Fakta-fakta Rencana Pembangunan Disneyland di Boyolali

Sebelum percaya soal pembangunan Disneyland di Boyolali, Kamu perlu tahu fakta ini dulu!

Rizqi Y • April 18, 2017

Kamu pasti sudah dengar soal rencana pembangunan Disneyland di Boyolali. Berita yang beberapa hari ini jadi heboh di berbagai media dan juga sosmed. Pastinya kalau memang ini bener, Indonesia bakal jadi terkenal dong.

Usut punya usut nih, berita pembangunan Disneyland di Boyolali asalnya justru dari Bupati setempat

Kalau Kamu sempet baca beberapa berita tentang hal ini dari berbagai portal, satu hal yang Kamu temui pasti adalah pernyataan Bupati Boyolali. Isinya kurang lebih sih menyatakan kalau Disneyland bakal dibangun dengan nilai proyek sebesar 6triliun. 

Menurutnya juga nilai proyek ini cuma sekitar 23% dari total proyek. Dan menurut Bupati Boyolali, pihak Disneyland bahkan udah tanda tangan MoU bulan desember lalu. Waaah, kayaknya meyakinkan banget. Apalagi kalau yang kasih pernyataan Bupati sendiri. 

Tapi ternyata, yang mengklaim bahwa daerahnya akan dibangun Disneyland nggak cuma Boyolali

Kalau memang iya Disneyland bakal dibangun di Boyolali, harusnya nggak ada berita serupa yang bermunculan dong ya. Kalau Kamu teliti banyak lho daerah lain yang juga mengklaim kalau di daerahnya akan dibangun Disneyland. Misalnya di Kulonprogo dan Bandung.

Ini pasti bikin Kamu bingung kan, sebetulnya bener nggak sih kalau Disneyland bakal dibangun di Indonesia? Kalau emang bener, dimana nih tempatnya? Boyolali, Kulonprogo, atau Bandung?

***

Dari pada Kamu menggalaukan sesuatu hal yang belum pasti, mending Kamu simak fakta-fakta ini. Mungkin bakal mencerahkan pendapatmu tentang pembangunan Disneyland di Indonesia. 

Di website resmi Disneyland sendiri belum ada calon destinasi Disneyland Indonesia

pembangunan disneyland di boyolali

Nggak ada bau-bau bakal ada Disneyland Indonesia nih. Capture dari sini.

Kalau Kamu cek di website resmi Disneyland, Kamu pasti nggak akan menemukan bau-bau rencana pembangunan theme park ini di Boyolali atau di kota lain. Di daftar destinasi pun belum ada tanda-tanda bahwa akan ada pembangunan baru.

Biasanya sih untuk perusahaan sekelas Disneyland akan bikin berita resmi yang menyatakan kalau mereka emang mau bikin wahana baru di suatu wilayah. Tapi sampai hari ini pun belum ada keterangan resmi dari pihak Disneyland. 

Setidaknya kayak informasi resmi semacam yang di Shanghai ini

Dulu waktu Disneyland Shanghai akan dibangun, pihak Disneyland bahkan secara resmi mengumumkan proyek tersebut. Bahkan mereka juga memamerkan desain wahana yang akan dibuat kepada media. 

Mungkin kalau udah ada pemberitaan atau informasi resmi dari pihak Disney tentang pembangunan wahananya di Boyolali, Kamu baru bisa percaya kan? 

Bahkan di website themeparx.com, Indonesia tak masuk dalam kategori manapun dalam pembangunan wahana themepark 

pembangunan disneyland di boyolali

Beberapa themepark yang sedang dalam proses pembangunan. Capture dari sini

Di website ini Kamu bisa melihat beberapa proyek pembangunan themepark yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Bahkan nggak cuma wahana yang sedang dalam pembangunan, ada juga beberapa daftar themepark yang sudah selesai dibangun, gagal dibangun dan sedang dalam perencanaan pembangunan.

Dan dari semua kategori tersebut, bahkan nggak ada nama Indonesia sama sekali. Jadi menurutmu rencana pembangunan Disneyland di Boyolali bener apa nggak nih?

Munculnya reaksi dari Sesha Kanthamraju di media juga bikin Kamu yakin kalau berita ini hoax

pembangunan disneyland boyolali

Pernyataan dari Sesha Kanthamraju ke media. Capture dari sini.

Pernyataan ini sudah dimuat di beberapa media. Sesha yang merupakan Executive Director Communications The Walt Disney Company Asia Tenggara menyampaikan kalau mereka belum ada rencana untuk membangun Disneyland di Indonesia, apalagi Boyolali. 

Semoga pernyataan ini memang benar diungkapkan oleh Sesha. Jadi setidaknya masyarakat Indonesia nggak bingung lagi dengan kebenaran berita ini.

***

Berita ini emang bikin sebagai penghuni Indonesia seneng, tapi kalau ternyata hoax kan sakit. Jadi mending jangan dulu termakan kegemparan yang belum pasti kebenarannya. Ya, kita doakan saja semoga suatu saat nanti ada wahana besar sekelas Disneyland yang mau berinvestasi di Indonesia. Supaya kunjungan wisatawan di negeri ini makin banyak. 

Baca juga berita terbaru lainnya: