5 Tips Mempercepat Charge Hp Saat Traveling

Sering kehabisan baterai saat traveling karena tak punya banyak waktu untuk mengisi daya? Coba tips mempercepat charge hp ini!

Rizqi Y • March 16, 2017


tips mempercepat charge hp

Hp sering digunakan sebagai alat dokumentasi saat traveling. Sumber foto

Handphone merupakan salah satu peralatan traveling yang hampir selalu dibawa oleh semua traveler. Meskipun nggak semua orang memakainya setiap waktu, hp sangat dibutuhkan untuk kepentingan komunikasi agar tetap terhubung dengan orang terdekat meski sedang berlibur. Beberapa yang lain juga memanfaatkan handphone sebagai alat dokumentasi selama traveling.

Seringkali Kamu mungkin mengalami masalah dengan baterai handphone-mu. Misalnya, Kamu perlu menelepon seseorang yang akan menjemputmu di bandara lalu tiba-tiba saja hp-mu mati. Pasti bakal berabe kan? Hal-hal semacam ini terlihat sepele tapi bisa berefek buruk pada travelingmu.

Dalam kasus ini, banyak orang yang ternyata nggak tahu gimana caranya supaya bisa mengisi daya baterai dengan cepat. Ternyata ada lho tips mempercepat charge hp, jadi Kamu tak akan memakan banyak waktu untuk mengisi kembali daya bateraimu. Mari kita cek satu per satu.

1. Lebih baik matikan hp daripada bateraimu nggak penuh-penuh

tips mempercepat charge hp

Lebih baik mengisi daya saat kondisi hp mati. Sumber foto

Mengisi baterai dalam kondisi hp menyala hanya akan memperlama proses charging. Hal ini karena daya tetap terpakai untuk menjalankan beberapa proses yang ada di handphone. Untuk itulah lebih baik mematikan hp terlebih dahulu sebelum mengisi dayanya.

Semisal Kamu sedang berada di hotel atau penginapan, Kamu bisa meninggalkan hp-mu sebentar untuk mandi dan bersiap-siap. Jadi saat Kamu sudah selesai bersiap diri, hp Kamu juga sudah terisi baterai dan siap digunakan.

2. Kalau Kamu tak ingin menonaktifkan hp-mu, aturlah menjadi mode airplane

tips mempercepat charge hp

Setting hp-mu ke mode airplane saat di-charge. Sumber foto

Jika Kamu merasa malas menonaktifkan hp-mu, Kamu bisa memilih untuk mengatur hp dalam kondisi airplane mode. Handphone yang diatur dalam mode ini akan menghentikan radio nirkabel dan menghentikan kerja hp-mu. selain itu, aktifitas data selular dan kerja aplikasi juga terhenti. Jadi proses mengisi daya akan semakin cepat.

Nah, akan lebih aman lagi kalau Kamu sedang naik pesawat. Karena biasanya di dalam pesawat tidak boleh bermain hp, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengisi daya bateraimu. Tapi mungkin Kamu perlu memberi tahu pramugari terlebih dahulu.

3. Jangan gunakan hp saat sedang di-charge

tips mempercepat carge hp

Menggunakan hp saat sedang di-charge hanya akan memperlama proses pengisian daya. Sumber foto

Menggunakan hp saat mengisi baterai akan mengambil banyak daya pada hp, jadi proses charging justru akan semakin lama. Salah satu bagian hp yang paling banyak memakan daya adalah layar. Tapi kalau memang ada sesuatu hal yang penting, seperti telepon atau pesan maka menggunakan hp sebentar tak masalah.

Usahakan untuk tidak memakai aplikasi yang berat saat hp di-charge, misalnya bermain game, menonton vide, atau mengundu aplikasi. Biasanya saya juga menambahkan fitur aplikasi Greenify di hp. Aplikasi ini bisa di-install  di hp yang minimal memiliki versi Jellybean dan sudah diroot.

Nah apa sih kegunaan aplikasi ini? Greenify berfungsi untuk menghibernasikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak ingin Kamu pakai. Sehingga akan memperingan kerja hp dan juga melonggarkan RAM hp-mu. Kamu juga bisa menghemat kuota internetmu, karena tidak semua aplikasi bekerja.

Saya rasa Kamu harus punya aplikasi ini di hp-mu, jadi Kamu tak perlu menghabiskan banyak kuota dan baterai  saat traveling. Lebih baik digunakan untuk hal yang lebih penting, misalnya untuk upload video perjalananmu ke sosial media.

4. Usahakan untuk menggunakan charger yang original

tips mempercepat charge hp

Usahakan untuk menggunakan charger original saat mengisi daya baterai. Sumber foto

Sering kali Kamu lupa membawa charger original kepunyaanmu dan memutuskan untuk meminjam charger orang lain. Hal ini sebenarnya tidak disarankan, karena selain dapat memperlambat prose mengisi daya juga dapat merusak sistem.

Setiap charger original telah dibuat sesuai untuk hp tersebut, karena biasanya sudah ditentukan berapa tegangan maksimal yang bisa diterima hp. Jika memakai charger lain maka bisa saja tegangan yang diterima kurang, sehingga proses mengisi daya jadi lambat. Atau bisa juga tegangan terlalu besar, jadi ada kemungkinan kebocoran pada baterai.

Jadi saat Kamu pergi traveling, jangan lupa untuk membawa charger original. Agar tidak lupa, masukkan barang ini dalam daftar barang bawaanmu ya gais.

5. Hindari mengisi daya dari komputer atau laptop

tips mempercepat charge hp

Mengisi daya baterai lewat laptop akan memakan waktu cukup lama. Sumber foto

Saya sering melakukan hal ini karena malas mencari stop kontak. Tapi sebenarnya hal ini tidak dianjurkan. Tegangan yang dihasilkan dari komputer atau laptop mayoritas hanya berkisar 0,1 A hingga 0,5 A. Ini tentu jauh dari tegangan yang dibutuhkan handphone, yakni sekitar 1-2 A. Maka proses mengisi daya pasti akan lebih lama dari seharusnya.

Tapi jika dalam kondisi khusus, misalnya ketika di perjalanan yang tak ada sumber listrik lain dan kebetulan Kamu membawa laptop, Kamu bisa menggunakannya asal tidak terlalu sering.

***

Tips mempercepat charge hp ini bisa Kamu manfaatkan sebaik mungkin saat travelig supaya nggak kehabisan baterai lagi. Nggak asyik kan kalau sedang asyik-asyiknya mengambil foto atau video dengan hp ternyata tiba-tiba lowbatt. Jadi sebelum pergi berkeliling pastikan baterai hp-mu sudah terisi penuh. Kalau waktumu terbatas, Kamu bisa praktekkan tips ini gais.

Untuk tips lainnya, baca juga:

 

 


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar