14 Alasan Mengapa Gunung Rinjani Layak disebut Gunung Bintang 5

Echi • June 17, 2016

Anak-anak gunung pasti setuju kalau Gunung Rinjani itu keren banget! Bisa dibilang, Gunung Rinjani itu gunung wajibnya para pendaki, selain Semeru. Rinjani telah menjadi bagian mimpi-mimpi kecil mereka.

Keeksotisan Gunung Rinjani berhasil menarik orang untuk datang menemui si Dewi Anjani. Tidak cuma pendaki gunung saja yang terhipnotis kecantikan Rinjani, mereka yang awam dalam pendakian pun ikut terpesona mengagumi keindahannya. Lebih membanggakan lagi, magnet Gunung Rinjani sanggup menarik banyak turis asing. Tanya kenapa? Ini alasannya:

1. Rinjani punya Segara Anak yang cantiknya Subhanallah banget

gunung rinjani

foto berasal dari sini

Jika Semeru punya Ranu Kumbolo, Rinjani memiliki Segara Anak. Menurut warga setempat, Segara Anak bermakna anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut.

Pemandangan alam danau Segara Anak sungguh menakjubkan. Pepohonan rindang, gunung, dan kilau air danau menjadi secuil kenikmatan surga dunia.

 

2. Eksotisme Segara Anak terlukis di mata uang Rp 10.000

gunung rinjani

Foto berasal dari www.tokopedia.com

Pernah lihat pecahan uang kertas 1000 di atas? Jika kamu kenal Rinjani, kamu pasti tidak asing dengan gambar danau tersebut. Iya benar, itu adalah Danau Segara Anak. Pada tahun 1998, Bank Indonesia menghiasi uang pecahan 1000 rupiah dengan lukisan Danau Segara Anak pada salah satu sisinya.

 

3. Kawah Gunung Batujari membuat orang terpesona

rinjani

Dari pinggiran danau, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Batu Jari. Gunung yang berada di tengah-tengah Danau Segara Anak ini mengeluarkan sulfur dari kawahnya.

 

4. Rinjani termasuk dalam seven summits gunung di Indonesia

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Di atas ketinggian 3726 mdpl, Rinjani menjadi gunung tertinggi nomor 3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Kamu yang berhasil mencapai puncak Rinjani berhak melihat kaki langit yang luas tanpa batas. Lanskap pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung, Gunung Tambora, dan lautan lepas terlihat jelas.

Jika kamu hikerholic, kamu pasti memasukan Rinjani dalam list target pendakian. Karena Rinjani termasuk dalam seven summits gunung Indonesia.

 

5. Memiliki trek pendakian gunung bintang 5

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Kamu yang sudah mendaki Rinjani pasti tahu betapa beratnya mendaki Rinjani. Namun, lelahnya mendaki terbayarkan dengan eksotisme bentang alam Rinjani. Rinjani mempunyai hutan hujan pegunungan rendah, savana yang luas dengan edelweis yang cantik, dan hutan hujan pegunungan tinggi. Karena itu jugalah, Rinjani pantas disebut gunung berbintang 5.

 

6. Rinjani berada di persinggungan garis batas Wallace di mana flora fauna tipe Asia dan Australia bertemu

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Garis Wallace adalah garis hipotetis atau garis imajiner yang memisahkan wilayah geografis flora dan fauna tipe Asias dan Australias. Di Gunung Rinjanilah flora fauna bertipe Asia bertemu dengan tipe Australia. Kamu bisa bertemu lutung dengan mudah di sana.

 

7. Ada pemandian air panas alami juga!

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Tidak perlu menunggu sampai turun gunung baru bisa berendam di tempat pemandian air panas. Rinjani mempunyai pemandian air panas yang alami. Letaknya tidak jauh dari Segara Anak.

Setelah lelah mendaki, mereka bisa berendam di alam terbuka sambil memandangi cantiknya Rinjani. Para pendaki gunung benar-benar dimanjakan. Kurang nikmat apalagi coba?

 

8. Cuma di Rinjani kita bisa lihat staklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas

Gunung Rinjani

Foto berasal dari sini

Selain danau, padang savana, dan pemandian air panas, Rinjani juga mempunyai goa! Benar-benar paket keindahan yang lengkap. Hanya dengan mendaki satu gunung kamu bisa menikmati beragam panorama alam. Awesome!

 

9. Sunset paling cantik di Plawangan Sembalun

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Ada yang bilang Rinjani itu gunung yang romantis. Bukan karena pernah menjadi lokasi syuting film pendakian abal-abal Romeo Anjani. Tapi, gunung ini memang paling cocok untuk menanti tuan senja bersama pasangan. Plawangan Sembalun menjadi spot tepat untuk merasakan romantisme Rinjani.

 

10. Padang Savana Sembalun Lawang yang epik banget

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Desa Sembalun Lawang merupakan titik permulaan pendakian ke puncak gunung. Jika melewati jalur ini, kamu akan melihat pandang rumput yang terbentang luas. Pendaki bisa menikmati luasnya cakrawala di sekitar padang rumput. Di tempat ini juga dapat dilihat bekas jalur aliran lahar dingin.

 

11. Banyak air terjun yang bisa ditemui di Rinjani dan sekitarnya

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Pantaslah jika ada yang bilang Rinjani adalah gunung bintang 5. Pendaki bisa dengan mudah menemukan air terjun di Rinjani. Bahkan, terdapat kurang lebih 20 air terjun di kaki Gunung Rinjani.

 

12. Gunung Rinjani merupakan gunung dengan tata letak terbaik di Asia Tenggara

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Hebatnya, Gunung Rinjani berhasil menyabet beberapa penghargaan kategori tempat wisata berbasis ekologi dan masyarakat. Penghargaan dunia yang telah diterima Gunung Rinjani yakni World Legacy Award untuk kategori Destination Stewardship dari Conservation International and National Geographic Traveler pada tahun 2004. Pada tahun 2005 TNGR masuk menjadi 3 besar Tourism for Tommorow Award kategori Destination Award dari World Travel & Tourism Council. Sedangkan pada tahun 2007 menjadi finalis Tourism for Tommorow Award. Selain serentetan penghargaan itu, Gunung Rinjani menjadi gunung dengan tata kelola terbaik di Asia Tenggara.

 

13. Kearifan lokal Rinjani benar-benar terjaga

gunung rinjani

Foto berasal dari sini

Hubungan warga lokal tidak hanya sebatas nilai ekonomi, lebih dari itu, masyarakat setempat menjalin hubungan apik antara ekologi, spiritual, dan ekonomi. Bahkan, bagi masyarakat sasak, Gunung Rinjani dianggap mempunyai nilai spiritual yang tinggi.

Masyarakat sasak begitu menghormati Gunung Rinjani. Sebagai wujud rasa hormatnya, semua rumah warga setempat menghadap ke arah Gunung Rinjani.

 

14. Hidup dalam kerukunan umat beragama yang harmonis

gunung rinjani

Upacara Mulam Pakelem untuk keharmonisan alam semeseta. Foto berasal dari sini

Gunung Rinjani juga melambangkan perwujudan kerukunan antar umat beragama. Khususnya umat Hindu Lombok dan Islam Watu Telu. Kedua umat tersebut sangat menyakralkan danau Segara Anak. Terkadang, umat Islam Watu Telu berdoa di danau Segara Anak pada saat purnama. Sedangkan bagi umat Hindu, mereka melakukan ritual Mulam Pakelem dengan cara melarungkan persembahan di danau Segara Anak. Ritual ini bertujuan untuk keharmonisan alam semesta.


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait