidak akan diinjinkan mengisi botol sampai melewati petugas keamanan. Karena ada beberapa bandara yang memberlakukan aturan tidak boleh membawa benda cair dalam bentuk apapun. 

#3 Membawa terlalu banyak cairan atau gel

kesalahan dalam packing

Membawa terlalu banyak gel dalam botol besar.

Biasanya setiap penumpang hanya diperbolehkan membawa cairan dan gel dalam botol berukuran tak lebih dari 3,4 ons. Namun kadang ada banyak juga orang yang membawa cairan dan gel dalam botol besar, yang otomatis ini tak akan lepas dari keamanan bandara. 

Jadi, dari pada harus disita lebih baik membawa secukupnya saja, tidak perlu dibawa semua.

#4 Membawa barang atau hadiah yang sudah dibungkus rapi dalam kotak

kesalahan dalam packing

Membawa barang dalam bungkusan.

Mungkin Kamu juga pernah melakukan kesalahan ini. Membawa barang atau hadiah yang sudah terbungkus rapi. Tapi sayangnya, di beberapa bandara, bungkusan semacam ini akan diperiksa dengan teliti, bahkan Kamu akan diminta untuk membukanya. 

Akan lebih baik membungkusnya saat tiba di tempat tujuan. Jadi tak sayang karena harus menyobek bungkusan yang sudah dibuat susah payah. 

#5 Membawa senjata tajam dengan ukuran besar

kesalahan dalam packing

Membawa senjata tajam, bahkan yang ukurannya besar.

Gunting merupakan salah satu senjata tajam yang baiknya Kamu hindari untuk dibawa dalam penerbangan. Biasanya ada juga yang mengizinkan untuk membawa gunting, tapi ukurannya tak boleh lebih dari 4 inchi. Jadi kalau secara tak sengaja Kamu memasukkan gunting besar dalam koper atau tas, bisa jadi petugas bandara akan menyitanya. 

#6 Membawa banyak buku dan menumpuknya jadi satu dalam koper

kesalahan dalam packing

Membawa terlalu banyak buku.

Liburan ke luar negeri memang mengharuskanmu mempersiapkan banyak hal, termasuk salah satunya buku panduan. Sayangnya kadang Kamu bawa terlalu banyak buku, bisa sampai 2 hingga 3 buku. Dan kadang Kamu juga menata dalam satu tempat dengan cara ditumpuk di koper atau tas. 

Ini kesalahan umum yang sering dilakukan. Sebaiknya hindari untuk membawa lebih dari satu buku. Kalau pun membawa dua, taruhlah di tempat yang beda agar memudahkan proses screening di bandara. 

#7 Membiarkan begitu saja maskara dan eyeliner di dalam tas 

kesalahan dalam packing

Membiarkan maskara dan eyeliner begitu saja di dalam koper.

Maskara dan eyeliner masuk dalam barang berbentuk gel yangharusnya dimasukkan dalam kantung plastik sendiri dan tidak dibiarkan begitu saja di dalam tas. Tapi sayangnya banyak juga orang yang tak tahu tentang hal sepele ini. Jadi kebanyakan hanya langsung memasukkannya ke dalam tas. 

Jadi mulai besok, lebih baik Kamu menyiapkan satu kantung khusus untuk keperluan make up-mu.

#8 Membawa sepatu besar dalam koper

kesalahan dalam packing

Membawa tas besar dalam koper atau tas.

Kalau dalam satu keadaan Kamu harus membawa sepatu besar selama liburan, mungkin akan lebih baik kalau Kamu memakainya. Karena kalau harus memasukkan ke dalam koper maka akan memakan banyak tempat. 

#9 Membawa botol bir

kesalahan dalam packing

Botol bir yang dibeli dari luar negeri.

Dalam penerbangan internasional sebetulnya boleh membawa bir. Tapi dengan syarat bir tersebut dibeli di toko yang bebas pajak dan dibungkus dengan kantung anti air. Pembeliannya pun harus maksimal 48 jam sebelum keberangkatan pesawat. 

Jadi Kamu harus hati-hati kalau berniat membawa bir dari luar negeri sebagai oleh-oleh. 

#10 Membawa bola salju dengan cairan lebih dari 3,4 ons

kesalahan dalam packing

Bola salju yang berisi banyak cairan.

Bola salju memang barang yang lucu untuk oleh-oleh atau kenang-kenangan. Tapi ada baiknya Kamu periksa dulu, karena kalau ternyata cairan dalam bola salju lebih dari 3,4 ons yang pasti tak akan lepas dari keamanan bandara. 

***

Meski terlihat sepele tapi kesalahan dalam packing di atas memang perlu untuk diperhatikan agar perjalanan liburan kita jadi nyaman dan tak terganggu. 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Rizqi Y

Tags: , , , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar