Hutan Mangrove Kulonprogo, Wisata Hits yang Cocok Untuk Foto-foto

Hutan Mangrove Kulonprogo bisa jadi salah satu pilihan pas buat kamu yang hobi foto-foto. Banyak spot menarik yang bisa kamu eksplore di sana.

Desti Artanti • September 17, 2016
hutan mangrove kulonprogo

Gambar diambil dari sini

Dari waktu ke waktu, Yogyakarta selalu punya ‘senjata’ baru untuk mendongkrak popularitas wisatanya. Kini, wisata hutan mangrove Kulonprogo juga bisa jadi pilihanmu untuk mengexplore wisata alam Jogja.

Lokasinya berada di Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena banyak diekspos di berbagai media sosial seperti instagram dan path, alhasil lokasi yang tadinya tidak diperuntukan untuk wisata ini malah ramai dikunjungi.

hutan mangrove kulonprogo

Gambar diambil dari sini

Di kawasan hutan mangrove yang membentang di aliran Sungai Bogowonto, dan anak Sungai Bogowonto tersebut tidak hanya ada satu spot wisata, tetapi terdapat beberapa, dan satu di antaranya adalah Wisata Alam Hutan Mangrove Jembatan Api-Api. Hutan mangrove ini masuk dalam wilayah dusun Pasir Mendit.

Jangan bayangkan api di jembatan atau jembatan yang terbakar setelah mendengar nama Jembatan Api api. Karena sebenarnya nama ini merujuk kepada jenis mangrove yang ada di kawasan tersebut yaitu avicennia germinansatau atau yang dikenal sebagai jenis api-api dan terdapat sebuah jembatan yang melintang di anak sungai Bogowonto.

hutan mangrove kulonprogo

Gambar diambil dari sini

Jembatan tersebut terbuat dari bambu dan belakangan menjadi semakin viral dan hits di internet karena view nya yang instagramable. awalnya jembatan tersebut digunakan oleh warga sekitar untuk menuju ke pantai atau memancing. Namun karena makin banyak dikenal, akhirnya warga sekitar mengelola tempat ini secagai tempat wisata secara lebih serius.

Menariknya, di kawasan wisata hutan mangrove Kulonprogo ini terdapat beberapa spot foto yang unik. Selain jembatan Api-api, ada jembatan melingkar berbentuk hati, bingkai asmara, gitar raksasa, dan beberapa lainnya.

Jam operasional tempat ini mulai pukul 06.00-19.00 WIB. Tarif masuknya pun cukup terjangkau, hanya Rp 4.000,00 saja.


Tinggalkan Komentar

Komentar