Indonesia Bakal Punya Masjid Termegah di Asia, Begini Nih Wujudnya!

Indonesia bakal punya masjid termegah se-Asia!

Rizqi Y • May 12, 2017

Masjid merupakan salah satu tempat ibadah yang juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata. Alasannya karena memang beberapa masjid punya desain arsitektur yang unik dan cantik. Atau juga karena masjid tersebut punya sejarah yang menarik untuk diketahui. 

Belum lama ini Kota Palembang sering disebut-sebut media, karena melansir kabar dari harianpost.co.id di kota ini bakal dibangun sebuah masjid yang terbesar dan termegah se-Asia. Waw, Kamu pastinya bangga dong kalau Indonesia memang benar bakal punya masjid terbesar dan termewah di Asia. 

Selain jadi yang termegah di kawasan Asia, masjid ini juga bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas

masjid termegah di asia

Wujud sementara bangunan masjid di Palembang. Sumber foto

Masjid yang akan dibangun di atas tanah seluas 20 hektar ini nantinya bakal dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas canggih dan modern. Nggak cuma itu aja, ternyata masjid ini nantinya akan dijadikan sebagai  museum islam. Jadi para wisatawan yang datang nggak cuma bisa beribadah dan menikmati keindahan masjid ini. Tapi juga bisa sekaligus belajar lebih banyak tentang islam.

Kita doakan aja nih, semoga sebelum Asean Games dimulai, masjid ini sudah selesai digarap. Jadi nantinya bisa sekaligus dipromosikan ke semua peserta Asean Games yang berasal dari berbagai negara. Kan lumayan juga, nantinya bakal lebih banyak wisatawan yang tertarik berwisata religi di masjid ini. 

***

Selain ada masjid yang digadang-gadang bakal jadi yang termegah se-Asia ni, Indonesia juga punya banyak masjid megah dan unik lho gais! Bahkan masjid-masjid ini juga nggak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Pengen tahu masjid mana aja yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata religi? Yuk, cek satu-satu di sini.

1. Masjid Agung Jawa Tengah, yang unik dengan aksesoris payung raksasa mirip dengan Masjid Nabawi

masjid termegah di asia

Masjid Agung Jawa Tengah yang sedikit mengadopsi desain Masjid Nabawi. Sumber foto

masjid Agung Jawa Tengah atau sering disebut MAJT ini dibangun dengan gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas khas bangunan Jawa namun dibagian ujungnya dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter. Ditambah lagi dengan 4 menara masing masing setinggi 62 meter ditiap penjuru atapnya sebagai bentuk bangunan masjid universal Islam.

Hal menarik lain dari MAJT adalah, di sini Kamu bisa naik ke menara yang tingginya mencapai 99 meter. Dari sini Kamu bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari atas ketinggian. 

2. Masjid Terapung Makassar, suasana damai masjid berpadu dengan deburan ombak laut yang akan membuatmu lebih tenang

masjid termegah di asia

Masjid Terapung ini dekat dengan Pantai Losari lho. Sumber foto

Bangunannya dominan dibalut warna putih berpadu abu-abu. Terkesan hangat dan nyaman ya gengs. Angin laut bebas keluar masuk ke dalam masjid, jadi seolah ngasih sensasi tersendiri yangnggak bisa Kamu temukan di masjid lain. Ketenangan masjid juga akan berpadu dengan latar suara deburan ombak dan aroma laut.

Masjid ini sebetulnya bernama Masjid Amirul Mukminin, tapi warga Makassar sering menybutnya sebagai ‘Masjid Terapung”. Mungkin karena memang letaknya yang berada di  timur laut Pantai Losari. Kalau Kamu sedang berada di Losari, mampirlah sesekali di sini. Ngerasain gimana beribadah di masjid atas laut. 

3. Kubah warna-warni di Masjid Agung Tuban ini justru bikin masjid ini tampak eye-catching dan unik

masjid termegah di asia

Masjid ini mirip dengan negeri dongeng. Sumber foto

Sekilas melihat masjid ini ingatnmu pasti langsung tertuju ke film-film kartun Disney. Dimana ada kastil indah dengan warna-warni yang crah. Nah, sebetulnya Masjid Agung Tuban ini mengadopsi konsep bangunan bangunan 1001 malam. Jadi wajar aja aja kalau kubahnya berwarna-warni, kayak di negeri dongeng gitu.

Jadi kelihatan unik dan nggak ngebosenin ya gais? Bagian dalam masjid ini banyak menggunakan pola lengkungan untuk menghubungkan tiang penyangga, jadi menghasilkan pola ruang dengan kolom-kolom. Pintu dan mimbarnya terbuat dari kayu dengan ukiran arsitektur khas Jawa klasik. Perpaduan yang unik!

4. Masjid Agung An-Nur Pekanbaru, masjid yang bisa dibilang hampir mirip dengan Taj Mahal

masjid termegah di asia

Masjid ini disebut sebagai Taj Mahalnya Riau. Sumber foto

Gimana, mirip banget kan sama Taj Mahal yang ada di India? Karena alasan ini juga, Masjid Agung An-Nur Pekanbaru sering dijuluki sebagai “Taj Mahal”-nya Riau. 

Masjid yang mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India ini selalu sukses menarik minat wisatawan. Nggak cuma itu saja, ternyata masjid ini juag dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari pendidikan kelas playgrup, TK, SD, SMP & SMA, perpustakaan, aula, ruang kelas dan ruang kantor. Kalau ke Pekanbaru akan sayang rasanya kalau nggak mampir ke masjid ini.

Bicara soal Taj Mahal di India, mungkin 5 Kota ini bakal bikin Kamu pengen jalan-jalan ke India!

5. Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu Riau, masjid yang cantik dan gemerlap saat malam hari

masjid termegah di asia

Masjid Madani yang tak pernah sepi dari wisatawan. Sumber foto

Masjid yang terkenal dengan kegemerlapannya kala malam hari ini punya fitur bangunan utama berupa masjid dan bangunan plaza. Bangunanutama ini dikelilingi oleh arcade. Desain arsitektur masjid ini mengadopsi gaya bangunan masjid modern bergaya arabia dengan kubah besar. Di atap bangunan utama diapit empat menara di setiap sudut bangunan masjid dan ada lagi satu menara utama yang terpisah dari bangunan utama.

Masjid ini selain megah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lho gais. Mulai dari fasilitas dasar seperti tempat wudhu dan MCK yang selalu bersih. Dan juga fasilitas lain seperti perpustakaan digital dan manual, TV Madani, Radio Daerah,  poliklinik, aula serbaguna, toserba serta ruangan belajar yang dilengkapi dengan akses internet. Lengkap banget kan? 

6. Cuma di Masjid Kubah Emas Depok ini Kamu bisa melihat masjid yang benar-benar diselubungi emas

masjid termegah di asia

Di masjid ini Kamu bisa melihat kubah yang berbungkus emas. Sumber foto

Masjid Kubah Emas Depok atau memiliki nama resmi Masjid Dian Al-Mahri ini akan membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Kubahnya dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Wow, mungkin ini satu-satunya masjid di Indonesia yang punya kubah benar-benar dilapisi emas!

Uniknya lagi, emas ini nggak cuma ada di bagian kubahnya saja. Tapi juga ada di bagian mahkota pilar interior, dan di tangga mezanin, capital, lampu gantung, ornament dekoratif di atas mimbar mihrab serta ornamen kaligrafi langit-langit kubah Kamu bisa menemukan gold plating. 

Jumlah kubah dan menara di masjid ini menunjukkan makna rukuni slam dan rukun iman. Keren banget pokoknya!

7. Masjid Islamic Centre Samarinda yang dikelilingi lafadz Asmaul Husna

masjid termegah di asia

Masjid Agung Samarinda yang cantik. Sumber foto

Dengan luas bangunan utama mencapai 43.500 meter persegi, masjid ini disebut sebagai masjid terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dinding luar menara ini dikelilingi lafadz Asmaul Husna yang dilapisi batu granit, dengan teknik pembuatan water jet. Menara ini terilhami dari Masjid Nabawi Madinah dan kubahnya terilhami dari Masjid Haghia Sophia Istanbul.

Keindahan Masjid Islamic Centre Samarindah ini semakin lengkap dengan cantiknya panorama tepi Sungai Mahakam.

8. Masjid Istiqlal, masjid Indonesia yang menjadi terbesar se-Asia Tenggara

masjid termegah di asia

MAsjid Istiqlal Jakarta menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Sumber foto

Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini berdiri di atas lahan bekas Taman Wilhelmina. Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral. Keduanya sampai saat ini menjadi percontohan kehidupan yang harmonis antar umat beragama yang berbeda keyakinan. Mewakili semboyan Bhineka Tunggal Ika ya!

Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid ini memiliki gaya arsitektur modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat. Nggak cuma digunakan sebagai tempat ibadah dan wisata religi, masjid ini juga digunakan sebagai pusat kegiatan berbagai organisasi Islam di Indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum.

Buat Kamu yang nanti nggak mudik pas lebaran. ini dia 14 aktivitas yang bisa Kamu lakukan saat lebaran di Jakarta

9. Masjid Agung Kudus, bukti nyata berpadunya budaya Islam dan Hindu

masjid termegah di asia

Bukti perpaduan budaya Islam dan Hindu di Kudus. Sumber foto

Masjid ini adalah perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Masjid ini biasanya menjadi pusat keramaian pada festival “dhandhangan” yang diadakan warga Kudus untuk menyambut bulan Ramadan.

Masjid Menara Kudus disebut juga dengan Masjid Al Aqsa adalah masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Salah satu spot menarik dari masjid ini adalah menara masjid yang berbentuk mirip dengan candi Hindu. Benar-benar perpaduan budaya yang cantik!

10. Masjid Agung Demak, masjid tertua di Indonesia yang punya desain klasik

masjid termewah di asia

Potret Masjid Agung Demak dari atas. Sumber foto

Masjid Agung Demak adalah masjid tertua yang ada di Indonesia. Kono masjid ini dulunya adalah tempat berkumpulnya para ulama yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang kini dikenal disebut Wali Songo. Menurut kepercayaan masyarakat, masjid ini dibangun oleh Raden Patah, yakni raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad 15 Masehi. Wah, udah tua banget ya gais ternyata.

Bangunan Masjid Agung Demak jika Kamu perhatikan mengadopsi desain rumah joglo khas Jawa. Klasik banget! Terdiri dari bangunan induk dan serambi, bagian depan masjid ini memiliki menara yang cukup tinggi. Selain itu ada juga beberapa makam raja-raja Kesultanan demak dan museum. JAdi nggak salah kalau banyak wisatawan yang datang berwisata di masjid ini.

***

Wisata religi emang bukan sesuatu hal yang baru, dan bukan hal yang salah juga. Tapi yang jelas, saat Kamu berjalan-jalan atau berwisata ke masjid-masjid, pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan ya gais. Jaga sikap juga, karena biar manapun masjid adalah tempat beribadah untuk umat muslim. Jadi pastikan untuk nggak membuat kegaduhan. 

Bulan Ramadhan, Musikus Asal Amerika Backpacking; ke 30 Masjid di Pulau Jawa, Kira-kira ramadhan tahun ini dia bakal backpacking lagi nggak ya ke Indonesia?