Cerita di Balik Mini Kontes Blog Travel Journalism Class 2017

Selamat untuk 2 pemenang mini kontes TJC 2017!

Wike Sulistiarmi • January 12, 2017

Phinemo dan Impala Space telah berhasil menyelenggarakan Travel Journalism Class 2017 pada Sabtu (7/1) yang lalu. Tema spesial yaitu “Bagaimana Agar Tulisan di Blogmu Dibaca Banyak Orang“ menjadi wadah bagi 21 blogger dari berbagai daerah di Indonesia untuk datang dan bertemu dengan editor Phinemo, Shabara Wicaksono di Impala Space, kawasan Kota Lama, Semarang.

Selain materi menarik yang disampaikan oleh editor Phinemo, dalam acara ini Phinemo juga mengadakan mini kontes pada para peserta yang hadir untuk mempraktekkan secara langsung ilmu yang telah didapat di workshop ini.

Kebetulan saya adalah salah satu tim yang diberikan kesempatan untuk memberikan penilaian dalam mini kontes ini. So, saya akan sedikit mengulas tulisan dari dua pemenang yang berhasil memenangkan kontes ini.

_MG_3820

Cerita menarik perjalanan Yemima Amanda menyusuri Semarang ala warga lokal

Jujur, saya jatuh cinta dengan gaya menulis Yemima yang sedikit berbeda dari peserta mini kontes lain. Ia piawai membuat tulisan yang menarik dengan diksi yang sudah jarang digunakan oleh penulis kebanyakan.

Poin yang membuat saya merasa Yemima layak menang dalam mini kontes ini adalah bagaimana dia menceritakan Semarang dengan luwes dan tidak membosankan. Dia tidak muluk-muluk bercerita tentang destinasi, tapi bercerita tentang hal-hal dan aktivitas yang jarang orang tahu.

Dia mencoba memasuki pikiran para pembaca dengan gaya bahasa yang ringan dan seakan mengajak pembaca melakukan berbagai aktivitas seru yang memang jarang orang tahu. Selain itu, Yemima juga menerapkan ilmu dari pengisi materi Travel Journalism Class 2017 dengan cukup baik. So, tim Phinemo memutuskan untuk memilih Yemima sebagai salah satu pemenang mini kontes ini.

Pasti bikin penasaran kan bagaimana tulisan Yemima yang bikin saya jatuh cinta? Oke, coba buka artikel berjudul Lima Cara Menikmati Semarang ala Penduduk Lokal ini.

Tips singkat dari Ana Iska keliling Semarang dalam waktu singkat

Pemenang kedua dalam mini kontes TJC 2017 adalah Ana Iska. Tulisan Ana berbeda genre dengan Yemima. Ana menulis berdasarkan pengalamannya dan ia memilih untuk memberikan tips kepada pembacanya dengan caranya sendiri.

Ia bercerita berdasarkan pengalamannya menyusuri Kota Lama. Mulai dari datang ke Art Gallerydatang ke pasar seni, cari makan di Kota Lama, hingga datang ke satu-satunya co-working di Semarang. Tips ini benar-benar cocok untuk para blogger yang memiliki banyak jam terbang.

Tips dari Ana tidak muluk-muluk, sederhana dan tim Phinemo setuju untuk memilihnya menjadi pemenang kedua dalam mini kontes ini.

Bagi kamu yang penasaran dengan tulisan Ana, kamu bisa membuka artikel berjudul Tempat Ini Bisa Kamu Kunjungi Jika Mampir Sesaat di Kota Lama ini.

***

Pemenang mini kontes ini akan mendapat voucher domain dan hosting dari Gelisgede Teknologi senilai Rp 399 ribu, voucher facial di Rosereve, kaus Phinemo, merchandise dari Gelisgede Teknologi, dan voucher Bali Marine & Safari Park.

Wah, selamat untuk Yemima dan Ana yang telah menjadi dua orang yang beruntung dalam mini kontes ini. Bagi para peserta mini kontes yang belum menang, semoga beruntung di lain kesempatan!

Baca juga tips-tips menulis berikut ini: