Bangga! 5 Video Promosi Wisata Wonderful Indonesia Masuk Nominasi International Tourism Film Festival

Kamu harus bangga! 5 video promosi wisata wonderful indonesia masuk dalam nominasi di ajang International Tourism Film Festival. Intip videonya di sini.

Rizqi Y • March 20, 2017


Di tengah panasnya negeri ini dari hiruk pikuk politik, ternyata ada sebuah angin segar datang dari dunia wisata. Indonesia berhasil masuk dalam nominasi ajang internasional yang bertajuk International Tourism Film Festival. Ajang yang digelar di Bulgaria ini mengusung lima kategori, yaitu nature and ecotourism, sport and adventure, history and culture, faith and tradition, dan corporate tourism film/spot. Indonesia berhasil masuk sebagai nominator di tiga kategori.

Seleksi untuk nominator memang tidak mudah. Ketajaman cerita, pengambilan video, dan proses editing yang pas akhirnya membawa video promosi wisata Wonderful Indonesia ini selalu punya daya tarik tersendiri bagi tim penyeleksi. Budaya yang diangkat pun beragam dan masing-masing punya keunikan tersendiri. Kamu penasaran dengan kelima video yang masuk dalam nominasi ajang terbesar di Eropa ini? Yuk kita kepo-in satu-satu.

Sihir di balik senyum kampung nelayan Wakatobi

Video Wakatobi ini berhasil menyabet nominasi dalam kategori nature and ecotourism. Kategori ini mengangkat nilai wisata alam, pemberdayaan konservasi, sosial budaya setempat dan juga ekonomi warga sekitar. Maka tak salah jika International Tourism Film Festival memilih video ini.

Video yang bertajuk A Visual Journey through Wakatobi  ini cukup mewakili bukan? Lihatlah bagaimana seorang warga Wakatobi menangkap ikan hanya dengan alat sederhana, tanpa obat kimia atau bom. Menjadi sebuah cerita bahwa konservasi alam bawah laut di sini memang sudah dilakoni dengan baik.

Juga senyum-senyum bocah kecil Wakatobi yang penuh sihir. Kamu mungkin akan ikut bahagia dan tersenyum juga saat melihat tawa mereka. Mungkin itu juga yang dirasakan para juri, ada saluran kebahagiaan yang di bawa anak-anak ini lewat video berdurasi 1 menit 49 detik ini.

Lombok yang tetap eksotis dengan keromantisannya

Menurut saya salah satu tempat yang romantis di Indonesia adalah Lombok. Mengapa? Karena dia punya segalanya mulai dari air terjun, gunung, pantai, sunrise dan sunset yang tak akan pernah bisa Kamu lupakan. Semua berpadu membentuk gugusan destinasi yang menakjubkan. Nggak percaya? Lihat saja video yang berhasil menyabet kategori sama dengan Wakatobi ini!

Potensi wisata yang luar biasa indah dipadukan dengan pengambilan efek yang pas menjadikan video ini membangkitkan rasa penasaran yang menggebu. Saya seolah dibuat merasa bahwa saya harus ke Lombok sekarang juga.

Konservasi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjadi juga menjadi faktor terpilihnya video yang bertajuk A Visual Journey through Lombok ini. Senadi dengan ekopariwisata yang menjadikan konservasi sebagai aspek penting disamping sosial budaya dan ekonomi.

Banyuwangi yang tak akan pernah membuatmu puas

 

Masuk dalam kategori sports and adventure memang pantas didapatkan video ini. Banyuwangi selalu memberimu kejutan-kejutan luar biasa di setiap destinasinya, dan Kamu tak akan pernah puas mencobanya. Mulai dari hiking ke Kawah Ijen yang punya api biru, konservasi penyu di Taman Nasional Meru Betiri, air terjun, hingga pantai pasir putih yang cantik.

Banyuwangi akan menantang jiwa petualang dan adrenalinmu saat Kamu mencoba snorkeling dan surfing di pantai dengan ombaknya yang besar. Seakan ingin merasakannya lagi dan lagi. Banyuwangi memang selalu bisa menjadi menjadi magnet bagi wisata olahraga dan petualangan.

Kisah romantis di balik cinta Indonesia

Film pendek akan menjadi sebuah media promosi wisata yang apik jika inti cerita bisa disampaikan dengan tepat. Maka video dengan judul Explore Further and Higher in the World of Wonders menurut saya adalah salah satu film pendek yang sangat cantik dan menginspirasi.

Keindahan Indonesia yang membuat dua orang jatuh cinta padanya membuat mereka mengeksplorasi Indonesia lebih jauh. Hingga akhirnya mereka bertemu satu sama lain tanpa sengaja dan melakukan perjalanan bersama. Dengan bumbu cerita sedih saat perjalanan yang harus berakhir dan berpisah satu sama lain, video ini lebih menyentuh hati.

Cerita singkat yang mengangkat wisata Indonesia ini mengambil scene di beberapa wilayah, di antaranya Medan, Jogja, NTT, NTB, Raja Ampat, Bali, Sulawesi Selatan, Jakarta dan Jawa Timur. Dengan menyorot pada kekayaan wisata alam, adat, budaya, dan kehidupan warga lokal video ini sukses membius para tim penilai. Lihat sekeren apa videonya di bawah ini.

Video serupa yang masuk dalam kategori Corporate Tourism film/spot adalah  The Journey to a Wonderful World. Video ini sebenarnya merupakan penggalan video sebelumnya namun dibuat lebih singkat. Ada beberapa scene yang dieliminasi dari video ini. Berikut adalah video kelima yang berhasil masuk dalam nominasi International Tourism Film Festival.

***

Kita patut berbangga karena wisata Indonesia bisa lebih diapresiasi oleh dunia. Tugas kita sebagai anak bangsa adalah menjaga dan terus mengembangkan potensi wisata yang ada dengan inovasi juga kolaborasi. Kita juga sepantasnya mendoakan yang terbaik untuk Indonesia agar bisa membawa pulang gelar juara dalam ajang internasional ini.

Tak hanya itu, video-video ini seharusnya bisa menginspirasimu untuk membuat video perjalananmu lebih menarik. Dengan begitu Kamu juga ikut mempromosikan wisata yang ada di Indonesia.

Baca juga:

 


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar