Fakta Jalur Kereta Api Trans-Siberia, Dari Asia ke Rusia Naik Kereta

Berencana ke Eropa? Sesekali Coba naik Kereta Trans-Siberia ini deh!

Wike Sulistiarmi • May 15, 2017

“Setiap ada kemauan pasti ada jalan,”

Sebagian orang Indonesia pasti pernah memiliki keinginan untuk traveling ke luar negeri, khususnya ke negara-negara bersalju seperti Rusia. Tapi, tiket pesawat ke negara Eropa sangatlah mahal. Butuh uang setidaknya Rp 30 juta untuk bisa naik pesawat pulang pergi, belum juga penginapan dan berbagai kebutuhan traveling lainnya. 

Tapi tenang dulu, sebenarnya Kamu bisa ke Eropa lewat jalur darat menggunakan kereta dengan harga cukup miring

trans siberian

Jalur kereta bangus banget. Sumber foto

Sebagai orang Indonesia yang menjunjung tinggi prinsip ‘irit’, Kamu sebenarnya bisa lho traveling ke Eropa tanpa harus bayar mahal tiket penerbangan. Pilihan paling asik dan unik adalah naik kereta Trans-Siberia yang melayani perjalanan dari China ke Moscow, Rusia dengan harga tiket yang cukup miring.

Kamu hanya membayar mulai dari 23 Juta plus city tour

Sebenarnya banyak sekali penawaran yang diberikan Trans-Siberia kepada penumpangnya. Kamu bisa memilih naik kereta dari China langsung ke Moscow, Rusia atau ikut tour kereta Trans-Siberia dengan mengunjungi beberapa negara yang dilewati oleh kereta.

trans siberian

Ini salah satu contoh harga resmi dari TransSiberian. Sumber foto

Untuk perjalanan plus city tour sendiri dibanderol mulai dari Rp 22 Juta – Rp 35 Juta. Tergantung berapa kota yang akan dijelajahi dan berapa hari Kamu ingin menjelajah.

Kamu bisa cek harga terbaru tiket keretanya di sini.

Untuk bisa sampai di Rusia, Kamu membutuhkan setidaknya 5-7 hari

trans siberian

Kamu akan naik kereta dengan perjalanan yang sangat panjang. Ini adalah rute yang telah ditulis oleh pihak Trans Siberian. Sumber foto

Jalur kereta dari Beijing, Cina ke Moscow Rusia dengan panjang sekitar 7622 km, membutuhkan waktu 5-7 hari untuk bisa sampai di Rusia. Meskipun sangat lama, tapi Kamu tidak akan bosan karena Kamu bakal diajak melewati dua benua dan 90 kota di dunia dengan kereta ini.

Meskipun menjadi kereta dengan jarak tempuh terpanjang, namun pelayanan kereta tetap maksimal

jalur kereta trans siberian

Mewah nih! Sumber foto

Kereta Trans-Siberian Express memiliki fasilitas yang bagus. Bukan hanya menyajikan kursi duduk saja, para penumpang bisa makan di resto dalam kereta, kamar mandi mewah, ranjang tidur, hingga tempat bersuka ria dengan penumpang lain.

Meskipun perjalanan panjang, Kamu tidak akan bosan menumpang di kereta ini.

Bukan hanya melayani jalur Moscow-Beijing, kereta ini juga melayani perjalanan ke beberapa negara lain

trans siberian express

Inilah jalur yang bisa Kamu tempuh untuk bisa sampai ke Eropa dengan kereta Trans-Siberian Express. Sumber foto

Trans-Siberian ini memiliki beragam pilihan jalur pemberhentian, Kamu bisa memilih berbagai jalur sesuai keinginanmu, berikut ini adalah jalur yang bisa Kamu pilih:

  1. Moskow-Vladivostok: Ini adalah perjalanan kereta terpanjang dari semua jalur yang dimiliki oleh kereta manapun di dunia dengan jarak 9.259 km atau 5.752 mil. Kereta ini memiliki beragam fasilitas, mulai dari resto, ranjang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu juga bisa ke Korea Selatan dan Jepang lewat jalur ini.
  2. Moscow-China: Sebenarnya, jalur utama Trans-Siberia menuju ke Vladivostok, tapi para pelancong biasanya memilih jalur Trans-Manchuria. Keberangkatannya sendiri 2 kali seminggu baik dari Moscow maupun ke Beijing.
  3. Moskow-Beijing melalui Mongolia: Ini bisa dibilang rute Trans-Siberia yang paling menarik untuk diambil. Kereta Trans-Mongolia ini akan melintasi Siberia, Mongolia, gurun Gobi, lalu memasuki Cina.
  4. Moskow-Beijing melalui Manchuria: Kereta Trans-Manchuria hanya ada mingguan, membutuhkan waktu lebih dari enam hari untuk menempuh jarak 8.986km dari Moskow ke Baijing lewat jalur ini.
  5. Selain memakai Kereta Trans-Siberia, Kamu juga bisa ikut kereta lain. Banyak kereta yang lebih lambat dan harga yang lebih murah.

Jalur kereta terpanjang ini dibangun selama lebih dari 8 tahun

trans siberian express

Jalur Trans Siberian Express. Sumber foto

Jalur kereta ini dibangun sejak tahun 1947 dan selesai pada tahun 1955 oleh Uni Soviet. Total butuh waktu 8 tahun untuk menyelesaikan jalur sepanjang 9.289 km.

Awalnya, jalur ini digunakan oleh para pedagang dari Cina untuk membawa Teh ke Rusia dan Eropa. Dulu, membutuhkan waktu hampir setengah tahun untuk sampai di Rusia, namun dengan kecanggihan teknologi, sekarang wisatawan bisa sampai ke Rusia dalam 7 hari.

Jalur ini bakal menjadi jalur terpanjang dan tercepat di masa mendatang

siberian express

Salah satu pemandangan Siberian Express. Sumber foto

Trans-Siberia memang menjadi salah satu mode transportasi yang cukup membantu traveler yang ingin merasakan perjalanan traveling dengan pengalaman luar biasa dan harga miring. Namun, karena waktu tempuh yang sangat lama (5-7 jari) untuk bisa sampai ke China atau Rusia, banyak orang yang kurang berminat menggunakan mode transportasi ini.

Rencananya, akan dibangun kereta cepat di jalur ini. Para wisatawan akan di bawa ke luar benua hanya dalam waktu 48 jam. Rencana sudah dicanangkan sejak tahun 2015, namun masih belum tahu kapan akan direalisasikan.

***

Bagi Kamu yang ingin traveling dengan pengalaman yang berbeda, bisa mencoba traveling menggunakan Trans-Siberia ini. Kamu bisa mempersiapkan Visa dan terbang ke Beijing sebelum memesan tiket kereta ini.

Baca juga artikel menarik dan viral di phinemo: