Pulau Labengki, Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara

Raja Ampat juga ada di Sulawesi lho!

Rizqi Y • May 10, 2017

Konon, jalan-jalan bukan tentang “ke mana” tapi “dengan siapa” Kamu pergi. Lebih asyik kalau pergi ke tempat yang indah sama orang terkasih. Ya nggak?

Kalau bicara soal destinasi wisata di Indonesia sepertinya nggak akan pernah ada habisnya. Percayalah, karena setiap sudut di negeri ini emang indah.

Salah satu destinasi Indonesia yang sedang menarik perhatian pencinta jalan-jalan adalah Pulau Labengki. Kecantikan pulau tersembunyi milik Sulawesi Tenggara ini konon mirip Raja Ampat. Maka, banyak orang yang mulai menyebut Pulau Labengki sebagai Raja Ampatnya Sulawesi.

Nah, berikut adalah alasan mengapa Pulau Labengki sering dikatakan mirip dengan Raja Ampat.   

Punya perbukitan dan pulau-pulau kecil, spot paling populer di Labengki ini hampir sama dengan Wayag di Raja Ampat

pulau lebangki raja ampat di sulawesi

Pemandangan Labengki yang mirip dengan Wayag Raja Ampat. Sumber foto

Cuaca sepanas apapun, pasti nggak bakal mengurungkan niat Kamu buat menikmati pemandangan cantik ini. Sekilas melihat foto ini Kamu jadi teringat suatu destinasi lain? Bisa ditebak, karena spot ini emang mirip dengan yang ada di Wayag Raja Ampat.

Jadi mungkin ini juga salah satu alasan kenapa Pulau Labengki ini dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi.

Pulau Labengki punya Teluk Cinta yang bentuknya menyerupai bentuk hati. Siapapun yang datang ke sana, pasti bakal dibuat jatuh cinta olehnya 

pulau labengki miniatur raja ampat

Teluk Cinta, spot paling favorit apalagi yang bawa pasangan. Sumber foto

Teluk ini dinamakan Teluk Cinta karena emang bentuknya yang menyerupai bentuk hati. Kalau dilihat sekilas dari bawah emang nggak terrlalu kelihatan jelas bentuk hatinya. Tapi kalau dilihat dari atas, jadi mirip banget kan sama bentuk hati?

Kalau Kamu ingin melihat pemandangan teluk yang berbentuk hati ini, trekking saja ke atas bukit. Karena hanya dari ketinggian Kamu bisa ngelihat bentuk hati Teluk Cinta. Oiya, selain naik bukit, gunakan drone deh buat mengabadikan potret pemandangan Teluk Cinta. 

Nggak cuma punya pemandangan laut yang cantik, Labengki juga punya pantai pasir putih mirip kayak di Pantai Cemara Raja Ampat

pulau labengki miniatur raja ampat

Sembunyi di pantai ini bakal kayak punya pantai sendiri ya gengs. Sumber foto

Habis diputusin doi? Terus menghabiskan waktu berminggu-minggu cuma di kamar aja? mending main-mainlah ke Labengki. Ada pantai pasir putih yang masih sepi dan tersembunyi. Hampir mirip sama Pantai cemara yang ada di Raja Ampat. Sama-sama berpasir putih dan tersembunyi. 

labengki

Pantai cantik ini masih cukup tersembunyi di Raja Ampat. Sumber foto

Di sini Kamu bisa menikmati suasana tenang Pulau Labengki yang masih belum banyak dijamah wisatawan. Pastinya tempat yang cocok buat bergalau ria. 

Labengki juga punya spot snorkeling yang keren, nggak kalah dari Raja Ampat Papua

pulau labengki miniatur raja ampat

Snorkeling bisa jadi aktifitas favorit di Labengki. Sumber foto

Soal keindahan dan kekayaan laut timur Indonesia nggak perlu diragukan lagi. Labengki juga punya keindahan bawah laut yang bisa diadu dengan spot diving yang ada di Raja Ampat. Terumbu karang yang masih alami dan terjaga, dilengkapi dengan berbagai spesies ikan yang cantik.

Uniknya lagi, di sini Kamu bisa juga lho ngasih makan lobster. Tapi pastikan tanya dulu ke operator wisata atau pihak yang bertugas di sekitar area snorkeling ya gais.

Di Labengki Kamu ternyata juga bisa menjumpai salah satu spesies Kima terbesar di dunia

pulau labengki miniatur raja ampat

Di Labengki hidup Kima terbesar kedua di dunia. Sumber foto

Kima adalah salah satu jenis kerang raksasa yang besarnya bisa mencapai 50 cm. Nah, ada fakta unik nih gais. Ternyata Kima yang hidup di Pulau Labengki tercatat sebagai Kima terbesar kedua di dunia. Makanya Pulau Labengki ini juga sekaligus dijadikan sebagai tempat penelitian dan konservasi. 

Bahkan ada juga yang menyebut Pulau Labengki sebagai “Giant Clam Marine Park Reservation”. Keren banget kan? 

Labengki  ternyata dihuni warga lokal yang ternyata adalah asli Suku Bajo

pulau labengki miniatur raja ampat

Potret anak Suku Bajo yang tinggal di Pulau Labengki. Sumber foto

Pulau Labengki bukan pulau kosong yang nggak berpenghuni. Karena ternyata pulau ini dihuni oleh Suku Bajo. Meski nggak terlalu banyak, cuma ada sekitar 100an kepala keluarga. Tapi setidaknya Kamu bisa mengenal lebih dekat kehidupan Suku Bajo ini.

Karena sebetulnya makna sebuah perjalanan bukan cuma sekadar eksplore tempat bagusnya, tapi juga mengenal lebih dekat masyarakat lokalnya. Kabar baiknya, Kamu bisa menginap di rumah-rumah warlok. Karena memang di sini belum ada penginapan.

Sstt, mereka konon sangat ramah lho sama wisatawan.

Nggak cuma Pulau Labengki, di Sulawesi Tenggara juga ada pulau lain: Cantiknya Bokori, Pulau Kecil di Sulawesi Tenggara yang Hampir Hilang Karena Abrasi

Kalau Kamu beruntung, lumba-lumba cantik ini bakal menemanimu saat perjalanan ke Pulau Labengki

pulau labengki miniatur raja ampat

Semoga saja Kamu beruntung dan bisa ketemu sama lumba-lumba cantik ini. Sumber foto

Emang nggak setiap waktu lumba-lumba ini keluar dan muncul di permukaan. Tapi kalau Kamu sedang beruntung, lumba-lumba ini bakal muncul dan berenang bebas dipermukaan laut. Perjalanan Kamu pasti bakal seru deh kalau si lumba-lumba ini muncul. 

Yang nggak kalah seru, Kamu bisa camping ceria di pulau ini gengs

pulau labengki miniatur raja ampat

Kamu bisa camping dipantai pasir putih ini lho gais. Sumber foto

Karena emang belum ada penginapan, jadi camping di pinggir pantai Pulau Labengki bisa jadi pilihan yang asyik. Meski Kamu bisa menginap di rumah warga, tapi nggak ada salahnya juga sih sesekali Kamu ngerasain serunya camping  di pantai yang masih sepi. 

Jarang-jarang kan Kamu camping di tepi pantai? Bangun pagi disambut sama pasir putih yang lembut, sunrise yang hangat dan ombak yang berdebur. Duh, romantis banget!

Siapa nih di sini yang hobi mancing? Labengki akan jadi spot impian buat Kamu

pulau labengki miniatur raja ampat

Seru banget niuh, habis mancing langsungbakaran di pinggir pantai. Sumber foto

Karena punya kekayaan laut yang melimpah, jadi memancing di Labengki nggak akan membuatmu kecewa. Ada banyak jenis ikan yang bisa Kamu tangkap di sini misalnya Barakuda, Kerapu, Tuna Sirip Kuning, Kakap Merah ataupun Ikan Layar. 

Nah, lebih seru lagi nih sehabis mancing melipir ke pantai lalu akar-bakaran. Duh, makan jadi tambah sedep deh tuh!

***

Gimana, Pulau Labengki ini pantas nggak dikasih julukan Raja Ampatnya Sulawesi? Pulau ini masih alami dan belum banyak pembangunan infrastruktur. Kalau Kamu berencana jalan-jalan ke sini, ingat ya jangan nyampah apalagi ngerusak keindahan alamnya. Jangan pokoknya! Lebih bagus kalau kamu justru meninggalkan sesuatu yang berguna buat Labengki. Misalnya kasih sumbangan tempat sampah, kasih buku buat anak-anak Bajo, atau cara kreatif lainnya.