10 Event Unggulan Pariwsata Indonesia Sepanjang Tahun 2020

Event unggulan pariwisata Indonesia sepanjang tahun 2020 (gotravelaindonesia.com).

Seiring dengan berakhirnya masa jabatan Menteri Pariwsata Arief Yahya, sebanyak 100 Calendar of Event (CoE) tahun 2020 telah diumumkan di Balairung Soesilo Soedirman, Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 15 Oktober 2019 lalu. Penentuan tersebut didasarkan akan tiga kriteria yaitu nilai kreativitas (cultural creative values), nilai komersial dan nilai komunikasi acara (commercial communication values), serta komitmen kepala daerah dalam pengembangan pariwisata (CEO commitment).

Dari 100 CoE yang telah diumumkan Kementerian Pariwisata, terdapat beberapa event unggulan pariwisata Indonesia sepanjang tahun 2020.

1. Pesta Kesenian Bali ke-42

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-42 pada tahun 2020 mengangkat tema Atma Kertih: Penyucian Jiwa Paripurna. PKB merupakan parade atau festival kesenian tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bali. PKB menjadi wadah aktivitas dan kreativitas para seniman untuk berupaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali. Gelaran PKB terdiri atas pawai, parade, lomba, pagelaran, pameran, sarasehan dan pelatihan.

(pojokseni.com)

2. Banyuwangi Ethno Carnival

Banyuwangi Ethno Carnival merupakan event tahunan yang menyuguhkan berbagai busana etnik dan pertunjukan seni tradisional yang memadukan unsur budaya Jawa, Madura, Padalungan, Bali, dan Osing. Suguhan utama Banyuwangi Ethno Carnival adalah Gandrung Sewu, sajian tarian tradisional khas Banyuwangi yang dipentaskan oleh lebih dari 1000 penari.

3. Sanur Village Festival

Sanur Village Festival menjadi pesta rakyat tahunan yang berisi gabungan dari berbagai kegiatan skala besar yang menyangkut pameran ekonomi kreatif, makanan, atraksi seni budaya, musik, berbagai kontes dan lomba. Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan di Sanur Village Festival diantaranya Sanur Village Cycling Tour, dialog budaya, sanur run, Sanur Creative Expo, festival layang-layang, dan masih banyak lagi.

4. Borobudur Marathon

Berlokasi di Kompleks Taman Lumbini, Borobudur Marathon merupakan kegiatan lari marathon bertaraf internasional yang menyuguhkan alam di sekitar area Candi Borobudur. Tahun 2019 ini, Borobudur Marathon akan dilaksanakan pada Minggu, 17 November 2019 mendatang.

(jateng.tribunews.com)

5. F8 Festival

F8 merupakan acara tahunan yang digelar oleh Pemerintah Makassar yang memadukan semua potensi kreatif seperti fashion foos, fiction writes and fonts, fine art, folks, fusion music, flora dan fauna, serta film. F8 Festival berakar kuat pada tradisi serta budaya lokal yang disajikan dalam satu panggung berlatar alam.

6. Tomohon International Flower Festival

Pemerintah Kota Tomohon mengadakan rangkaian acara seni budaya berskala internasional bertajuk Tomohon International Flower Festival. Digelar pada 8 Februari 2006, tujuan awal acara ini bertujuan untuk mengangkat dan memperkenalkan kekayaan seni budaya dan pariwisata Kota Tomohan di mata Indonesia dan dunua. Peserta yang ikut serta dalam Tomohon International Flower Festival berasal dari berbagai kota di Indonesia, bakan negara lain di dunia.

7. Java Jazz

Java Jazz merupakan festival musik jazz terbesar di Indonesia yang menyuguhkan berbagai genre musik jazz. Setiap tahunnya, Java Jazz menampilkan penyanyi atau band pemula hingga para bintang papan atas, serta legenda musik jazz dari dalam maupun luar negeri.

(iradiofm.com)

8. Jember Fashion Carnival

Jember Fashion Carnival diprakarsai oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center. Dalam gelaran Jember Fashion Carnival diisi dengan berbagai beragam pameran fashion dan kebudayaan. P:ara model Jember Fashion Carnival akan berlenggak-lenggok memamerkan busana yang dikenakannya dijalanan Jember sepanjang lebih dari tiga kilometer.

9. Art Jog

Art Jog merupakan festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer tahunan yang digelar di Taman Budaya Yogyakarta. Pertama kali diadakan pada tahun 2008 dengan nama Jogja Art Fair yang merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Kesenian Yogyakarta ke-20. Tahun 2010 lalu, Jogja Art Fair secara resmi terpisah dari Festival Kesenian Yogyakarta dan mengubah nama menjadi Art Jog dibawah naungan Heri Pemad Art Management.

(panduanwisata.id)

10. Iron Man 70.3 Bintan

Iron Man 70.3 Bintan merupakan event sport tourism berskala internasional yang digelar di Bintan, Kepulauan Riau. Iron Man 70.3 Bintan menjadi yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Tahun 2019 ini, Iron Man 70.3 Bintan menargetkan 1200 peserta dari berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, jepang, India, Perancis, New Zealand, dan Amerika Serikat.

Dapatkan ulasan menarik tentang festival dan tulisan Lain dari Taufiqur Rohman

Tags: ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Iklan Anda Klik Untuk Daftar