Ini Bedanya Gaya Traveling Si Single dan yang Udah Berkeluarga

Begini bedanya gaya traveling si single dan yang udah berkeluarga!

Rizqi Y • May 17, 2017

Berkeluarga : Nggak mungkin dong ya Kamu ngajak tidur di sembarang tempat, paling nggak nyewa penginapan yang murah-murah gitu buat si istri dan anak. Makanya Kamu yang udah berkeluarga pasti bakal lebih ribet pas mau ngajak traveling sekeluarga.Menurut penelitian, konon orang yang hobi traveling punya gen khusus. Mungkin karena alasan ini juga ya, orang yang dari lahir udah hobi traveling bakal susah dihentikan. Bahkan saat mereka udah mulai hidup berkeluarga, gairah buat traveling juga masih aja menggebu.

Tapi, disadari atau nggak, kadang gaya traveling seseorang bisa langsung berubah saat mereka sudah menikah apalagi kalau udah punya anak. Kayak gimana ya kira-kira perbedaan antara mereka yang masih single dan yang udah berkeluarga?

1. Saat urusan akomodasi kendaraan, mereka punya tingkat keribetan yang berbeda

beda gaya traveling dan sudah menikah

Single lebih bebas memilih kendaraan dari pada yang sudah menikah dan punya anak. Sumber foto

Single : Kamu sih gampang, semisal nggak dapet tiket pesawat ya tinggal pindah nyari bus atau kereta. Harus nyambung-nyambung angkutan buat sampai ke destinasi tujuan juga nggak masalah.

Berkeluarga :  harus persiapan jauh-jauh hari supaya nggak kehabisan tiket. Nggak mungkin juga kan nagajak si kecil ngeteng atau nyambung kendaraan umum. 

2. Persoalan tempat istirahat dan penginapan pun, mereka punya pertimbangan sendiri-sendiri

beda gaya traveling dan sudah menikah

Kalau masih single, mau tidur di mana aja sih bebas. Sumber foto

SingleKamu yang masih sendirian  mah bebas, mau tidur di pinggir jalan, masjid atau pom bensin juga oke-oke aja tuh.  

Berkeluarga : Nggak mungkin dong ya Kamu ngajak tidur di sembarang tempat, paling nggak nyewa penginapan yang murah-murah gitu buat si istri dan anak. Makanya Kamu yang udah berkeluarga pasti bakal lebih ribet pas mau ngajak traveling sekeluarga.

Refererensi buat Kamu yang udah berkeluarga nih : Cara Menghabiskan Waktu Liburan Bersama Keluarga di Bali

3. Barang bawaan yang harus di bawa pas lagi liburan pun tak sama

beda gaya traveling dan sudah menikah

Beda sama single, mereka yang udah berkeluarga harus bawa banyak tas dan koper. Sumber foto

Single :  Pas Kamu mau pergi jauh kemana pun cukup dengan satu tas ransel besar atau carrier. Paling-paling juga nambah satu tas slempang buat bawa barang-barang kecil kayak hp, paspor atau dompet.

Berkeluarga :  Kamu harus bawa koper atau tas double. Buat pakaian sekeluarga, kebutuhan logistik anak, kadang juga harus bawa mainan buat si anak biar nggak rewel di perjalanan. Duh, ribetnya berlipat-lipat pokoknya deh!

4. Inilah mereka, ketika memilih destinasi liburan 

beda gaya traveling dan sudah menikah

Memilih destinasi nggak bisa sembarangan kalau sudah bawa anak-anak. Sumber foto

Single : Kamu sih bebas mau ke mana aja. Mau ke luar negeri, ke pulau seberang, atau mau naik gunung mana aja juga bebas.

Berkeluarga : Kamu nggak bisa sembarangan dan harus pertimbangkan resikonya juga. Mungkin nggak ya ngajak anak kecil ke luar negeri atau naik gunung? Kalau emang memungkinkan itu pun pasti butuh persiapan yang lama dan nggak bisa spontan gitu aja. 

5. Gini nih kalau dilihat dari perencanaan budget di antara keduanya

beda gaya traveling dan sudah menikah

Budget juga jadi pertimbangan tersendiri buat mereka yang udah berkeluarga. Sumber foto

Single : Buat Kamu jalan-jalan dengan budget ngepres mungkin nggak jadi masalah. Kamu bisa menghemat pengeluaran dengan memilih tidur di tempat umum atau rumah singgah. Atau Kamu juga bisa menghemat uang dengan ngurangi jatah uang makan atau jajan.

Berkeluarga : Kamu  nggak bakal tenang kalau pergi traveling dengan budget yang pas-pasan. Kamu harus tetep punya uang cadangan buat jaga-jaga, jadi kalau misal anakmu ternyata sakit pas lagi liburan nggak repot nyari uang.  

6. Saat tujuan traveling pun udah beda

beda gaya traveling dan sudah menikah

Buat mereka yang udah berkeluarga liburan nggak cuma buat refreshing, tapi buat ajang belajar juga. Sumber foto

Single : Tujuan Kamu traveling pasti tujuannya buat refreshing, sejenak lari dari rutinitas kerja yang udah bikin stress atau memuaskan jiwa petualangan. intinya buat menyenangkan diri sendiri. 

Berkeluarga : Traveling bareng keluarga nggak cuma buat ajang jalan-jalan refreshing, tapi buat belajar juga.Kamu biasanya sih lebih milih tempat yang bisa buat liburan santai, sekaligus bisa jadi arena belajar buat anak. Misalnya nih, Kamu lebih milih pergi ke seaworld yang bisa buat belajar jenis ikan. Atau ke alam terbuka supaya anak-anakmu lebih cinta sama alam. 

7. Dan alhasil efek traveling pun juga beda

beda gaya traveling dan sudah menikah

Kalau jalan senriri, bahagianya juga cuma buat diri sendiri. Foto oleh Echi

Single :  Sebetulnya Kamu juga bisa sih berbagi kebahagiaannya setelah pergi liburan. Tapi orang-orang belum tentu bisa merasakan kenangan yang sama. Jadi ya udah, sebatas berbagi aja dan kenangannya juga cuma bisa dinikmati sendiri. 

Berkeluarga : Kamu bisa mengenang perjalanan bersama apsangan dan anak-anakmu. Bakal jadi cerita yang bisa dikenang lama dan jadi pengalaman yang luar biasa. Intinya sih nggak cuma diri sendiri aja yang ngerasain bahagia saat liburan.

8. Cara mereka melakukan segalanya saat traveling

beda gaya traveling dan sudah menikah

Jalan sendiri bikin Kamu harus melakukan segalanya sendirian. Sumber foto

Single : Saat masih single, waktu jalan-jalan lebih banyak dihabiskan bareng teman atau pun pacar. Masa muda menggelora, merasa bebas melakukan apa pun mumpung masih belum ada tanggungan keluarga. Mau melakukan hal kocak pun nggak masalah. 

Berkeluarga : Ibarat kata nih, liburan bareng keluarga itu susah seneng bareng. Mulai dari packing, milih destinasi atau pas lagi di jalan semua dirasain bareng-bareng. Kalau ada satu yang kesusahan, lainnya bisa bantu. Kalau pas lagi di penginapan juga lebih seru. Bisa main-main sama pasangan dan anak-anak. Jadi Kamu nggak bakal ngerasa kesepian.

9. Dan beginilah cara mereka mengumpulkan uang untuk jalan-jalan

beda gaya traveling dan sudah menikah

Asyiknya udah punya keluarga kecil itu, nabung bisa berdua. Sumber foto

Single : Biasanya kan kalau nabung sendirian lebih lama ngumpulnya, belum lagi godaan buat pake uang tabungan lebih besar. Alhasil udangnya nggak ngumpul-ngumpul danmalah lari ke barang-barang nggak penting. 

Berkeluarga :  Nabung buat liburan lebih mudah dan ringan. Soalnya nabungnya kan berdua. Udah gitu bisa saling ngingetin kalau ada salah satu yang mulai nakal mau pake uang tabungan liburan. 

***

Intinya sih, liburan ala single dan keluarga itu ada enaknya ada nggak-nya. Asal bisa menikmati ish sebetulnya nggak masalah mau liburan sama keluarga kecilmu atau sendirian. 

Baca juga :