10 Alat Perlindungan Diri yang Simpel dan Mudah Dibawa Cewek

Meskipun barang-barang ini sederhana kalau Kamu gunakan dengan bijak, Insya Allah Kamu bisa aman dari penjahat.

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

“Perjalanan memang bisa direncanakan, tapi selalu ada hal tak terduga yang bisa bikin perjalanan tak sesuai rencana.”

Setiap orang pasti pernah melakukan perjalanan. Baik dari luar negeri, luar kota, maupun cuma luar rumah sekalipun. Meskipun sering dilakukan oleh semua orang, namun nggak semua perjalanan bisa berakhir dengan bahagia. Kadang, ada oknum nakal yang bikin perjalanan jadi bete banget. Contohnya adalah copet.

Bagi Kamu yang berencana untuk melakukan perjalanan jauh untuk mudik atau hanya untuk jalan-jalan, coba deh lebih waspada biar Kamu nggak jadi korban kejahatan selama melakukan perjalanan.

Berikut ini 9 peralatan yang harus ada di dalam tasmu biar Kamu terhindar dari hal-hal buruk selama perjalanan.

1. Usahakan membawa Pepper Spray biar aman

alat perlindungan diri sederhana

Semprot ini biar kapok. Sumber foto

Kamu punya merica di rumah? Coba deh tumbuk merica lalu larutkan di dalam air dan memasukannya ke dalam wadah bekas parfummu. Bawa jika Kamu pergi untuk menjaga diri.

Pepper Spray ampuh banget bikin mata pedih. Cocok jadi senjata saat Kamu merasa terdesak dan diserang oleh penjahat saat di perjalanan.

Jika Kamu malas bikin semprotan merica ini, Kamu bisa beli di online shop. Harganya mulai dari Rp 30 ribuan ke atas. Murah kan?

2. Kamu bisa menyerang penjahat dengan parfum jika lupa bawa Pepper Spray

alat perlindungan diri sederhana

Semprot aja! Sumber foto

Cewek biasanya selalu bawa parfum ke mana-mana. Tahu nggak kalau ternyata parfum juga bisa jadi alternatif alat untuk menjaga diri layaknya pepper spray. Hal ini karena kandungan alkohol di dalam parfum yang bikin mata pedih.

Kamu hanya tinggal semprotkan pepper sprey ke penjahat yang berusaha menyerangmu dengan parfum ini.

3. Kamu bisa manfaatkan KTP atau SIM sebagai senjata saat terdesak

alat perlindungan diri

Nggak kepikir kan Kamu bisa manfaatin SIM atau KTP. Sumber foto

Ujung-ujung kartu SIM dan KTP cukup berbahaya jika digoreskan di kulit. Saat penjahat mencoba memerasmu dan memaksamu untuk mengeluarkan uang dari dompet, coba serang balik si penjahat dengan kartu SIM atau KTP dengan menggores wajah atau lehernya.

4. Lebih aman lagi kalau Kamu selalu bawa Stun Gun, atau alat kejut listrik

alat perlindungan diri sederhana

Setrum aja penjahatnya. Sumber foto

Di film-film, penjahat biasanya bisa kejang jika disetrum dengan alat kejut listrik. Untuk menghindari kejadian berbahaya yang tak diinginkan saat berada di transportasi umum lebih baik Kamu membekali diri dengan alat kejut listrik ini.

Soal harga sih nggak mahal, mulai dari Rp 100 ribuan dan bisa digunakan berulang-ulang.

5. Nggak punya alat kejut listrik? Bawa bulpen juga sudah cukup membantumu

alat perlindungan diri sedehana

Kalau ini namanya bulpen pisau. Kamu bisa bawa bulpen biasa aja nggak papa. Sumber foto

Bulpen memiliki ujung yang tajam. Ujung tajam ini bisa Kamu manfaatkan saat ada penjahat mencoba untuk menyakitimu. Kekuatannya melebihi kartu SIM dan bisa menembus kulit.

Kamu bisa gunakan bulpen jika terdesak. Harganya ekonomis. Jangan lupa serang bagian terlemah penjahat misalnya wajah atau leher biat Kamu bisa kabur jika terpaksa.

6. Gunting kuku, alat kecil tapi manfaatnya besar

alat sederhana untuk perlindungan diri

Serang pakai gunting kuku. Sumber foto

Guntung kuku harganya murah banget, paling Rp 2 ribu aja. Tapi manfaatnya luar biasa banget loh. Apalagi jika gunting kuku dilengkapi dengan pisau kecilnya.

Kamu bisa menyerang si penjahat dengan pisau kecil ini atau mencubit kulit penjahat dengan sisi tajam gunting kuku ini. Insya Allah, Kamu bisa terhindar dari hal-hal yang nggak Kamu inginkan deh pokoknya.

7. Sisir juga berguna banget lho gaes!

alat perlindungan sederhana

Sisirnya buat seang penjahat. Sumber foto

Sisir memiliki sisi tajam di ujung-ujungnya. Meskipun tak tajam, tapi sisir bisa jadi senjata minimalis untuk melindungi diri.

Harganya murah meriah dan bisa Kamu letakkan di pinggir tas agar mudah Kamu ambil dan Kamu gunakan untuk menyerang penjahat.

8. Kunci bisa jadi senjata saat terdesak

alat perlindungan diri sederhana

Kunci kamarmu atau kosanmu. Sumber foto

Kunci rumah atau kunci motor dan mobil memiliki ujung yang lancip. Ujung ini memang nggak tajam, tapi jika Kamu menggoreskannya pada kulit, kunci bisa merobek kulit dengan dalam.

Jangan lupa menaruh kunci di dalam saku agar mudah diambil saat ada orang tak dikenal mengancammu.

9. Kalau Kamu hijaber, Kamu bisa lindungi diri dengan brosmu

alat perlindungan diri sederhana

Brosnya buat nusuk penjahat. Sumber foto

Hijaber biasa dan identik dengan bros. Meskipun bentuknya lucu, bros ini juga bisa jadi alat untuk perlindungan diri loh.

Hal ini karena ujung bros yang sangat tajam. Jika terpaksa menyerang, Kamu bisa gunakan ujung bros untuk melukai penjahat yang sedang mengancammu.

Kamu yang nggak hijaber juga bisa bawa bros jika Kamu mau. Lekatkan di baju biar Kamu bisa cepat menggunakannya saat diperlukan.

10. Alat kosmetik juga bisa Kamu pakai untuk perlindungan diri loh

alat perlindungan diri sederhana

Matanya ditaburi bedak aja. Sumber foto

Orang zaman sekarang nggak bisa lepas dengan kosmetik. Meskipun aman bagi kulit, namun kosmetik selalu sensitif bagi mata.

Nah, jika kebetulan Kamu merasa diancam oleh orang tak dikenal atau penjahat, coba siapkan alat kosmetikmu, dan kenakan ke mata penjahat. Dijamin si penjahat bakalan ke dokter setelah gagal merampokmu.

***

Jangan lupa untuk terus waspada, setelah berhasil kabur dari penjahat yang mengincar, usahakan untuk lari dan berteriak untuk memperoleh pertolongan dari orang sekitar.

Ohya, Kamu juga bisa belajar bela diri sederhana seperti dalam video berikut untuk membela diri saat ada penjahat yang mencoba untuk menyakitimu.

 

 

“Waspada dan selalu persiapkan dengan matang perjalananmu agar tak jadi serangan empuk para penjahat.”

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang CEWEK, tulisan lain Wike Sulistiarmi

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post