Wow! Nitip Salam di Kertas Kini Jadi Bisnis Traveling Menjanjikan Lho!

Selain jalan-jalan, Kamu juga bisa dapat uang banyak saat traveling dengan bisnis ini loh!

Wike Sulistiarmi • May 12, 2017

Kamu para pendaki pasti tak asing dengan istilah pendaki kertas. Itu loh, para pendaki yang suka menulis beragam uneg-uneg untuk kawan atau kenalan di kertas dengan background gunung.

Awalnya, kebiasaan para pendaki kertas ini memang disambut baik, namun karena tak semua pendaki cinta lingkungan, alhasil tulisan-tulisan itu jadi sampah di gunung. Sontak, para netizen pun marah besar dengan perilaku para pendaki kertas.

dunia pendakian

Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Nah, meskipun kegiatan para pendaki kertas ini dihujat para netizen dan dianggap mencemari lingkungan, namun saat ini kebiasaan menulis pesan di kertas di spot wisata ternyata menjadi bisnis yang cukup menguntungkan lho.

Bisnis nitip salam di kertas ini cukup menjanjikan, karena Kamu bisa traveling sambil dapat duit

kartu ucapan traveling

Traveling sambil dititipin kartu ucapan. Sumber foto

Bisnis ini populer dari sebuah akun instagram @kartuucapan. Para netizen yang tertarik dengan jasa inipun langsung menyerbu akun @kartuucapan untuk dibikinkan foto dan video ucapan di destinasi wisata impian mereka. Bisnis ini cukup menguntungkan, karena para pemesan kartu ucapan harus bayar mulai dari Rp 30 ribu per destinasi.

Kamu yang punya hobi jalan-jalan bisa meniru bisnis ini

Daripada jalan-jalanmu cuma menghabiskan uang, mending Kamu coba bisnis ini deh. Lumayan juga untuk tambah uang saku.

Selain bisnis di kartu ucapan di tempat wisata Kamu juga bisa lakukan bisnis berikut ini untuk tambahan uang sakumu saat traveling:

Jasa titip oleh-oleh

menawar harga

Shoping buat oleh-oleh di Korea. Sumber foto

Selain jasa titip kartu ucapan di tempat wisata, Kamu juga bisa buka jasa titip oleh-oleh. Misalnya Kamu ke Jepang nih, Kamu bisa umumkan rencanamu ini di media sosial, mulai dari facebook, instagram, path maupun twitter. Kamu bisa minta uang tambahan dengan jasa ini.

Antisipasi biar Kamu nggak rugi dengan bisnis ini: Usahakan untuk minta transfer uang dulu dari client sebelum membelikannya oleh-oleh.

Jual produk dalam negeri saat ketemu bule

bisnis traveling

Ini salah satu produk yang bisa Kamu tawarkan. Sumber foto

Sebelum Kamu memutuskan untuk traveling baik ke luar negeri atau ke tempat-tempat di Indonesia, coba deh bawa produk andalan daerahmu. Misalnya carica atau sambal kemasan.

Kamu bisa jual atau sekedar menawarkan kepada bule atau para wisatawan lain. Syukur-syukur mereka mau beli. Iya, kan?

Jasa kirim kartu pos

bisnis traveling

Kamu bisa menawari teman. Sumber foto

Sebagian orang memiliki ketertarikan dengan kartu pos. Coba deh, tawarkan ke beberapa temanmu yang suka traveling untuk ikut jasa titip kartu pos ini.

Lumayan lho untungnya, meskipun ya nggak seberapa sih.

Bisnis kain khas suatu daerah

kain-jayapura

Foto oleh Ariesadhar

Sebenarnya bisnis ini sedikit mirip bisnis titip oleh-oleh, tapi di sini lebih menonjolkan kain khas daerah. Misalnya nih, Kamu sedang di Thailand. Di sana kan ada beberapa kain khas yang lucu, Kamu bisa tawarkan ke beberapa rekanmu di media sosial.

Kamu bisa membebankan ongkos kirim ke pembeli agar bisa untung banyak.

***

Kalau Kamu kreatif, pasti ada jalan untuk bisa meraup keuntungan saat traveling. Kamu bukan hanya jalan-jalan saja tapi juga produksi uang.

Kamu bisa intip bisnis yang cocok untuk anak kuliahan yang cinta traveling di sini: 11 Kerja Part Time Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Nambah Modal Traveling


Tinggalkan Komentar

Komentar